6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belajar

Belajar merupakan suatu aktivitas yang wajib banget untuk dilakukan oleh kamu-kamu yang masih duduk di bangku pendidikan. Sebagai seorang siswa atau mahasiswa, tentunya, pekerjaan utamamu ialah belajar. Dengan belajar, kamu akan memiliki suatu kemampuan baru, suatu pemahaman baru bahkan kamu pun akan memiliki suatu keterampilan baru.

Nggak hanya wajib untuk para pelajar saja, nih, gaes, kamu yang sudah bekerja atau sedang dalam gap year wajib juga belajar. Kalau kamu sedang dalan masa gap year, kamu perlu banget belajar agar kamu nggak kaget ketika masuk kuliah. Kamu bisa belajar tentang soal-soal ujian mandiri atau kamu bisa belajar ilmu yang sesuai dengan jurusan yang ingin kamu tuju.

Meskipun belajar merupakan suatu hal yang wajib atau sering dilakukan oleh pelajar, tetapi, masih banyak lho, orang-orang yang ternyata melakukan kesalahan dalam kegiatan belajar. Perlu kamu ketahui, juga, ketika seseorang melakukan kesalahan dalam belajar, hal tersebut dapat mempengaruhi banyak hal, lho, seperti nilaimu di sekolah, pemahamanmu akan suatu topik, rumus, soal dan sebagainya.

Wah, duh, sudah capek-capek belajar tetapi malah melakukan kesalahan saat belajar dan dapat mempengaruhi nilai? Memangnya, kesalahan dalam belajar yang seperti apa, sih, yang harus dihindari?

1. Belajar dengan metode menghafal

belajar dengan cara menghafal

Pasti, banyak banget, nih, dari kamu yang sering banget menghafal ketika kamu sedang belajar. Misalnya, nih, kalau kamu anak SMA jurusan IPS, pasti kamu akan belajar tentang Sosiologi. Nah, dalam mempelajari mata pelajaran yang satu ini, selain membaca, kamu pun akan sering sekali menghafal.

Ketika saya duduk di bangku SMA pun, banyak sskali dari teman-teman sayang yang menghafal materi dari Sosiologi ketimbang untuk memahaminya. Saya dapat mengetahui hal ini karena ketika sedang berdiskusi dan saya tanyakan lebih lanjut terkait materi yang sedang didiskusikan, banyak dari teman-teman saya yang justru kurang paham dengan konsep yang sedang didiskusikan. Banyak dari mereka yang memilih untuk menghafal ketimbang memahaminya. Nah, kamu jangan gitu, ya, gaes!

Mau bagaimana pun, ketika kamh menghafal suatu hal, kamu nggak bisa menghafalnya untuk jangka panjang. Suatu saat kamu pasti akan melupakannya. Nah, daripada kamu menghafal terus menerus, coba paatikan bahwa kamu memahami hal yang kamu baca. Setelah kamu memahaminya, kamu akan lebih mudah untuk mengingat  materi yang sedang kamu baca.

2. Belajar kalau ada ulangan saja

Banyak juga, nih, yang dari kamu belajar kalau ada ulangan saja. Sudah gitu, pasti kamu akan belajar materi yang akan diuji satu malam sebelum kamu mengikuti ujian. Nah, percayalah, gaes, ketika kamu belajar ketika ada ulangan saja dan apa lagi kamu bslajarnya H-1 ujian, yakin banget setelah kamu menyelesaikan ujianmu, kamu akan melupakan apa yang telah kamu pelajari. Padahal setelah ujian, ilmu tersebut akan masuk ke materi ujian berikutnya, baik itu Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Sekolah.

Ditambah lagi, ketika kamu belajar H-1 ujian, tandanya, kamu akan belajar materi tersebut dengan Sistem Kebut Semalam alias SKS. Percayalah, gaes, ketika kamu belajar dengan sistem kebut semalam, belajarmu nggak akan seefektif ketika kamu belajar dari jauh-jauh hari. Pada akhirnya, hanya beberapa materi sajalah yang bisa kamu pahami. Jadi, jangan hanya belajar saat ada ujian saja, ya.

3. Nggak mau mencoba untuk mengembangkan materi

Ketika kamu belajar hanya untuk ujian saja, ilmu yang kamu pelajari pasti hanyalah materi-materi yang diujikan saja. Kalau ada materi yang nggak masuk ke ujian tersebut, saya yakin kamu pun enggan membacanya. Kamu juga pasti mempelajari materi yang diujikan dengan bahan-bahan seadanya jika kamu mempelajarinya dengan sistem kebut semalam. Pada akhirnya, kamu pun nggak mengembangkan materi yang kamu pelajari.

Kalau kamu nggak mengembangkan suatu materi, kamu akan mendapatkan beberapa kerugian, lho. Kerugian yang kamu dapatkan diantaranya adalah kamu akan memiliki ilmu yang sedikit dan juga pemahaman yang sedikit tentang materi tersebut. Ya, menurut saya, sangat disayangkan sekali kalau kamu nggak mempelajari sesuatu secara mendalam.

4. Belajar dengan metode screening

baca dengan cara screening

Pernah, nggak sih, ketika kamu mau ujian, kamu nggak lagi melakukan Sistem Kebut Semalam alias SKS tapi kamu malah melakukan sistem kebut belajar di pagi hari sebelum ujian diadakan. Nah, pada saat ini, saya yakin bahwa kamu nggak akan membacanya secara detail. Kamu hanya membacanya secara cepat dan melongkap hal-hal yang kamu anggap nggak begitu penting.

Padahal, nih, ya, ketika kamu melongkap bacaanmu, siapa tahu saja bacaan tersebut adalah bagian yang cukup penting dalam penjelasan suatu materimu. Ketika kamu melongkapnya, bisa saja, lho, hal yang kamu longkap tersebut adalah hal yang keluar pada ujianmu. Terlebih, kalau kamu melongkap bacaanmu, yang ada, kamu malah mendapatkan pengertian atau pemahaman yang setengah-setengah akan materi tersebut, lho.

5. Nggak mau mengulang materi

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh orang yang belajar ialah, ia merasa paham atas apa yang telah ia pelajari sehingga ia malas untuk mengulang materi tersebut. Padahal, ketika kita mempelajari sesuatu, terkadang kita lupa beberapa hal dari materi tersebut. Maka dari itu, mengulang materi itu merupakan suatu hal yang penting.

Nah, kalau kamu malas mengulang apa yang pernah kamu pelajari sebelumnya, kelak, kamu akan kesulitan dalam mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan materi yang kamu lupakan. Duh, pasti kesal dong sudah belajar sebelumnya tapi karena kamu nggak mengulang pelajaran tersebut pada akhirnya kamu melupakan beberapa materi karena kamu nggak mau mengulang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

6. Sering pecah konsentrasi

Nah, ketika kamu belajar pun, cobalah untuk jauhkan hal-hal yang bisa membuatmu terganggu seperti smartphone, televisi, mainan, buku komik dan sebagainya. Ketika kamu membiarkan hal-hal yang dapat membuatmu terganggu berada di dekatmu, kamu pasti akan pecah konsentrrasi alias kamu akan keseringan main smartphone-mu, menonton televisi dan sebagainya. Pada akhirnya, kamu nggak bslajar dengan maksimal, deh. Jadi cobalah untuk jauhkan hal-hal yang dapat mengganggumu, ya!

***

Nah, itu dia keenam kesalahan yang sering banget terjadi ketika kamu sedang belajar. Keenam hal ini dapat membuatmu sulit memahami suatu hal, lho. Bagaimana bisa kamu dapat memahami suatu hal secara mendalam jika kamu sendiri membaca sesuatu dengan cara screening atau memahami sesuatu dengan cara menghafal?

Maka dari itu, gaes, daripada kamu capek-capek belajat tetapi nggak mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya, nih, kalau kamu ketahui dulu hal-hal apa saja yang salah jika kamu lakukan dalam aktivitas belajar. Ketika kamu sudah mengetahui apa-apa saja yang salah, cobalah untuk introspeksi kembali, apakah kamu melakukan hal kesalahan tersebut atau tidak. Kalau kamu masih sering melakukan hal di atas, yuk, sedikit demi sedikit kurangi kesalahan tersebut, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: mymoneyspoke.com, blog.usejournal.com, k12boost.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Agustin Lutfianty | 2 bulan yang lalu

Kunjungi website kami di https://walisongo.ac.id

World Suicide Prevention Day: Seberapa Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa?
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Karena merasa gk nyaman aja gitu tmn2 yg lain kok pada enak2 aja aku kok gk enak gitu Krn bidang kerjaan mereka cuma duduk aku berdiri teruss

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Tiara Windi | 3 bulan yang lalu

Kak saya ingin pindah magang

11 Etika Saat Berhenti dari Tempat Kerja/Magang
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1