Lulus SBMPTN 2021, Bolehkah Ikut Seleksi Mandiri?

Apakah calon maba yang lulus seleksi SBMPTN 2021, bisa mengikuti seleksi mandiri 2021? Jawabannya bisa. Tapi simak dulu penjelasan lengkapnya.

Ya, pimpinan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) menyatakan bahwa peserta SBMPTN 2021 yang dinyatakan lulus masih bisa mengikuti seleksi mandiri 2021. Hal ini disampaikan pada konferensi pers pengumuman hasil SBMPTN 2021 (4/06/2021).

Ini berbeda dengan SNMPTN dan SBMPTN, di mana peserta yang lulus otomatis nggak bisa mendaftar SBMPTN. Walau demikian, ada beberapa PTN yang menerapkan aturan berbeda. ITB, misalnya, nggak memperbolehkan calon maba yang telah diterima di ITB lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN untuk ikut seleksi mandiri ITB. Kalau diterima di kampus lain, masih diperbolehkan.  

Nah, dengan aturan leluasa untuk seleksi mandiri, apakah kamu yang sudah lulus SBMPTN 2021 masih mencoba peluang di seleksi mandiri 2021? Pertimbangkan dulu yang berikut ini.

a. Secara umum, peserta yang lulus SBMPTN 2021 nggak dilarang untuk mengikuti seleksi mandiri 2021. Peluang ini bisa dimanfaatkan peserta SBMPTN yang lolos, namun nggak yakin dengan prodi yang ia pilih. Namun, perhatikan pula poin-poin selanjutnya.

b. Seperti yang disinggung di atas, bisa jadi PTN memiliki aturan yang berbeda soal ini. Maka coba pastikan dulu ke kampus yang dituju. Misalnya, kamu sudah diterima di Fakultas MIPA ITB di SBMPTN, maka kamu nggak bisa lagi ikutan seleksi mandiri ITB.

c. Jika telah lolos SBMPTN namun tetap ikutan seleksi mandiri, kamu mengurangi kesempatan orang lain. Terutama mereka yang belum diterima di SBMPTN.

d. Saat kamu diterima di seleksi mandiri dan melepas SBMPTN, artinya ada kursi yang terbuang. Padahal, sekitar 500 ribu peserta nggak lolos SBMPTN 2021.

e. Jika kamu berniat menjalani kedua prodi (apabila diterima SBMPTN dan seleksi mandiri), pertimbangkan kembali apakah hal tersebut memungkinkan dan diperbolehkan. Trus pikirkan juga bagaimana alokasi waktu dan energi untuk menjalani prodi ganda tersebut. Satu prodi aja sudah cukup menyita fokus, tenaga, dan biaya, lho gaes.  

So, pertimbangkan dengan matang ya, gaes, sebelum melangkah.

(Sumber gambar: Photo by cottonbro from Pexels)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 2 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1