6 Produk Kecantikan yang Wajib Banget Dicoba Para Cowok

Ada seribu satu alasan kenapa cowok nggak mau menggunakan produk kecantikan, tetapi alasan yang paling klise adalah takut dibilang nggak “laki”.

Duh, maz. Kalau kamu pakai produk kecantikan, bukan berarti kamu bakal tiba-tiba lenggak-lenggok maju-mundur-cantik. Lagian produk kecantikan nggak hanya bertujuan agar pemakainya jadi kinclong, tetapi juga agar kesehatan kulitnya terjaga.

Berikut adalah enam produk kecantikan yang layak dicoba oleh kaum cowok. Lebih bagus lagi, sih, kalau pemakaiannya dibuat rutin. Meskipun nggak menjamin kamu bakal jadi sekece Ben Affleck, minimal kulit kamu akan lebih sehat, dan kamu akan terlihat lebih well-groomed. Ihiy!

1. Sabun pencuci wajah

sabun pencuci wajah

Meski zaman sekarang produk perawatan cowok semakin banyak jenisnya, pada kenyataannya, masih banyak cowok yang mencuci wajah CUMA pakai air!

Padahal, air saja ‘kan nggak bisa untuk menghilangkan debu, kotoran dan minyak di wajah. Kalau kotoran-kotoran tersebut dibiarkan menumpuk, muka kamu bakalan kusam, atau lebih parah lagi, jerawatan parah!

Nggak perlu ke dokter kulit atau departemen store kok, sob. Cukup dengan lari ke minimarket terdekat, kamu sudah bisa mendapatkan sabun pencuci wajah sesuai kondisi kulit kamu. Gunakanlah sabun pencuci muka dua hari sekali, setiap pagi dan malam. Kalau kamu masih terlalu malas juga, MINIMAL banget gunakan setiap malam, sebelum mau tidur.

Rekomendasi Produk:

TBS Tea Tree Skin Clearing Facial Wash – Rp 109.000,00

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash – Rp 30.000,00

Himalaya Purifying Neem Face Wash – Rp 25.000,00

2. Pelembab

pelembab

Kamu tahu nggak, semakin kamu berusaha membuat wajah kamu nggak berminyak (misalnya, digosok dengan cuka atau alkohol!), wajah kamu justru akan TAMBAH berminyak? Soalnya, kalau kulit kamu dehidrasi, sebum (minyak) di wajah kamu secara otomatis akan berproduksi ekstra keras, agar wajah kamu nggak kekeringan.

Jadi, kulit berminyak itu bisa jadi indikasi bahwa kulit kamu sebenarnya dehidrasi, sob! Wow, berlawanan banget, ya, dengan pemikiran selama ini! But it’s the truth.

So, biarpun kulit kamu nggak kering, gunakanlah pelembab wajah secara rutin agar sebum (minyak) di wajah kamu nggak berproduksi secara berlebihan.  Pilih pelembab yang ringan dan nggak lengket, lalu gunakan tipis-tipis di wajah dan badan.

Rekomendasi Produk:

Citra Hazeline Pearly White UV – Rp 28.500,00

Ponds Flawless White Visible Lightening Day Cream SPF 18/PA++ – Rp 70.000,00

3. Tabir surya (sunscreen) ber-SPF

pelembab

Miskonsepsi terbesar tentang fungsi tabir surya adalah supaya kulit nggak menggelap. Salah, sob! Kalau kulit terpapar sinar matahari, otomatis pasti menggelap, kok. Nah, fungsi tabir surya adalah untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari, karena sinar UV bisa berakibat buruk untuk kulit, bahkan menyebabkan kanker. Apalagi indeks UV rata-rata di Indonesia, tuh, tinggi banget. Resiko terkena kanker kulit pun semakin tinggi. Hiii!

Miskonsepsi lain tentang tabir surya adalah dia nggak perlu dipakai kalau kita beraktivitas di dalam ruangan. Wrong again! Sinar UV bisa menembus kaca, bahkan pakaian, lho. Intinya, selama kamu masih terkena sinar matahari, meskipun cuma lewat jendela mobil atau gedung, kamu tetap memerlukan tabir surya.

FYI, anjuran pemakaian yang benar adalah mengoleskan kembali tabir surya setiap beberapa jam sekali, tergantung kandungan SPFnya. Misalnya, SPF 20 dapat melindungi kulit selama kurang lebih 60 menit, sedangkan SPF 30 dapat melindungi kulit selama kurang lebih 80 menit. Jadi kalau malas bolak-balik reapply, pilih produk yang mengandung SPF tinggi, agar kulit kamu terlindung lebih lama.

Kalau kamu malas memakai tabir surya karena merasa formulanya lengket atau karena penggunaannya ngerepotin, sekarang ada banyak banget produk tabir surya yang formulanya ringan, adem, dan berbentuk spray sehingga lebih praktis digunakan.

Intinya, kalau kamu sering terkena sinar matahari, kamu wajib banget pakai tabir surya setiap hari. Jangan takut diledek kegenitan ya, bro! Demi kesehatan, kok, bukan demi kegantengan.

Rekomendasi produk:

Wardah Sunscreen Gel – Rp 28.500,00

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA+++ – Rp 140.000,00

Skin Aqua UV Moisture Milk – Rp 33.000,00

Loreal UV PERFECT AQUA ESSENCE CITY FACE MIST SPF50+ | PA++++ – Rp149,000,00

Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel ­­– Rp 26.000,00

4. Lip balm

lip balm

Yes, lip balm, bukan lipstick! Harap pahami kalau dua benda ini adalah benda yang berbeda, wahai para cowok clueless.

Bibir kering dan pecah-pecah adalah problem yang universal, alias bisa dialami cewek maupun cowok. Penyebab bibir kering dan pecah-pecah bisa macam-macam, termasuk perubahan cuaca, dehidrasi, atau kurang mengonsumsi makanan berserat.

Kalau bibir sedang kering, ngaku aja, kamu pasti jadi sering membasahi bibir dengan air liur. Padahal ternyata hal ini bisa bikin bibir tambah kering, lho! Kalau sudah begitu, kamu pasti jadi gemas untuk ngeletekin kulit kering di bibir, yang mana agak jijay, ya, sob. Apalagi kalau bibir kamu sampai berdarah.

Untuk menghindari hal tersebut, coba gunakan lip balm secara rutin. Sekarang lip balm banyak yang nggak berwarna dan nggak ada rasanya, kok! Kalau kamu malas memakai pelembab bibir karena khawatir bibir kamu kelihatan berminyak seperti abis makan gorengan, pilihlah lip balm dengan hasil yang nggak mengilap. Atau, kamu bisa menggunakan lip balm setiap sebelum tidur malam saja.

Tentunya, jangan lupa untuk banyak minum air putih serta mengkonsumsi sayur dan buah, ya!

Rekomendasi produk:

Sebamed Lip Defense SPF 30 – Rp 48.000,00

Nivea Lip Butter Orginal – Rp 30.000,00

Vaseline Lip Theraphy – Rp 40.000,00

Viva Cosmetics Moisture Balm Chic on Lips – Rp 14.000,00

5. Masker wajah

masker wajah

Sah-sah aja, kok, kalau cowok mau menjaga kesehatan kulit wajah dengan rutin. Bukan berarti harus nyalon tiap hari, lho, gaes! Merawat kulit wajah itu sebenarnya gampang, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker wajah.

Salah satu keunggulan masker adalah, dia bisa menolong 1001 problem kulit wajah. Entah kulit wajah kamu terbakar matahari, berminyak, jerawatan, atau terlalu kering, pasti ada tipe masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan kamu tersebut.

Maskerin wajah juga bisa bikin relaksasi, lho. Cobain, deh, pakai masker yang punya efek cooling dan calming. Pasti kamu bakal terlena dengan efek dinginnya dan aromanya yang menenangkan.

Rekomendasi produk:

Erha Collagen Mask – Rp 19.000,00

Acnes Tea Tree Oil Clay Mask – Rp 20.000,00

Himalaya Clarifying Mud Mask – Rp 27.000,00

6. Dry shampoo

dry shampoo

Youthmanual paham kalau kadang-kadang kamu nggak sempat keramas akibat terlalu sibuk... atau karena memang malas mandi aja, hihihi. Namun karena kita tinggal di daerah tropis, susah rasanya kalau cuma keramas 1-2 kali dalam seminggu. Rambut pasti langsung lepek berat!

Nah, kalau kamu nggak mau, nggak sempat, atau memang malas sering-sering keramas tapi nggak mau rambut jadi lepek atau bau, coba pakai dry shampoo, deh.

Sesuai namanya, dry shampoo adalah sampo kering yang pemakaiannya nggak perlu dibilas, dan biasanya berbentuk spray.

Sebelum dry shampoo ngetren, sebenarnya cewek-cewek bule berambut pirang sudah lama hobi menaburkan bedak talk ke kulit kepala mereka, kalau rambut mereka lagi lepek tetapi nggak sempat keramas. Bedak akan menyerap minyak di kulit kepala, sehingga rambut mereka nggak kelihatan lepek lagi. Kenapa hanya cewek berambut pirang? Karena kalau bedak talk ditaburkan ke rambut berwarna gelap, rambut jadi kayak ubanan atau ketombean, dong!

Komposisi dry shampoo zaman sekarang biasanya terdiri dari ekstrak jagung, beras dan havermut yang bisa membantu menyerap minyak rambut.

Gimana, sih, cara pakai spray dry shampoo ini? Tinggal kocok botolnya, trus semprotkan pada rambut yang kering dengan jarak 30 - 40 cm. Setelah itu, kamu bisa memijat-mijat kulit kepala sedikit, sambil menunggu dry shampo benar-benar menyerap pada kulit kepala.

Harus diingat, dry shampoo ini tetap nggak bisa menggantikan fungsi sampo biasa, ya! Soalnya, dry shampoo nggak bisa membersihkan kulit kepala. Hanya sekedar untuk menyerap minyak sementara.

Cucok, nih, buat cowok-cowok gondrong yang merasa rambutnya jadi girly dan nggak keren setelah habis keramas, tapi nggak mau rambutnya bau, hihihi.

Rekomendasi produk:

Batiste Dry Shampoo Original – Rp 75.000,00

Percy & Reed Radiance Revealing Invisible Dry Shampoo – Rp 250.000,00

Etude House Oh My God Dry Shampoo – Rp 128.000,00

(sumber gambar: fashionbeans.com, indianherbalcare.com, tokopedia.net, blogspot.com, wheretogetit.com, bigcommerce.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Deni Y | 1 hari yang lalu

apakah saya bisa berkontak dengan Pak Dimas

Profesiku: Kurator Musik, Dimas Ario
miaaa | 4 hari yang lalu

Assalamualaikum minn Saya baru masuk Smt 3 nih min saya mau ambil 24 SKS masing² 2 SKS per matkul Saya berencana memadatkan jadwal saya hanya Senin-Kamis aja Jadi dalam shari ada 4 matkul Apa itu wort it atau bagaimana Saran dong min

Strategi Mengisi KRS: Memilih Mata Kuliah dan Menentukan Jumlah SKS
mustika | 5 hari yang lalu

Open pp/endorse : Klik Link Ig : https://www.instagram.com/naaan_n_n_/ cek ig : naaan_n_n_

Serba-Serbi dan Cara Seputar Meng-Endorse dan di-Endorse di Media Sosial
Gina Ajeng | 5 hari yang lalu

Kalo aku maba dr kampus sdh otimatis

SKS dan KRS Itu Apa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1