Fakta Dibalik SNMPTN 2019 yang Diperpanjang, Kamu Wajib Tahu!

Prof. Ravik Karsidi selaku Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyampaikan pengumuman mengenai perpanjangan masa pendaftaran dan finalisasi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019 kemarin malam. Yuk, simak fakta apa aja yang ada dibalik perpanjangan SNMPTN 2019 berikut ini.

* Sebelumnya, akibat situs SNMPTN yang susah diakses, muncul petisi di situs change.org yang meminta masa pendaftaran SNMPTN diperpanjang dari jadwal semula. Namun, pihak LTMPT tidak memberikan pernyataan apapun mengenai  perpajangan masa pendaftaran ini berkaitan dengan petisi tersebut. Mereka hanya mengimbau agar kesempatan perpanjangan jadwal ini dimanfaatkan dengan baik oleh calon peserta didik.

* Memperhatikan belum semua siswa sekolah yang eligible sebagai peserta SNMPTN 2019 melakukan pendaftaran dan finalisasi maka pihak LTMPT memberikan kesempatan kepada seluruh siswa yang eligible, pendaftaran SNMPTN yang semula berakhir pada hari Kamis, 14 Februari 2019 pukul 22.00 WIB, DIPERPANJANG sampai dengan Sabtu, 16 Februari 2019 pukul 22.00 WIB.

* Jumlah siswa yang telah melakukan pendaftaran sebanyak 370.878 siswa.

* Sedangkan siswa yang sudah login tapi belum melakukan pendaftaran sebanyak 175.003.

* Dan siswa yang sudah mengisi biodata tetapi belum melakukan finalisasi sebanyak 83.099.

* Siswa yang belum mendaftar bisa menyelesaikan dengan baik, malam ini. Karena pihak LTMPT akan menambah 10 server dan bandwith juga akan di naikkan.

* Untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mendaftar, sistem SNMPTN akan menerapkan giliran untuk login berdasarkan NISN ganjil genap. Diterapkannya waktu ganjil genap bertujuan agar siswa yang mendaftar bisa mengakses secara bergiliran. Waktu ganjil genap ini dilihat berdasarkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

Misalnya, bagi pemilik NISN ganjil bisa login selama jam ganjil, seperti pukul -13.59, 15.00 -15.59, dan seterusnya. Begitupun sebaliknya, bagi pemilik NISN genap, maka login pada jam genap, seperti pukul 14.00-14.59, 16.00-16.59, dan seterusnya.

 

Panitia LTMPT telah menyampaikan hasil pemeringkatan dan eligibilitas siswa untuk mendaftar SNMPTN 2019 pada 4 Februari 2019 yang lalu. Jumlah siswa yang eligibel untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya eligibel bisa mendaftar di SNMPTN 2019 sebanyak 14.744 sekolah.

Proses pendaftaran SNMPTN 2019 bagi kalian yang sudah memenuhi kriteria pemeringkatan LTMPT, bisa menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional dan password yang sama dengan sewaktu mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Kamu bisa mengakses ke laman www.snmptn.ac.id.

Sementara untuk kamu yang hendak mendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga, wajib menyertakan portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah. Untuk pedoman pemenuhan syarat bisa kamu lihat dan unduh pada laman www.snmptn.ac.id.

Oyaa, pemeringkatan dilakukan oleh sistem berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut, ya, gaes:

1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.

2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.

4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan

***

Nah, itulah beberapa fakta dibalik perpanjangan SNMPTN 2019. Jadi, buat kamu yang sudah melakukan pendaftaran, segeralah menyelesaikan finalisasi dengan mencetak kartu pendaftaran, ya, gaes!

Kemudian buat kamu yang sudah login tapi belum mengisi data, segeralah menyelesaikan pengisian data dan finalisasi. Manfaatkanlah waktu dengan sebaik-baiknya. Ingat, tidak akan ada lagi perpanjangan pendaftaran untuk SNMPTN 2019!

 

Baca juga:

 

 

(Sumber gambar: mediaindonesia.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 28 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1