7 Teknik Bela Diri Sederhana Untuk Menjaga Keselamatan Diri

Tindak kejahatan bisa terjadi pada siapa saja—nggak peduli seperti apa pun latar belakang dan kondisi kamu. Makanya, sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk memahami bagaimana reaksi yang tepat dalam menghadapi situasi yang membahayakan dan bagaimana cara menyelamatkan diri dari situasi tersebut.

Self defense atau tindakan membela diri dalam hal ini wajib banget untuk kamu ketahui, terutama bagi perempuan yang dianggap sebagai gender yang lebih lemah di dalam sistem sosial. Soalnya, hal ini membuat mereka menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan. Duh!

Dilansir dari situs Brightside, hasil studi dari University of Oregon menyimpulkan tujuh teknik bela diri sederhana yang dapat kamu gunakan ketika berada dalam kondisi yang membahayakan atau melibatkan serangan fisik. Teknik-teknik ini dipercaya dapat “melumpuhkan” si penyerang tanpa memerlukan campur tangan senjata dan kekuatan yang dimiliki karena semua tergantung kecepatan dan ketepatan momentum pergerakan kamu.

Yuk, coba dipelajari!

1

Ketika si penyerang memegang tangan kamu, balikkan jemarinya ke arah yang berlawanan dengan persendian. Hal itu akan membuat mereka kesakitan dan kamu bisa melepaskan diri dengan mudah dari genggaman mereka.

2

Jika si penyerang mencoba menyentuh kamu dibagian leher, gunakan jari telunjuk dan jari tengah kedua tangan kamu untuk menusuk sisi-sisi leher atau mata mereka.

3

Jika memugkinkan, tarik rambut si penyerang dan bawa kepalanya ke arah bawah, lalu layangkan lutut kamu kearah wajahnya secepat mungkin.

4

Gigit bagian tubuh (si penyerang) apa pun yang berada di dekat wajah kamu. Teknik ini akan tetap bekerja meskipun tangan kamu dalam keadaan terikat.

5

Tendangan tumit ke arah kaki penyerang akan menyebabkan mereka kesakitan, dan kamu dapat melepaskan diri dengan mudah dari genggaman mereka.

6

Jika kamu diserang dari belakang, kamu juga bisa menyikut mereka di bagian wajah sekeras mungkin atau mencubit sisi badan mereka.

7

Tendangan ke arah selangkangan adalah salah satu teknik yang paling efektif untuk membuat penyerang kamu melancarkan niat jahatnya. Mesti banget diingat, ya!

***

Trus, hal lain yang harus kamu pahami adalah usahakan untuk tidak mengundang tindak kejahatan dengan cara menghindari situasi-situasi berikut ini:

1. Jika ada seseorang yang mencurugakan menghampiri kamu di jalan, berjalanlah ke arah lain. Sebaiknya carilah arah jalan/area yang jauh lebih ramai.

2. Jangan pernah masuk ke dalam rumah jika kamu merasa diikuti. Carilah perlindungan atau pertolongan ke tempat terdekat, selama itu bukan tempat tinggal kamu.

3. Hindari pergi ke ATM di malam hari.

4. Hindari membawa/mengenakan terlalu banyak barang berharga jika kamu bepergian dengan kendaraan umum.

5. Jangan masuk ke dalam rumah kamu jika telah dibuka paksa sebelumnya. Segera telepon polisi dan cari pertolongan lainnya.

6. Jika kamu mengendarai mobil, jangan berhenti di sisi jalan terlalu lama.

7. Selingkan kunci di jari jemari kamu dengan membentuk genggaman—hal ini berguna sebagai “senjata” untuk melindungi diri dari penyerangan.

8. Hindari melewati rute yang sepi dan minim penerangan di malam hari meskipun rute tersebut adalah rute yang tercepat.

Stay safe!

(sumber gambar: brentwoodnh.gov, brightside.me)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1