Joanne: Album Terbaru Lady Gaga yang Mengajarkan Kamu Bahwa Putus Cinta Bukanlah Akhir Dari Segalanya

I’m a loyal Little Monster, alias penggemar beratnya Lady Gaga. Maka ketika album Joanne rilis akhir bulan Oktober lalu, pastinya saya semangat banget untuk langsung mendengarkan seisi albumnya.

Berhubung gosipnya Lady Gaga baru “putus” dengan mantan tunangannya, Taylor Kinney, ekspektasinya, sih, album ini bakal dipenuhi dengan tipikal lagu-lagu patah hati pasca putus cinta. Galau-galau gitu, lah. Tapi ternyata... saya salah besar!

Lagu-lagu di album Joanne terasa beda banget dibandingkan lagu-lagu di album-album Lady Gaga yang sebelumnya. Nggak ada lirik-lirik pop dangkal ataupun musik elektronik edgy khas Lady Gaga. Album ini kental dengan musik yang lebih “menenangkan” seperti jazz dan country yang pas didengarkan sambil malas-malesan di kasur sebagai musik untuk menemani waktu belajar kamu.

1

Eniwei, balik lagi ke perihal putus cinta dan mantan. Lady Gaga mengaku kalau Joanne terinspirasi dari pengalaman pribadi dan perjalanan hidup yang dia alami akhir-akhir ini, KECUALI pengalaman putus cinta.

Lady Gaga bilang, ada banyak hal yang jauh lebih penting dalam hidup ini dibandingkan berlarut-larut nangisin mantan. Makanya, “pesan” album ini cocok banget buat kamu yang abis putus dan merasa bahwa dunia berhenti berputar. Just stop thinking that way!

Lirik-lirik di album Joanne mengajarkan kamu untuk melupakan mantan dan rasa sakit hati dengan cara yang classy. Maka nggak ada, tuh, lirik-lirik semacam “mantan gue ke laut aje!”.

Dari album Joanne, berikut tiga pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari pengalaman Lady Gaga setelah putus cinta.

1. Lebih baik fokus kepada hal-hal positif dalam hidup

2

Iyah, paham, putus cinta tuh emang berat. Tapi salah banget kalau gara-gara putus cinta, kamu jadi merasa hidup kamu jadi nggak berarti lagi.

Dalam wawancaranya di salah satu stasiun radio, Lady Gaga bercerita bahwa judul album Joanne diambil dari nama tantenya yang sudah wafat karena penyakit Lupus. Selama masih hidup, Tante Joanne nggak pernah berhenti menyerah untuk melawan penyakitnya. Beliau bahkan nggak mau menunjukkan penderitaannya, karena dia percaya hal itu hanya akan memperburuk keadaan—baik dirinya sendiri maupun pada orang-orang di sekitarnya.

Nah, dari tantenya tersebut, Lady Gaga sadar bahwa masih banyak hal positif yang patut disyukuri dalam hidup ini, daripada terus-terusan meratapi kenyataan yang pahit. Gaga pun lebih memilih untuk fokus kepada hal-hal tersebut.

Mantan itu cuma sepersekian persen dari keseluruhan hidup kamu, gaes. Nggak ada do’i, bumi masih berputar, dan masih banyak orang di sekitar kamu masih bisa membuat kamu tersenyum.

2. Lakukan apa yang membuat kamu senang

Album Joanne banyak dikritik oleh para penikmat musik Lady Gaga yang terdahulu. Katanya, sih, musiknya "nggak Lady Gaga banget".

Padahal Joanne terinspirasi dari hal-hal positif yang membuat Lady Gaga bisa ngelupain sedihnya setelah putus.

Dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-temannya, Gaga mempelajari banyak hal baru yang membuat hidupnya lebih berarti, seperti persahabatan dan kekeluargaan yang dituangkannya dalam lagu-lagu seperti Grigio Girls, Come to Mama, dan Joanne. Dan dia mengaku enjoy banget menggarap album ini, nggak seperti album-albumnya  terdahulu yang dia anggap “musik pop yang enak didengar, tapi terasa kosong”.

Lagian, kalau kamu membuat sesuatu yang kamu suka, tapi merasa karya kamu tersebut nggak disukai orang-orang, ya udahlah. Selama kamu nggak mengganggu mereka, who are they to judge?

3. Harapan itu masih ada!

4

Sehabis putus, biasanya kamu ngapain, sob? Nangis di bawah hujan? Dengerin lagu sendu? Delete semua kontak mantan? Jelek-jelekin do’i? Play victim?

Kalau kamu udah dengerin lagu Perfect Illusion, kalem dulu, lagu itu nggak bermaksud untuk nyinggung sang mantan, kok. Menurut Lady Gaga, setelah putus baik-baik, nggak ada alasan buat Gaga untuk menjelek-jelekan mantannya ataupun mengasihani dirinya sendiri. Bahkan dia stay positive dan percaya kalau harapan untuk memperbaiki keadaan itu masih ada!

Nggak percaya? Coba, deh, dengarkan lagunya yang Million Reasons. Walaupun ada banyak alasan klise yang bikin kamu mau ninggalin pacar kamu, kamu cuma butuh satu satu alasan yang membuat kamu mau tetap bertahan. Aih.

***

Tuh, gaes, daripada ngeratapin mantan, lebih baik kamu dengerin Joanne sealbum sambil fokus belajar, biar tembus seleksi ke universitas dan jurusan impian, hihihi.

Semangat!

(sumber gambar: slantmagazine.com, breatheheavy.com, rollingstone.com, today.com, promicabana.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Rafli Ali Rabani | 6 hari yang lalu

kak antara farmasi klinik dengan farmasi industri mana sih yg peluang kerja paling mudah diterima?

Serba Serbi Pilihan Konsentrasi yang Ada Di Jurusan Farmasi
Siti Aisyah | 17 hari yang lalu

Jam operasional instagram nya? Buka hari apa dan sampai jam brp ya?

Inilah Kantor Baru Instagram yang Instagramable dan Hip
Afifa Chanza Zahran | 18 hari yang lalu

Tes minat bakatnya dimana ya sara cri kok gada

Tes Minat Bakat dan Cek Kesesuaian Prodi Kuliah, Gratis Untuk Anak SMA!
Ahmad Ridwan | 1 bulan yang lalu

ini sangat bermanfaat buat anak muda mau sukses

Personal Branding: Berkarya Bukan Bergaya
Robiatul Awaliyah | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse mulai dari 10rb Bisa dm ke @robiatulawlyh

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1