7 Cara Mengasah Ide dan Kreativitas Untuk yang Pengen Kuliah dan Kerja di Bidang Kreatif

Sering merasa nggak kreatif? Lagi susah mendapatkan ide? Coba deh kamu terapkan trik dari agensi kreatif Alive.

Ini cocok banget untuk kamu yang tertarik kuliah atau kerja di bidang kreatif. Apalagi, saat ini hampir semua pekerjaan dan bisnis menuntut kreativitas dan ide segar.

Jadi asah deh, kemampuanmu mengide dan berkreativitas dengan ketujuh langkah ini.

1. Latihan kreativitas.

ide kretif

Bisa dengan membuat cerita dari 4 kata acak, seperti yang dicontohkan di infografis ini, atau menuliskan 20 konsep ide dalam 1 jam. Bisa ide tulisan, ide acara sekolah/kampus, ide postingan seru di media sosial/vlog, ide menaklukkan gebetan, dan lain sebagainya.

2. Cari "sparring partner"

ide

Selain ngide sendiri, coba deh share dan kembangkan idemu sama teman lain. Dia bisa kasih masukan dan kritik membangun untuk ide kamu. Lagipula, two heads are better than one.

3. Bawa notes.

Fungsinya untuk mencatat ide brilian yang suka muncul mendadak. Yup, kadang suka seliweran tuh, gagasan ini-itu, tapi karena nggak dicatat, jadi lupa, deh. Dan memang sih, orang-orang kreatif yang pernah saya temui, mengaku punya notes atau diary untuk mencatat ide dan pemikiran mereka.

4. Baca buku.

 

Baca, baca, dan baca!

5. Be curious, go outside!

ide

Lingkungan, tempat baru, bahkan orang yang lalu-lalang bisa jadi sumber inspirasi. The real one ya, nggak cuma "jalan-jalan" di dunia maya. Apalagi cuma jalan-jalan di hati mantan. Eaaak!

6. Pakai metafora.

ide

Kadar kreativitas kamu juga makin bertambah saat kamu bisa bermain dengan metafora, alias pengandaian dan perbandingan dua subjek yang tepat.

7. Mengajar.

ide

Bisa dengan mengajari sesuatu kepada teman, misalnya cara nge-blog atau mempresentasikan sesuatu. Aktivitas ini bakal memacu kamu untuk semakin belajar dan mendalami sesuatu. 

(sumber gambar: www.startupguys.net, alive with ideas)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2023 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1