Mau Meraih Sukses di Usia Muda? Terapkan Empat Hal Berikut!

"Wah, orang itu cepat sekali suksesnya, ya!", "Eh, si A, baru aja kerja dua tahun, lho, sekarang dia udah naik jabatan, cepet banget, ya", "Masa, si B, baru berumur 28 tahun sudah diangkat menjadi supervisor, lho, keren, ya?".

Nah, pernah kah kamu mendengar cerita tentang kesuksesan orang lain? Misalnya kamu mendengar cerita seorang pemuda yang baru saja berumur dua puluhan namun sudah sukses dengan karirnya atau cerita tentang seorang pemuda yang sukses dengan usaha yang ia rintis sendiri? Kalau jawaban kamu adalah "iya", pernahkah kamu berpikir, kenapa, sih, kok mereka bisa sukses diumur yang muda?

Yang jelas, mereka yang sukses di dunia karir atau usahanya, pasti, diimbangi dengan kerja keras, gaes. Selain kerja keras, mereka pun nggak pantang menyerah. Dimarahin atasan, jualan yang tidak laku, saingan di kantor dan saingan usaha nggak akan memudarkan semangatnya. Hal ini perlu bgt, nih, kamu tiru jika kamu pun ingin sukses di umur dua puluh tahunan baik itu dari segi karir maupun usaha.

Tapi, nih, gaes, selain pantang menyerah dan kerja keras, ada lagi, lho, hal yang harus diperhatikan. Wah, hal apa saja, ya, yang harus diperhatikan? Yap! Jawabannya adalah "meja".

Wah, duh, kok, jawabannya meja, ya? Maksudnya gimana, nih? Hmm... Kalau kamu penasaran, yuk, baca artikelnya sampai habis!

Meja

Kalau kamu mendengar kata "meja", apa yang ada dipikiranmu? Pastinya berkaki empat dan memiliki permukaan datar untuk menaruh semua barangmu, kan? Selain itu, kaki empat yang dimiliki oleh meja bisa menopang semua barang-barang yang ada di atas meja.

Nah, kenapa saya menyuruh kamu untuk mengingat "meja", karena meja memiliki makna filosofinya, nih, gaes. Anggaplah kamu adalah meja, kalau kamu nggak punya empat kaki, kamu nggak akan bisa berdiri. Selain itu, kamu pun nggak akan bisa menopang barang apapun yang diletakkan di atasnya, maka dari itu, kamu membutuhkan empat kaki meja sekaligus.

Anggaplah, barang yang di atas meja adalah pekerjaan yang harus kerjakan di kantor atau hal-hal yang harus kamu lakukan ketika kamu membuka usaha. Kalau kamu nggak punya keempat kaki, kamu pastinya nggak akan bisa menopang semua kerjaan atau hal-hal yang perlu kamu lakukan.

Nah, kenapa, sih, keempat kaki meja itu penting? Kenapa, sih, kamu harus memiliki keempat kaki meja tersebut? Sebenarnya, apa, sih maksud dari keempat kaki meja tersebut? Nah, keempat kaki meja yang harus kamu miliki adalah

1. Hard skills

Kita sering sekali mendengat frase "hard skills", sebenarnya hard skills itu apa, sih? Hard skills adalah kemampuan teknis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Misalnya, nih, kamu jago hitung-hitungan untuk menyelesaikan pekerjaanmu yang berhubungan dengan akuntansi. Kamu paham tentang troubleshooting untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan IT. Nah, hal-hal yang disebutkan tadi ialah hard skills.

Agar kamu dapat mengerjakan semua tugas-tugasmu, dibutuhkan hard skills, ya, gaes. Maka dari itu, gaes, sebelum kamu bekerja, yuk, asah hard skillsmu dengan mempelajari hal-hal yang baru atau memperdalam kemampuan yang telah kamu miliki.

hard skills dan soft skills

2. Soft skills

Selain hard skills, kamu juga membutuhkan soft skills, gaes. Nah, kalau hard skills merupakan kemampuan teknis, beda lagi dengan soft skills. Soft skills adalah kemampuan non teknis seperti komunikasi, mandiri, mudah beradaptasi, rasa ingin tahu dan sebagainya. Kalau kamu ingin sukses di dunia kerja dan di dunia usaha, kamu perlu juga memiliki soft skills.

Misalnya, nih, kamu ingin sukses menjadi pengusaha, sebelum kamu memiliki angan-angan tersebut, pastikan kamu jago dalam berkomunikasi, ya. Setidaknya, jika kamu ingin menjadi pengusaha, kemampuan yang harus kamu miliki ialah komunikasi. Komunikasi dibutuhkan untuk memasari produk-produk yang kamu jual kepada orang lain.

3. Motivation

Hal ketiga yang perlu kamu miliki ialah motivasi. Bayangkan kalau kamu punya hard skills dan juga soft skills namun kamu nggak memiliki motivasi, yang ada soft skills dan hard skills-mu nggak digunakan secara maksimal.

Lho, kenapa seperti itu? Nih, kalau kamu nggak punya motivasi, biasanya kamu malas untuk melakukan banyak hal, kan? Maka dari itu, agar kamu terus bekerja dan nggak pantang nyerah, carilah motivasi sebagai "bahan bakarmu"! Motivasi bisa sesimpel dengan mengingat orang-orang yang kamu sayang, lho!

4. Confidence

confidence

Terakhir, hal yang harus kamu miliki ialah confidence atau rasa percaya diri. Dengan percaya diri, kamu pasti akan berani untuk mengambil resiko di dunia pekerjaan atau dunia usaha. Selain itu, kamu pun akan lebih memaksimalkan dirimu dalam menggunakan hard skills dan soft skills-mu.

Bayangkan kalau kamu nggak punya rasa percaya diri, pasti, sedikit-sedikit kamu takut merasa salah atau merasa bahwa pekerjaanmu tidak baik. Pastinya capek, dong, punya perasaan seperti ini?

***

Nah, keempat hal tersebut harus kamu miliki, ya, gaes. Ingat, seperti kaki meja, kamu nggak bisa berdiri hanya dengan satu, dua atau tiga kaki, kamu harus berdiri dengan keempatnya. Begitu pun jika kamu ingin sukses, kamu harus memiliki hard skills, soft skills, motivation dan juga confidence untuk menopang semua pekerjaan dan juga hal-hal yang perlu kamu lakukan jika kamu ingin sukses dalam usahamu.

Sekarang kamu sudah paham, kan, kenapa keempat hal tersebut sangatlah penting? Agar kamu bisa mencapai kesuksesanmu diumur yang masih belia dalam dunia kerja ataupun dunia usaha, yuk, terapkan filosofi kaki meja, ini, di kehidupanmu! Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: carew.com, sketchbubble.com, sportsforschools.org)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1