Bolehkah Memberi Kritik pada Perusahaan Saat Melamar Kerja?

Mengkritik perusahaan saat melamar kerja, apakah boleh? Untuk menunjukkan bahwa dirimu benar-benar niat bekerja di sana dan kompeten, kamu menuliskan kritik untuk perusahaan di dalam surat lamaran. Atau saat wawancara, kamu blak-blakan menyampaikan beberapa kekurangan perusahaan. Tindakan tersebut akan memberikan poin plus pada kamu dibandingkan pelamar yang lain, bukan?

Jawabannya, kemungkinan besar tidak.

Umumnya, tindakan seperti di atas tidak memberikan keuntungan pada si pelamar. Memberikan masukan dan kritikan membangun pada perusahaan yang dilamar sebenarnya bisa saja dilakukan, asalkan….

1. Tidak disampaikan dalam surat lamaran

Pada dasarnya surat lamaran kerja merupakan pengantar, untuk memperkenalkan dirimu pada perusahaan yang dilamar.

Sophia Amoruso, pengusaha muda sukses berkebangsaan Amerika Serikat yang juga penulis buku Girlboss, menyebutkan dalam bukunya bahwa BIG NO menulis lamaran kerja yang menyertakan kritik. Sebab, jelasnya, perusahaan tidak meminta si pelamar untuk memberikan masukan atau kritik.

Hal ini terkait erat dengan masalah etika. Walau  mungkin niat si pelamar benar, tapi ia menyampaikannya di momen yang salah, yakni pada surat lamaran.

Padahal Sophia sendiri seorang yang masih muda, modern, dan dinamis. Ia menjalankan perusahaan startup yang jauh dari kesan formal.

2. Diberikan saat perusahaan meminta

Kritik dan masukan paling tepat diberikan ketika perusahaan tempat kamu melamar kerja memintanya.

Bisa jadi mereka memintanya secara spontan dalam sesi wawancara. Pertanyaanya bisa eksplisit bisa juga tersirat. Contohnya:

"Menurut kamu, apa kekurangan program X yang kami miliki?"

"Apa yang perlu diubah atau ditingkatkan di perusahaan ini?"

"Jika kamu bergabung, perubahan apa yang akan kamu lakukan pada kampanye proyek ini?"

"Menurut pendapat kamu, kampanye perusahaan kami yang ini bagus tidak?"

Atau bisa juga dalam tahap tertentu, perusahaan meminta kandidat pekerja untuk merumuskan masukan dan kritik untuk perusahaan. Bisa dalam bentuk tulisan, presentasikan saat wawancara/tes, atau kamu diminta mengulas plus-minus suatu program yang telah dijalankan perusahaan.

3. Tone positif

Walaupun diminta memberikan kritik, sudut pandangnya adalah memberikan solusi atau menawarkan perbaikan. Sebagai pelamar, sampaikan apa yang bisa kamu lakukan. Berikan pula ide segar. Jika ada hal yang sudah baik dari perusahaan atau hal yang bisa ditingkatkan, sebutkan juga.

4. Jangan ngasal

Kritik dan masukan yang kamu berikan harus berdasarkan fakta, data, pengetahuan atau pengalamanmu. Jangan asal mengkritik aja. Misalnya, menurut kamu program A kurang efektif lantaran promosinya hanya di Instagram. Padahal, berdasarkan data, target pembeli banyak pula yang mengakses Youtube, Tiktok, dan Twitter.  

Atau, kamu memiliki ide promosi yang out of the box, yang berbeda dari yang pernah ada. Kamu bisa membagikan ide tersebut.       

Jangan cuma berpendapat program A jelek, program B nggak efektif, tanpa argumen pendukung.

5. Perhatikan penggunaan bahasa

Terkait dengan poin 3 dan 4, kritik dan masukan kamu akan lebih mengena jika disampaikan dengan bahasa yang tepat. Maksudnya, tetap profesional, nggak berlebihan, dan jelas.

Misalnya, dibandingkan kamu mengatakan bahwa, Proyek A nggak bagus atau norak, lebih baik kamu menjabarkan poin-poin  kekurangan proyek A. Akan lebih jelas dan meyakinkan.

Hindari memakai penekanan atau kata yang tidak perlu. Misalnya, “Apabila menggunakan aplikasi X, maka asilnya, amat sangat lebih keren sekali.” Lebay, ehehehehe.

***

Secanggih apapun masukan dan kritik yang kamu miliki, sampaikan dengan rendah hati ya. Yup, humble, rendah hati, tapi bukan rendah diri. Katakan dengan percaya diri, namun terbukalah untuk masukan dan diskusi. Semoga berhasil! 

(Sumber gambar: Image by Gerd Altmann from Pixabay)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1