5 Hal yang Nggak Perlu Kamu Cantumkan di Dokumen Lamaran Kerja / CV

Salah satu alasan kamu nggak dipanggil kerja adalah karena CV kamu yang terlalu jadul. Menurut penelitian karir di situs SkillCrush, banyak fresh graduates yang mencantumkan hal nggak perlu dalam sebuah dokumen lamaran kerja / CV. Ini cuma bikin CV jadi panjang dan membosankan.

Oleh karena itu, hindari mencantumkan hal-hal berikut ini di CV ya, gaes!

1. Segala sesuatu yang nggak berhubungan langsung sama pekerjaan yang kamu lamar

Kalau kamu melamar sebuah pekerjaan, pastikan kamu memperhatikan requirement atau kebutuhan dari pekerjaan tersebut. Kalau ternyata perusahaan nggak memerlukan kemampuan kamu di suatu bidang, mending kamu nggak usah cantumkan supaya menghindari CV yang terlalu penuh dan jauh dari kebutuhan.

Kadang, demi keinginan untuk diterima, kamu mencantumkan semua les yang pernah kamu ikuti dan kejuaraan yang pernah kamu menangkan. Padahal, ini bisa kamu sampaikan saat wawancara kerja.

Misalnya, kalau kamu melamar sebagai akuntan, kamu nggak perlu mencantumkan prestasi kamu waktu menang kejuaraan pencak silat. Tapi, kamu tentu harus mencantumkan seminar dan prestasi yang mendukung di bidang ekonomi dan akuntansi.

2. Kemampuan yang udah terlalu umum

Masih menulis di CV bahwa kamu bisa mengoprasikan Microsoft Office? Wuih, ini basi banget, sob! Zaman internet begini, menguasai Microsoft Office dasar dan browsers internet udah wajib hukumnya.

Sebagai alternatif, coba cantumkan kemempuan yang lebih spesifik. Misalnya, kamu bisa mengetik dengan cukup cepat, bisa program komputer tertentu seperti Adobe atau Photoshop atau mengetahui cara memimpin sebuah tim dengan baik.

3. Foto yang nggak cocok 

Kecuali kamu melamar pekerjaan di bidang desain atau divisi kreatif, jangan menggunakan terlalu banyak foto dan gambar. Hindari foto selfie sebagai foto utama.

Kalau kamu memang ingin CV kamu menarik, coba spice up CV kamu dengan desain yang simple namun beri warna di bagian header. Tentunya, warna yang digunakan warna yang sesuai dengan kararter pekerjaan kamu, ya.

4. Paragraf yang kepanjangan

Tahu nggak, sih, kalau paragraf yang terlalu panjang bikin pembaca CV jadi bosan. Usahakan kamu hanya mencantumkan tiga atau empat kalimat dalam satu paragraf. Setelah itu, buat paragraf baru untuk menunjang kejelasan.

Selain paragraf, kamu bisa juga menggunakan bullets point. Tapi jangan lupa sertakan keterangan pendek di setiap poin tersebut.

5. Alamat email yang nggak jelas dan link yang nggak bisa diklik

Tips ini udah sering banget Youthmanual share ke kamu. Sebaiknya, cantumkan alamat email yang jelas dengan nama asli tanpa embel-embel bahasa gaul atau bahasa alay. Buat akun email dengan nama depan dan nama belakang kamu sendiri.

Selain itu, kalau kamu mau menambahkan link menuju website atau blog pribadi supaya perusahaan bisa mengenal kamu lebih jauh, makan pastikan link tersebut bisa diklik. Istilah digitalnya, jangan pernah mencantumkan broken link di dalam CV kamu.

 

(Sumber gambar: blog.occ.com.mx, pulse.com, wikihow.com, craft-cv.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 25 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1