Menu

7 Mata Kuliah Paling Menantang di Program Studi Psikologi

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau program studi Psikologi itu merupakan salah satu program studi yang memiliki banyak peminatnya dari tahun ke tahunnya di beberapa universitas.

Well, berbicara mengenai Psikologi. Banyak yang mengatakan, kuliah di Psikologi itu cuma belajar mengenai kepribadian manusia saja.  Padahal ilmu Psikologi itu cakupannya cukup luas, lho, gaes.

Nah, buat mahasiswa baru yang sedang belajar Psikologi atau yang tahun depan berencana masuk program studi Psikologi. Cari tahu disini, deh, mata kuliah apa saja yang akan kamu hadapi di program studi Psikologi. (Fyi, katanya kalau kamu belum melewati mata kuliah seperti di bawah berikut ini, kamu belum dikatakan expert di bidang Psikologi, lho!)

1. Biopsikologi

Dari namanya saja, kamu sudah tahu, ‘kan, bahwa istilah ini berasal dari kata apa? Ya, benar! Istilah ini berasal dari dua kata, yaitu biologi dan psikologi. Sehingga bisa diartikan, biopsikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan fungsi mental manusia dari segi biologi.

Di mata kuliah ini, kamu harus terbiasa dengan banyak istilah psikologi, biologi, bahkan kedokteran, gaes. Kamu juga dituntut untuk memahami setiap prosesnya secara urut dan rinci. Karena kalau nggak, kamu nggak bisa memahami kehidupan manusia yang sebenarnya.

2. Filsafat

Bisa dibilang, filsafat adalah dasar dari semua ilmu. Karena itu, hampir semua program studi memiliki mata kuliah yang satu ini, termasuk program studi Psikologi.

Di program studi Psikologi sendiri, mata kuliah yang berbau ada 4, yaitu Pengantar Filsafat, Filsafat Ilmu dan Logika, Filsafat Manusia, serta Filsafat Fenomenologi. Intinya, di dalam mata kuliah filsafat ini, kamu akan belajar mengenai berbagai pandangan para filsuf tentang ilmu pengetahuan, pengembangan ilmu pengetahuan, dan belajar untuk berpikir lebih kritis, sesuai dengan ciri khas dari ilmu filsafat itu sendiri.

Pssst… fungsi dan keterkaitan psikologi dengan ilmu filsafat bakal sangat berguna dalam menghadapi dunia kerja nantinya, lho.

3. Statistika

“Aku mau kuliah di program studi Psikologi sajalah, biar nggak ketemu matematika”

Hayoo.. ada yang seperti itu nggak?

Well, kalau kamu malas bertemu dengan matematika, lalu berpikir masuk program studi Psikologi adalah sebuah solusi yang benar. Sorry to say, nih, kamu salah besar, gaes.

Kenapa? Soalnya kalau kamu kuliah di program studi Psikologi, justru kamu akan bertemu dengan mata kuliah statistika.

Di mata kuliah ini, kamu mempelajari ilmu-ilmu dasar dalam bidang statistika. Mulai dari bagaimana menentukan mean, median, modus, hingga melakukan uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan statistika.

4. Psikometri

Psikometri adalah ilmu tentang teori pengukuran psikologis. Di mata kuliah ini, kamu akan mempelajari masalah pengembangan teori dan model tes serta pengembangan dasar-dasar evaluasi terhadap kualitas tes.

Dengan kata lain, dalam mata kuliah ini, akan ada berbagai macam prosedur, langkah-langkah, dan penghitungan statistika yang lebih rumit yang akan kamu ikuti. Sehingga, kamu pun dituntut untuk bisa menguasai ilmu statistika terlebih dulu. Karena, sekali kamu salah mengerjakan dan nggak mengikuti prosedur, kamu harus mengulang proses tersebut dari awal.

5. Kode Etik Psikologi

Sama seperti bidang profesi lain, seperti Dokter, Hakim, Pengacara, dan lain sebagainya. Tentu saja, seorang Psikolog juga memiliki kode etiknya sendiri, gaes.

Dalam mata kuliah ini, kamu akan mengenal lebih jauh mengenai hal-hal apa saja yang boleh dan nggak boleh dilakukan oleh lulusan psikologi ataupun praktisi psikologi—mulai dari malpraktek hingga hal-hal yang sifatnya rahasia atau pribadi milik klien.

6. Mata kuliah tentang alat-alat tes psikologi

psikometri

Di program studi Psikologi, kamu akan belajar berbagai macam alat tes. Di antaranya adalah Tes Inteligensi, Tes Inventori, dan Tes Proyeksi. Di mata kuliah ini, selain nantinya kamu akan menghadapi banyak prosedur yang harus diikuti, kamu juga dituntut harus bersifat profesional.

Sekali kamu nggak mengikuti prosedur dengan benar serta nggak profesional dalam menjalankannya, kamu akan dianggap gagal dan harus mengulang mata kuliah ini.

7. Konstruksi Alat Ukur Psikologi (KAUP)

Fyi, membuat alat ukur psikologi itu nggaklah mudah, lho. That’s why, mata kuliah ini terbilang lebih sulit dibandingkan dengan mata kuliah yang lainnya. Soalnya, kamu sudah harus mengetahui apa itu sebuah alat ukur dan harus tahu kapan tepatnya menggunakan alat ukur tersebut.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan prosedur yang sudah diberikan, jenis-jenis alat ukur tersebut, apa yang ingin diukur dengan alat ukur tersebut, dan respon yang tepat untuk diberikan alat ukur tersebut.

Oyaa… untuk menghadapi mata kuliah ini mata kuliah statistika dan psikometri sudah harus kamu kuasai, ya, gaes.

***

Itulah tadi beberapa gambaran mata kuliah apa saja yang aka kamu pelajari dalam program studi Psikologi. Well, apakah sudah siap menghadapi mata kuliah ini untuk beberapa semester ke depan?

Yang harus kamu ingat adalah semua mata kuliah memiliki tantangan tersendiri yang harus kamu hadapi, gaes. Semakin kamu memiliki keberanian untuk menghadapi tantangan, kamu akan semakin menguasai dan memiliki semangat belajar yang tinggi untuk mengetahui lebih dalam di bidang psikologi.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: libguides.wits.ac.za, regione.lombardia.it, creativitypost.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©