Jaket Kuning Untuk Semua, Kisah Inspiratif Mahasiswa UI Peraih Beasiswa

Bagi yang sempat merasa hampir menyerah untuk masuk perguruan tinggi impian karena berbagai halangan khususnya biaya, baca  deh Jaket Kuning Untuk SemuaUniversitas Indonesia, kumpulan cerita mahasiswa Universitas Indonesia peraih beasiswa yang penuh perjuangan.

Salah satunya adalah kisah pemuda asal Yogyakarta, Gigih Prastowo. Pelajar SMK berakreditasi B ini tinggal bersama dengan kakek dan neneknya. Sejak belia ia sudah terbiasa berjualan untuk membiayai sekolah. Walau hidup pas-pasan Gigih Prastowo punya mimpi untuk kuliah di Fakultas Ekonomi UI. Ia belajar dengan sungguh-sungguh, sampai niat banget "menyelinan" ikutan kuliah umum bidang Ekonomi di Universitas Gadjah Mada.

Sayangnya, Gigih gagal masuk PTN. Ia lantas bekerja sebagai office boy di hotel. Banyak sekali skill yang ia dapatkan dengan bekerja. Namun Gigih tidak melupakan cita-citanya. Di sela waktunya, ia belajar mempersiapkan ujian masuk PTN idaman, Universitas Indonesia. Tahun depannya ia berhasil masuk prodi Manajemen Universitas Indonesia.

Mahalnya biaya kuliah sempat membuat ia gentar, namun Gigih tetap mencoba ke Jakarta. Ia mengurus persiapan masuk UI hingga mendapatkan keringanan biaya. Saat kuliah, ia pun mengikuti seleksi beasiswa dan berhasil memperolehnya. Alhasil semua biaya kuliah dan biaya hidup ditanggung beasiswa tersebut. Gigih pun memanfaatkan waktunya di kampus semaksimal mungkin.

“Ekspektasiku tentang UI memang terpenuhi, di sini aku sudah merasakan sekali conference  lokal, menjuarai lomba Marketing Plan tingkat nasional, menjadi Best Delegates di Conference Marketing terbesar di Indoneisia pada tahun pertama serta terlibat dalam berbagai kepanitiaan acara di FEUI yang membuatku menghapus dan mengubur jauh-jauh anggapan bahwa aku adalah bocah tak beruntung sejak kecil,” ungkap Gigih.

Itulah sekelumit kisah nyata yang diangkat dalam buku Jaket Kuning Untuk Semua. Buku ini berisi kumpulan pengalaman para mahasiswa UI dengan segala rintangan dan keterbatasan dalam mengejar cita-cita. Tak sekadar enak serta ringan dibaca, free ebook ini juga memberikan motivasi pada kamu yang akan kuliah, terutama yang terkendala biaya.

Kamu juga bakalan tahu nih, seperti apa tipe mahasiswa yang mengejar dan berhasil mendapatkan beasiswa, serta apa saja yang mereka usahakan. Banyak hal menarik yang bisa dijadikan masukan serta pelajaran saat membacanya.

Menariknya lagi, buku ini memuat 23 cerita mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi. Beberapa di antaranya juga membocorkan bagaimana cara mereka sukses menembus prodinya. Semua dikisahkan dari sudut pandang orang pertama.

Selain kisah Gigih office boy yang masuk Manajemen UI, masih ada cerita anak penjual salak jadi mahasiswi Kedokteran, korban broken home dengan prestasi gemilang di FISIP UI, serta banyak lainnya. Ya, Jaket Kuning Untuk Semua ingin menyampaikan pesan bahwa semua orang berhak mendapatkan pendidikan. Dan walaupun ada seribu aral merintang, masih ada sejuta jalan keluar, asalkan bertekad kuat dan berusaha.  

Semangat!

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1