Tips Masuk Universitas Indonesia dari Vlogger Fathia Izzati

Kalau kamu hobi nongkrongin Youtube, pasti kamu sudah familiar dengan YouTuber kece Fathia Izzati. Minimal, pernah ngelihat videonya yang paling beken, dimana Fathia cas-cis-cus dalam bahasa Inggris dengan 21 aksen. Canggih! Nggak heran kalau video tersebut sudah ditonton oleh 1.4 juta viewers, dan menjadi salah satu video yang mendongkrak ke-femes-an cewek manis ini.

YouTuber yang memang sangat fasih berbahasa Inggris ini juga jago nyanyi dan pernah beberapa kali meng-upload video cover miliknya. Dikutip dari situs Kapanlagi, Fathia sampai pernah dipuji langsung oleh band Payung Teduh, lho.

Belum habis perasaan kagum saya, tau-tau saya mendarat di blog Fathia yang berisi kumpulan puisinya yang bagus-bagus banget!

Udah jago bahasa Inggris, jago cas-cis-cus depan kamera, jago nyanyi, jago nulis pula! *langsung makin merasa jadi remah-remah biskuit Oreo* Sayangnya udah nggak jomblo, nih, gaes, hihihi.

Nggak hanya itu, cewek yang pernah tinggal di Kanada dan Amerika Serikat ini juga sukses terdaftar sebagai mahasiswa salah satu universitas negeri unggulan di Indonesia, Universitas Indonesia (UI). Nah, di salah satu vlognya, Fathia berbagi tips  untuk bisa masuk UI.

 

 

Dulu, Fathia lama bersekolah di New York, Amerika Serikat, dan baru pindah ke Jakarta pas kelas tiga SMA. Maka wajar aja kalau dia merasa nggak percaya diri bakal bisa masuk UI. Secara selama di Amrik sono, do’i mempelajari materi pelajaran Amerika, dengan kurikulum Amerika, dalam bahasa Inggris juga, tentunya!

Alhasil, Fathia harus ikut bimbingan belajar secara intensif agar bisa mengejar ketinggalan pelajaran teman-teman SMA lainnya.

Fathia mengaku, sebenarnya dia kepengen banget masuk jurusan Hubungan Internasional (HI) UI. Namun berhubung passing grade HI UI memang paling tinggi untuk jurusan IPS, Fathia pun membelokkan pilihannya ke jurusan Hukum. Alhamdulilllah, dia sukses keterima lewat jalur SIMAK UI.

Apa, sih, tips sukses menembus SIMAK UI versi Fathia?

Pertama, jawablah soal-soal ujian yang SUDAH PASTI bisa kamu jawab dengan benar. Karena, dalam SIMAK UI, kalau kamu menjawab pertanyaan dengan salah, nilai kamu bakal dikurangi. Jadi, kalau kamu nggak yakin sama jawaban sebuah soal, mending dikosongin aja deh, sob.

Kedua, yakinlah dengan kekuatan do’a! Saelah… Sebelum ujian, Fathia nggak lupa minta doa ke nyokap, nenek, keluarga, Pak RT, Bu RT, Pak Camat sampe Walikota. Do’i juga sempat bikin nazar, lho, kalau dilancarkan masuk UI.

Terakhir, Fathia bilang kita harus YAKIN bisa masuk perguruan tinggi yang kita mau. Ganbatte kudasai!

Dalam video ini, Fathia juga bercerita bahwa jurusan Hukum di UI terbagi menjadi tiga macam, yaitu a) kelas Regular alias program Sarjana standar, seperti yang Fathia ambil b) kelas parallel, yang kelasnya dimulai dari jam dua siang sampai malam, dan c) Kelas Khusus Internasional, yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar serta memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengambil double degree ke luar negeri.

Menurut Fathia, kuliah di jurusan Hukum, tuh, nggak susah, kok. Materi pelajarannya memang banyak, apalagi materi pasal. Tapi, jangan kira kamu bakal harus ngapalin semua pasal yang sebejibun itu. Yang penting kamu bukan hapal, melainkan paham tentang pasal-pasal yang mau dipakai dalam sebuah kasus.

Fathia juga menambahkan bahwa belajar efektif itu penting, supaya kita nggak buang-buang waktu. You don’t just need to work hard, but also work smart, gaes!

***

Semoga makin sukses dan kreatif ya, Fathia!

(Sumber foto: kapanlagi.com, Youtube Fathia Izzati)

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1