25 Cara untuk Belajar Segala Sesuatu dengan Lebih Cepat

Sering nggak, sih, merasa udah mati-matian belajar tapi tetap sulit menguasai hal tersebut dengan baik? Menurut penelitian di Inggris, kalau kamu kesulitan menguasai sesuatu, bukan berarti hal tersebut nggak cocok dengan kamu, lho. Bisa aja cara kamu kurang tepat untuk melatihnya.

Dirangkum dari situ daily Infographic, berikut 25 cara untuk belajar segala sesuatu dengan cepat. Cara-cara ini bisa dilakukan seiring dengan latihan kamu dalam menguasai hal tersebut. Dijamin, penguasaan kamu bisa makin ngebut, gaes!

1. Sama halnya seperti otot, otak juga butuh pemanasan sebelum diajak bekerja. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk pemanasan otak adalah latihan menghitung mundur.

2. Bikin agenda latihan bikin kamu  lebih teratur dalam mengatur goals dan  lebih rileks.

3. Gabungkan beberapa metode belajar sekaligus. Misalnya, setelah belajar dengan diagram, kamu bisa mengulanginya dengan berdiskusi bareng teman.

4. Biasakan diri untuk berlatih lebih practical. Misalnya, kalau kamu ingin jago dalam hal menulis, maka buatlah blog. Jika kamu ingin menguasai bagaimana cara bermain saham, maka carilah kesempatan magang di perusahaan sejenis.

5. Usahakan jangan multi-tasking! Ini bikin kamu lebih fokus dan produktif.

6. Selalu tes diri sendiri secara teratur. Misalnya, cobain berbagai online test gratis yang menarik.

7. Bagi tahapan pembelajaran kamu ke dalam beberapa bagian. Setiap kamu berhasil menyelesaikan satu bagian, kasih hadian ke diri sendiri. Misalnya, Beli ice cream kalau kamu bisa menguasai dua bab pertama buku latihan soal Matematika.

8. Jangan sampai brain freeze gara-gara kebanyakan belajar ya, gaes. Youthmanual berulang kali bilang bahwa sistem kebut semalam itu nggak ampuh! 

9. Biar nggak brain freeze, berlakukan waktu istirahat yang teratur. Coba Teknik Pomodoro supaya kamu punya jendela waktu untuk istirahat dn mulai belajar lagi.

10. Banyak banget aplikasi di smartphone untuk melatih otak dengan teratur. Misalnya, aplikasi bahasa ini.

11. Coba tuangkan kata-kata menjadi gambar atau sebalikanya. Buka buku cerita anak-anak dan buatlah gambar dari kata-kata yang tertulis dari cerita tersebut. 

12. Belajar beberapa topik yang bervariasi boleh banget, lho. Misalnya, dalam satu jam, kamu bisa mengatur 30 menit untuk topik A dan 30 menit untuk topik B. Ini membantu otak kamu nggak kebosanan dan terus bersemangat.

13. Mengajar juga salah satu metode belajar yang paling efektif. Dengan mengajar, ini artinya kamu mengulang apa yang kamu pelajari.

14. Perhatikan lingkungan belajar kamu. Tiap orang punya gaya dan tempat yang nyaman untuk belajarnya sendiri.  

15. Buat metode belajar yang menyenangkan. Misalnya, buat tebak-tebakan berisi jawaban yang menambah pengetahuan kamu. Cara belajar yang menyenangkan bisa bikin daya ingat kamu lebih baik.

16. Mnemonic seperti akronim, singkatan atau penyebutan khusus bikin kamu lebih cepat menguasai topik tertentu. Misalnya, kalau kamu lagi berusaha menguasai teori perang di Inggris, kamu bisa menyebut nama teori itu dengan nama penyanyi asal Inggris favorit kamu.

17. Olahraga teratur udah terbukti secara ilmiah meningkatkan konsentrasi, gaes. Jadi jangan ragu untuk menyisihkan waktu 10-15 menit olahraga to clear your mind!

18. Tidur cukup juga membantu otak mengurangi kesalahan pada saat belajar. Makanya mending jangan begadang dan bangun subuh untuk belajar.

19. Bergaul dan berdiskusi bisa juga membantu kamu lebih cepat menguasai sesuatu. kalau bisa, punya grup belajar khusus yang bisa saling mendukung satu sama lain.

20. Makan coklat! Yup, sedikit dark chocolate berisi dopamine yang bermanfaat untuk bikin otak kamu bekerja lebih cepat.

21. Meditasi dan tenangkan diri sebelum memulai belajar sesuatu. 

22. Perbanyak konsumsi Omega 3 untuk membantu meningkatkan kekuatan memori.

23. Selain Omega 3, perbanyak juga konsumsi air putih dan buah untuk terhindar dari dehidrasi. Hindari fast food juga ya, gaes. Tubuh butuh kadar air cukup supaya bisa tetap bekerja dengan optimal. 

24. Selain meditasi, kamu juga bisa mulai nyobain Yoga. Beli Yoga mat dan download aplikasi Yoga di smartphone kamu.

25. Cobain hobi baru yang berbeda dari hal yang lagi kamu ingin kuasai. Kalau bisa, pilih hobi yang meningkatkan konsentrasi kayak bermain alat musik atau menari. Hobi baru ini meningkatkan performa grey area di otak kita. Sehingga ketika kita belajar hal lain, otak jauh lebih mudah mencerna hal tersebut.

 

(Sumber gambar: dailyinfographic.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1