Hal-Hal yang Jadi Goals Generasi Milenial – Beda Banget sama Generasi Zaman Dulu!

Youthmanual udah banyak banget membahas soal Generasi Milenial. Dari mulai kecangihan mereka terhadap teknologi, etos kerja, sampai pendapat-pendapat positif dan negatif soal generasi yang katanya serba cepat ini.

Dari sisi sikap, survei Crowd DNA juga menunjukkan bahwa Generasi Milenial adalah anak muda yang optimis. 92% dari anak muda yang disurvei merasa mereka bisa melihat sisi positif dalam setiap situasi, dan 86% yakin generasinya akan mengubah dunia. Mereka pun peduli kepada isu global, dan kepengen belajar tentang budaya dan negara lain.

Nyaris semua berniat bekerja keras untuk mencapai tujuan hidupnya (96%) dan merencanakan masa depan mereka (62%). Well, asal nggak cuma sebatas niat dan rencana ya, gaes!

Generasi Milenial di Amerika Serikat juga nggak berbeda jauh, nih. Keinginan mereka terhadap target yang ingin dicapai bergeser dari generasi sebelumnya. Berdasarkan laporan dari the U.S. Census Bureau, mereka lebih perhatian sama kondisi ekonomi dan pendidikan dibandingkan hubungan sosial, terutama soal cinta-cinta dan perjodohan. Wuih! Mantabs!

Apa aja hal-hal yang jadi goals atau target para anak muda milenial ini? Yuk, simak!

1. Karier dengan jam kerja yang fleksibel dan kesempatan untuk berdiskusi dengan atasan

Menurut saya, Generasi Milenial nggak lagi memikirkan berapa banyak gaji yang bisa mereka dapat. Lebih daripada itu, selain materi, mereka mempertimbangkan pengalaman seluas apa dan kesempatan seperti apa yang bisa mereka dapatkan dari karier tersebut.

Selain itu, mereka senang banget kalau jam kerja bisa fleksibel dan bekerja jarak jauh alias remote working. Menurut mereka, fleksibilitas waktu dan tempat merupakan salah satu fasilitas yang layak untuk diperhitungkan.

Generasi Milenial juga jauh lebih kritis daripada generasi sebelumnya. Kalau mereka diberi tugas atau pekerjaan, mereka akan terlebih dahulu menganalisanya dan nggak malu-malu berdiskusi dengan atasan. Andiyasari dan Pitaloka (2010) menjelaskan, anak muda Generasi Milenial mengalami desentralisasi pemerintahan, bisa menikmati demokrasi dan kebebasan pers, serta terbiasa dengan protes sosial terbuka.

In other words, Generasi Milenial terbiasa mengutarakan pendapatnya di publik dengan bebas, entah itu pendapat positif, negatif, mendukung, ataupun menyerang. Pantesan komen di Instagram artis rame banget yah, gaes. Generasi Milenial memang nggak ragu untuk memuji, mencela, dan jualan di publik, hihihi.

2. Ingin berkontribusi untuk lingkungan

Generasi MIlenial jauh lebih peduli sama kesehatan, lho. Mereka lebih rajin berolahraga, makan sehat dan ingin membawa perubahan untuk lingkungan.

Makanya, makin banyak kegiatan volunteer di bidang lingkungan yang diisi sama anak-anak muda.

3. Segala sesuatu yang lebih praktis

Fasilitas transportasi, cara berbelanja, bahkan percakapan yang praktis juga menjadi goals dari Generasi Milenial. Nggak kayak anak zaman dulu, anak muda sekarang nggak doyan bertamu ke rumah orang atau melakukan percakapan via telepon.

Dan ternyata, Generasi Milenial… masih anak mama banget! Soalnya, 38% dari 7,757 perbincangan dengan anak muda yang disurvei menunjukkan bahwa mereka masih memakai uang ibu untuk berbelanja. Wakwakw! Malu ah, gaes! Apa nggak pengen lebih mandiri? Usaha-usaha sendiri apa gitu, buat nambah-nambahin uang jajan?

4. Gadget mutakhir dan internet cepat

Nah, goal yang ini sih udah jadi rahasia umum, gaes!

Generasi Milenial nggak terlalu peduli sama investasi jangka panjang. Buat mereka, membeli gadgets yang mutakhir dan membayar lebih untuk jaringan internet yang cepat jauh lebih penting. 

5. Karier, bukan jodoh

Salah satu yang paling fenomenal dari goals Generasi Milenial adalah soal pendidikan. Mereka peduli sekali sama pendidikan yang mereka tempuh. Bahkan, penelitian di Amerika menyebutkan bahwa 55% dari mereka menikah dengan melihat latar belakang pendidikan pasangan dan mereka nggak begitu concern kapan bakal punya anak.

Ini jelas berbeda banget sama generasi yang hidup di tahun 70-80an. Cewek yang belum menikah di atas usia 28 tahun udah panik dan setelah menikah, mereka biasanya langsung memilih tinggal di rumah dan berhenti bekerja.

***

Gimana? Bener nggak, sih, goals Generasi Milenial seperti yang disebutkan di atas?

 

(Sumber gambar: martinoflynn.com, corednacdn.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1