Menu

Panduan Mengikuti Pemilu untuk Pemilih Pemula

Tanggal 17 April nanti, negara kita akan merayakan pesta demokrasi lima tahunan, atau yang dikenal dengan Pemilihan Umum. Kamu pastinya udah aware banget dengan momen ini, kecuali selama setahun belakangan kamu tinggal di planet Mars. Hihihi.

Secara singkat, Pemilihan Umum (disingkat Pemilu) adalah proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan-jabatan tersebut beraneka-ragam, mulai dari Presiden hingga wakil rakyat di berbagai tingkat pemerintahan.

Nah, momen Pemilu bukan cuma sekadar “nyoblos” aja, lho, gaes. Pemilu dimulai dengan masa kampanye terbuka yang dilakukan oleh masing-masing calon kandidat untuk mengkomunikasikan visi misi serta program yang akan dilaksanakan jika nanti terpilih. Lalu, para pemilih (atau disebut juga dengan Konstituen) berhak mempertimbangkan dan turut berpartisipasi aktif mendukung calon kandidat pilihannya hingga hari pemungutan suara. Setelah itu, barulah pemungutan dan penghitungan suara dilakukan untuk menentukan pemenang Pemilu sesuai penentuan pemenang yang sebelumnya telah ditetapkan dan disetujui oleh para peserta Pemilu.

Yakin banget, deh, pasti momen Pemilu sebagian besar dari kamu yang suka main-main ke laman Youthmanual. Yup, kamu yang tahun ini berusia 17-21 tahun termasuk dalam golongan Pemilih Pemula alias yang pertama kali berpartisipasi dalam Pemilu. Kamu beruntung banget, nih, bisa ambil bagian dalam penentu sejarah kita untuk 5 tahun ke depan. Jadi, jangan sampai kamu sia-siakan momen berharga ini, ya.

Berhubung ini adalah momen Pemilu pertama kamu, wajar kok kalau kamu merasa masih kurang paham dengan dunia per-Pemilu-an mulai dari apa yang harus kamu pahami, persiapkan, juga lakukan di Pemilu kali ini.

Worry not, karena di panduan Pemilu ini, kamu bisa baca semua informasi yang kamu butuhkan untuk menghadapi Pemilu sebagai Pemilih Pemula. Cekidot!

Siapa Saja yang Akan Aku Pilih di Pemilu?

Di Pemilu kali ini, kita nggak akan hanya memilih siapa yang layak menjadi RI 1 dan RI 2 aja, lho. Kita akan memberikan suara kita untuk memilih dan menentukan lima jabatan, baik eksekutif maupun legislatif. Masing-masing jabatan diwakili dengan satu surat suara. Pembagian dan total jabatan terpilih berdasarkan surat suara adalah sebagai berikut.

  • 1 Presiden & Wakil Presiden (surat suara berwarna abu-abu)

  • 575 anggota DPR RI (surat suara warna kuning)

  • 136 anggota DPD RI (surat suara warna merah)

  • 2.207 anggota DPD Provinsi (surat suara warna biru)

  • 17.610 anggota DPRD Kota (surat suara warna hijau)

Idealnya, dalam pemilu nanti, kamu akan mendapatkan 5 surat suara. Tapi, ada kondisi-kondisi tertentu terkait perpindahan domisili dimana kamu nggak akan mendapatkan 5 surat suara. Berdasarkan status dan domisili kamu, jumlah surat suara yang akan kamu peroleh adalah sebagai berikut.

Daerah Tujuan Presiden & Wakil Presiden DPR DPD DPRD Provinsi DPRD Kota
Provinsi lain        
Luar Negeri      
Kabupaten/kota lain dalam provinsi yang sama, dapil DPR RI yang sama, tapi di luar DPRD provinsi dan kabupaten/kota    
Kabupaten/kota lain dalam provinsi yang sama, dapil DPRD Provinsi yang sama, tapi di luar DPRD kabupaten/kota  
Kecamatan lain dalam satu kabupaten/kota dan dalam dapil DPRD kabupaten/kota


Bagaimana Cara untuk Menentukan Pilihan?

Semua orang punya preferensi dalam memilih sesuatu, termasuk dalam memilih calon pemimpin di Pemilu. Kamu berhak menggunakan preferensimu untuk memilih pemimpin ideal versi kamu di pesta demokrasi ini. Masing-masing pilihan pasti ada kelebihan dan kekurangannya—and that’s totally okay. Yang penting, pilihan kamu dipertimbangkan secara objektif.

Tapi, bagaimana untuk pemilih pemula yang masih bingung bagaimana caranya menentukan pilihan yang terbaik di waktu yang sudah mepet begini? Tenang, kamu masih bisa menentukan pilihanmu dengan seobjektif mungkin menggunakan cara-cara di bawah ini. Cekidot!

panduan pemilih pemula

Sudahkah Aku Terdaftar untuk Pemilu?

Setelah menentukan pilihan, masih ada hal yang nggak kalah penting untuk kamu lakukan, nih, gaes. Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai pemilih yang sah agar hak suaramu dapat digunakan di Pemilu kali ini.

Untuk mengecek apakah kamu sudah terdaftar sebagai pemilih yang sah di Pemilu tahun ini, kamu bisa langsung ke:

https://infopemilu.kpu.go.id/pileg2019/pemilih/cari-pemilih (untuk pemilihan legislatif)

https://infopemilu.kpu.go.id/pilpres2019/pemilih/cari-pemilih (untuk pemilihan eksekutif)

Ketik NAMA dan NIK kamu dalam kolom yang disediakan, lalu klik cari. Kalau kamu sudah terdaftar, akan muncul data diri lengkap kamu dan nomor TPS terdekat yang terdaftar untuk Pemilu.

Apa yang Bisa Aku Lakukan untuk Mendukung dan Mensukseskan Momen Pemilu Ini?

Siapa bilang cuma aparat dan pihak yang berkepentingan aja yang punya tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban jalannya Pemilu? Sebagai warga negara dan Pemilih Pemula, kamu tentunya bisa turut andil dalam mendukung dan mensukseskan momen Pemilu 2019 ini, lho.

Ketika sudah menentukan pilihan dan mengantongi hak suara, kamu pasti juga ingin memberikan dukungan penuh untuk paslon pilihanmu. Siapa pun pilihan kamu, inilah beberapa “amunisi” yang harus kamu miliki di masa kampanye dan Pemilu ini dapat berjalan aman dan nyaman. Yuk dipersiapkan!

  1. Jari-jari yang nggak bandel membuat dan menyebarkan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya

  2. Tekad buat nggak ikut-ikutan memperkeruh ruang diskusi publik (dengan ucapan yang saling menjatuhkan)

  3. Gagasan kreatif untuk merayakan pesta demokrasi secara menyenangkan dan sehat, seperti nobar debat sambil main .gif challenge di Instagram atau bikin stop motion yang berisi aspirasi untuk para caleg. So much fun!

  4. Pikiran yang kritis dan terbuka untuk menguji setiap informasi yang diterima

  5. Informasi yang valid dan berimbang mengenai para kandidat, proses bergulirnya Pemilu, dan hal-hal yang paling update terkait pelaksanaan Pemilu

  6. Hati yang tulus menginginkan pesta demokrasi yang tertib dan damai

  7. Kesadaran bahwa negara yang kuat adalah negara yang warga negaranya aktif berkontribusi untuk membawa negaranya ke arah yang lebih baik, seperti mengikuti Pemilu. Ihiy!

  8. Terakhir, buat kamu yang masih berstatus siswa SMA/sederajat, kamu bisa dapetin pengalaman sekali seumur hidup yang dijamin bikin kamu nggak sabaran menunggu hari-H Pemilu. Kamu bisa ikutan AKU CINTA INDONESIA: #GuePilihPeduli, event seru dari Beneran Indonesia bersama Kementerian Kominfo Indonesia di tanggal 6 April ini. Kamu bisa cek poster di bawah ini atau kunjungi Instagram @beneran.indonesia untuk informasi lebih lengkap terkait event ini. Yang jelas, bakalan rugi banget kalau kamu sampai kelewatan!

aku cinta indonesia gue pilih peduli - beneran indonesia

Selamat merayakan pesta politik, gaes!

 

(sumber gambar: Youthmanual dan Beneran Indonesia)

LATEST COMMENT
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©