Tes Kepribadian Kamu dengan Sistem Klasifikasi Enneagram

Enneagram adalah sistem klasifikasi kepribadian yang dibagi ke dalam Sembilan kelompok. Tes ini banyak digunakan oleh ahli psikologi dan pelaku bisnis. Banyak juga yang yang menggunakan sistem ini untuk pengembangan diri sendiri.

Gimana, sih, cara menggunakan tes kepribadian Enneagram ini?

Kamu cuma tinggal memilih Satu paragraf dari grup 1 dan satu paragraf dari grup 2 yang menurut kamu mencerminakan kepribadian kamu banget.

Jangan terlalu banyak menganalisa paragrafnya ya, gaes. Maksudnya, tinggal pilih aja yang paling cocok berdasarkan intuisi kamu.

Grup 1

Tipe A

Kamu orang yang cenderung mandiri dan percaya diri. Menurut kamu, hidup bakal jauh lebih baik kalau kamu penuh persiapan dan rencana. Kamu sering merancang goals, meskipun kamu kadang berkompromi tapi kamu nggak pernah duduk diam dan menunggu sesuatu terjadi sama kamu. Prinsipnya, kamu haruslah menjemput bola. Kamu selalu pengen mencapai sesuatu yang besar dan membuat perubahan. Seringkali, kamu tahu apa yang kamu mau. Work hard play hard tuh kamu banget deh pokoknya!

Tipe B

Kamu cenderung pendiam dan senang menyendiri. Dalam aspek sosial, kamu nggak suka menarik terlalu banyak perhatian. Bahkan, kamu nggak mau terlalu tampil di muka umum. Kamu nggak merasa nyaman berada di bawah spotlight atau berkompetisi. Banyak orang yang bilang kamu tuh pemimpi karena seringkali lebih suka memakai imaginasi sendiri dibanding meminta bantuan orang lain.

Tipe C

Kamu cenderung berkomitmen dan sangat bertanggung jawab. Kamu sering merasa bersalah kalau nggak bisa menepati janji atau apa yang diharapkan orang lain. Kamu ingin selalu ada buat orang lain dan melakukan yang terbaik untuk membantu siapapun. Biasanya kamu jusru kurang peduli sama diri sendiri dan baru bisa santai kalau tanggung jawab kamu udah selesai.

Grup 2

Tipe 1

Kamu menjaga sikap positif dan selalu berusaha berpikir bahwa apapun yang terjadi adalah hal yang terbaik. Kamu selalu bersemangat dan selalu bisa menemukan sesuatu yang menyenangkan untuk semua orang. Kamu suka berada diantara orang-orang membantu orang lain bikin kamu bener-bener happy. Bahkan kalau kamu merasa sedih, kamu kamu nggak pernah menunjukkan itu sama siapapun. Menjaga sikap positif ini seringkali bikin kamu nyuekin masalah kamu sendiri.

Tipe 2

Kamu cenderung punya perasaan yang kuat terhadap sesuatu. Orang lain bisa langsung tahu kalau kamu lagi ada masalah. Kamu juga orang yang gampang cerita dan mau mendengar cerita orang lain. Kamu selalu bisa diandalkan dan tahu apa yang harus kamu pilih.

Tipe 3

Kamu adalah tipe orang yang sangat efisien dan perfeksionis. Kadang orang sering bilang kamu cuek dan nggak peduli sama cerita orang lain tapi menurut kamu, yang paling tahu bagaimana menyelesaikan masalah adalah masing-masing orang. Kalaupun ada yang kurang suka sama kamu, kamu nggak pernah merasa khawatir.

***

Kalau sudah memilih, silakan cocokkan pilihan kamu dengan cara menggabungkan huruf dan angka.

Untuk kamu yang memilih A1:

Untuk kamu yang memilih A2:

Untuk kamu yang memilih A3:

Untuk kamu yang memilih B1:

Untuk kamu yang memilih B2:

Untuk kamu yang memilih B3:

Untuk kamu yang memilih C1:

Untuk kamu yang memilih C2:

Untuk kamu yang memilih C3:

 

(Sumber gambar: compassionatelearning.files.wordpress.com, brightsite.me)

 

 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1