Cara Mengenali Pesan Hoax, Supaya Nggak Terjebak

Salah satu hal yang suka bikin saya emosi di era digital ini adalah peredaran pesan hoax. Pesan kayak begini kebanyakan beredar di chat group dan kadang via medsos, email, hingga tampil di media abal-abal. 

Selain nggak jelas dan ganggu, konten pesan hoax bisa bikin orang salah kaprah dan panik. Sebel, 'kan?

Dari yang saya amati, "tema" pesan hoax biasanya seputar:

1. Kesehatan. Biasanya sih, berisi hal-hal yang bikin parno, seperti seputar penyakit atau hal/produk yang membahayakan kesehatan. Atau bisa juga info mengenai obat ampuh.

Pesannya sering dilengkapi cerita para penderita plus mencatut nama ahli atau badan kesehatan, supaya terkesan real. Orang sering menyebarkan hoax seperti ini tanpa sengaja. Lebih karena kepedulian dan merasa khawatir.

2. Hal yang membahayakan diri. Misalnya, orang yang tersetrum charger hape hingga tewas, main game tertentu bikin serangan jantung hingga dilarikan ke rumah sakit.

Sama seperti poin 1, pesan ini menyebar karena berkaitan dengan keselamatan manusia.

3. Kejadian yang bikin panik atau mempengaruhi kehidupan orang banyak. Seperti serangan teror, bom, kebanjiran, kebakaran besar, serta lainnya.

Biasanya, langsung muncul tuh, info "update" tentang lokasi yang jadi target, lokasi yang harus dihindari, dan lain sebagainya. Pesan kayak begini lagi-lagi cepat menyebar sebelum terklarifikasi lantaran dianggap urgent.

Peneror pun makin "happy" dengan banyaknya hoax dan kepanikan yang tersebar. Grrrrrggghhhh!

4. Berkaitan dengan agama. Tapi ujung-ujungnya meminta disebarkan ke sekian orang, dan jika tidak dilakukan akan terkena musibah. Oh, c'mon?! Nggak ngerti lagi deh, sama orang yang bikin hoax begini. Dosanya jadi dobel, karena selain membohongi dan bikin takut orang lain, pake bawa nama dan firman Tuhan segala. Ckckckck....

5. Black campaign atau menggosipkan seseorang. Walau ganggu, tapi hoax model begini, menurut saya nggak terlalu bahaya. 

Kenapa?

Soalnya, orang udah lebih cerdas, dan nggak langsung percaya. Biasanya sih, yang menyebarkan info kayak begini cuma oknum tertentu yang nggak suka dengan seseorang.

6. Berita terkini yang salah. Seperti medsos tertentu yang akan ditutup dan menghapus data kamu (padahal ternyata nggak), foto demonstratsi yang sedang berlangsung (padahal itu foto setahun yang lalu) dan lain sebagainya.

Biasanya informasinya error, alias salah, nggak tepat, terlalu gegabah ngambil kesimpulan, atau bisa juga sengaja buat memprovokasi.

7. Hadiah. Misalnya: Sebarkan link ini ke 10 orang, dan kamu akan mendapat hadiah langsung jalan-jalan ke Paris.... Paris Van Java... Zzzzzz

***

Nah, beberapa waktu lalu LINE page Sehat Indonesiaku posting sederetan infografis mengenai tips mengenali pesan hoax. Bermanfaat untuk disimak dan disebarkan, gaes!

hoax 1

Kebanyakan hoax mudah dikenali karena ciri-cirinya cukup jelas.

   

Di antaranya, isinya suka terlalu lebay. Antara wuarbiyasak banget atau parah banget. Pemilihan katanya juga suka nggak tepat dan kadang ada banyak typo-nya. Beda lah ya, dengan surat, rilis atau berita resmi.

pesan hoax

Coba deh, cek langsung ke website resmi badan tersebut atau sumber berita (media) terpercaya.

Beberapa kali ada kasus seseorang mengklarifikasi bahwa ia nggak pernah mengeluarkan statement yang disebutkan dalam pesan hoax. Cuma main catut nama, sob! Dan ternyata, banyak pula info hoax yang berasal dari berita bohong bertahun-tahun yang lalu. Trus, sengaja disebar lagi. Grrrrrggghhhhh

Dipastikan dulu kebenarannya pada sumber terpercaya.

Ini sering banget disertakan pada pesan hoax, membujuk orang supaya tergerak menyebarkan.

Jika menerima pesan, diteliti terlebih dahulu ya, sob, sebelum disebarkan. Nge-think before you ngetik! Hihihi.

(sumber gambar: LINE @sehatindonesiaku vector icon by freepic.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 27 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1