7 Ciri-Ciri Cina Kota

Oleh Mariska Tracy, alias Uung, mantan jurnalis di sebuah majalah remaja, tukang nulis buku, tukang lomba makan, dan seorang blogger. Seorang warga Indonesia keturunan Cina and damn proud of it!

Selama ini, yang kita tahu tentang Cina Kota (Cinko) adalah warga keturunan Cina di Jakarta yang berdomisili di Jakarta Barat, Utara dan sekitarnya. Ciri-ciri fisiknya adalah bermata sipit, berkulit putih atau kuning, rambut dicat merah atau kuning, gondrong kayak pemeran Meteor Garden, suka pamer motor, gemar pake kalung salib besar, tindikannya banyak, hobi pamer dada dan masih banyak ciri lainnya yang mencolok.

Tapi pengertian Cinko bukan cuma dari ciri-ciri di atas, karena Cinko itu nggak melulu dilihat dari penampilan fisik. Perilaku juga harus diperhatikan.

Kak Uung pun mempelajari hal ini selama seminggu dan akhirnya menemukan 7 ciri-ciri Cinko, yaitu:

1. Suka Pakai Marga Cina di Belakang Nama

Maksudnya, menambahkan marga Cina secara informal, misalnya di nama akun media sosial dan sejenisnya. Padahal nama depannya, sih, Indonesia banget. Misalnya Mariska Wu, Mariska Wang, Mariska Chang, Mariska Liem dan sebagainya. Mungkin biar orang-orang paham kalau mereka itu memang punya darah Cina, bukan Cina abal-abal.

Ada juga beberapa seleb yang menambahkan marga Cina di belakang nama mereka, padahal mereka nggak berdarah Cina sama sekali. Cuma supaya nama mereka catchy kali, ya, macam Vicky Shu atau Mulan Kwok (nama lama Mulan Jameelah ketika masih bergabung di grup Ratu).

Tapi nggak semua Cina sengaja mengubah nama gini, kok. Bisa aja nama asli yang tercantum di KTP dia memang ada marga Cinanya. Kalau begitu, oknum tersebut nggak bisa disebut Cinko.

2. Gestur Berubah Ketika Ngomongin Bisnis

Suka liat engkoh-engkoh nongkrong di rumah makan sekitar Mangga Besar? Awalnya, mereka duduk tenang sambil makan, ngobrol dan ketawa-ketawa. Tapi, tiba-tiba gestur tubuhnya berubah. Entah itu tolak pinggang, menegakkan badan atau angkat kaki dengan gaya agak songong.

Bukan, mereka bukan lagi kesurupan! Perubahan mendadak ini biasanya terjadi kalau topik pembicaraan mereka belok ke seputar bisnis dan uang. Semacam refleks aja, gitu.

Nggak heran, ya, kalau uang dibilang bisa mengubah manusia. Baru diobrolin aja udah bisa bikin gaya orang jadi agak songong. Apalagi kalau dipegang!

3. Hobi Les

Yap, rata-rata Cinko memang doyan les atau kursus, apalagi  zaman sekarang. Bagi yang sudah berkeluarga dan punya anak, mereka suka banget mendaftarkan anak-anaknya les ini-itu, di luar pelajaran sekolah. Basa-basinya, sih, selain supaya skill bertambah, juga agar anak-anak bisa mengatur waktu dengan baik antara sekolah dengan kegiatan di luar sekolah. Padahal, begitu dijalanin, anak-anak bukannya makin disiplin, otak malah makin mumet dan bawaannya pingin liburan. Stres!

Tadinya, gue pikir cuma anak sekolah yang gemar les. Ternyata banyak juga orang dewasa Cinko yang masih gemar les. Misalnya, les piano seminggu sekali sehabis jaga toko. atau les biola sehabis pulang kerja. Padahal mungkin mereka juga nggak punya ambisi untuk serius di bidang musik. Entah kenapa, hobi aja!

4. Pelanggan Setia Foto Studio

Gue termasuk salah satu Cina yang hobi foto studio sejak kelas 1 SMA. Kalau bisa, setiap tahun gue mau foto studio supaya bisa tahu perubahan muka gue dari masa ke masa. Biar nantinya juga bisa dikasih liat ke anak dan cucu. Gue pengen kasih liat ke mereka, kalau ibu dan nenek mereka ini beken, modis, keren, eksis dan gahul ketika muda!

Temen-temen gue di kantor (yang kebanyakan pribumi) pernah menilai bahwa kebiasaan gue ini adalah kebiasaan cewek-cewek Cina pada umumnya.

youthmanual 7 ciri cina kota

Gue rasa, pendapat itu ada benarnya. Cobalah kalian telepon ke Muse Photography Kelapa Gading. Pasti mereka akan menyapa kalian dengan panggilan ‘Cici’ atau ‘Koko’. Padahal ngeliat muka aja nggak. Kenal juga belum.  Ini membuktikan bahwa populasi yang memesan paket studio di sana sebagian besar adalah Cinko. Dan wajah model-model yang dipajang di sana adalah cewek dan cowok Cina.

5. Fashion Cowok = Kaos Ketat + Kacamata + Rambut Cepak, Cewek = Rambut Wajib Dicat + Contact Lenses

Sebenarnya, cowok Cinko itu rambutnya nggak selalu gondrong dan dicat warna-warni, sih. Banyak juga yang rambutnya hitam dan dicepak. Kata orang, sih, cowok yang rambutnya dicepak itu kegantengannya meningkat 50%.

Untuk memamerkan bentuk badan, biasanya mereka juga suka pakai kaos ketat. Apalagi kalau udah jadi member di tempat gym sehingga punya dada serta bisep yang indah. Sementara, untuk meningkatkan kesan pintar, mereka suka menggunakan kacamata. Ya, mungkin emang udah minus dari sananya juga, sih (walaupun belum tentu).

Sedangkan cewek-cewek Cinko suka banget nge-cat rambut mereka dengan berwarna-warni, nggak peduli apakah model rambutnya bob, lurus atau keriting. Kayaknya nggak lengkap kalau rambut cuma hitam. Untuk membuat mata sipit jadi lebih imut, mereka pun menggunakan contact lenses yang diameternya melebihi bola mata. Biar terlihat seolah-olah punya mata belo dan agak-agak ulzzang gimanaaa, gitu. Kayaknya, sih, hal ini banyak terpengaruh dari serial drama Korea atau musik K-Pop yang lagi booming banget!

6. Kecantikan Buat Cewek adalah Karier

Ketika cowok lahir dalam keadaan kurang ganteng, umumnya orangtua bakal ikhlas dan biasa aja. Dalam kasus orangtua Cinko, biasanya mereka bakal menghibur hati sendiri dengan pemikiran ini:

Nggak apa-apalah anak cowok nggak ganteng. Yang penting pas gede bisa sekolah yang pinter dan cari duit yang banyak. Cewek-cewek juga nanti bisa suka.

Kayaknya nggak pernah, deh, terbesit di benak para orangtua untuk nyuruh anak cowoknya operasi plastik ketika sudah dewasa. Soalnya orang pasti mikir, buat apa cowok dibikin ganteng tapi nggak bisa apa-apa? Apalagi nggak punya kemampuan buat cari duit. Makan, tuh, ganteng!

Sementara, kalau anak cewek lahirnya nggak cantik, biasanya orangtuanya jadi sedih. Mereka menganggap anak cewek tersebut nggak punya masa depan.

Kalau punya anak cewek jelek, siapa yang mau kawinin dia nanti? Nanti dia juga bakal susah dapet kerja, karena mukanya kurang memadai.

Karena bagi para orangtua Cinko, kecantikan anak cewek itu adalah aset untuk mendapatkan segalanya. Kalau cantik ‘kan jadi gampang dapat pekerjaan, gampang dapat pacar, bahkan bisa ikutan beauty pageant macam Gadis Sampul, Puteri Indonesia, Miss Indonesia dan sebagainya. Makanya gue nggak heran kalau banyak orangtua yang nggak ingin anak ceweknya lecet sedikit pun.

Sebagai cewek, kita juga diajarkan untuk rajin merawat diri dari kecil, supaya tetep mulus sampe gede.

7. Lebih Mengutamakan Babi

Babi emang enak. Sayangnya, nggak semua kalangan bisa makan babi. Bersyukurlah para Cinko non Muslim yang bisa makan babi sepuasnya. Karena punya hak makan babi sepuasnya, nggak heran kalau Cinko itu lebih mengutamakan babi ketimbang daging lainnya. Coba aja kalau makan di resto non-halal. Ketika si pelayan resto datang menawari pilihan mau pake babi atau ayam, pasti mereka pilihnya babi! Padahal, daging ayam kan nggak kalah enaknya dibandingkan dengan daging babi.

Buat apa pilih ayam, kalau ada yang lebih enak? Sayang, lah, kalau ke sini nggak makan babi!

Artikel disadur dari sini

(sumber gambar: Mariska Tracy, kjtamusings.wordpress.com, Aliexpress)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 17 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1