Menu

Harga Rokok di Indonesia Naik 10 Kali Lipat. Setuju?

Menurut The World Bank, banyak studi menunjukkan bahwa kenaikan pajak rokok—yang otomatis bikin harga sebungkus rokok melambung juga—menurunkan jumlah perokok serta menurunkan angka kematian akibat rokok.

Trus, golongan perokok yang paling banyak terpengaruh sama kenaikan harga rokok adalah perokok generasi muda. Jelas lah, ya. Daripada buat beli sebungkus rokok yang mahal, uang saku mending dipakai buat beli pulsa, jalan-jalan, atau belanja online deh, sis!

Makanya, berbagai kawasan—terutama di negara maju—berlomba-lomba menaikkan pajak rokok. Di Melbourne Australia, misalnya, harga sebungkus  rokok Marlboro di atas dari Rp250,000, lho! Sementara di London dan New York, harganya sekitar Rp180,000. Malah kabarnya, pemerintah Australia akan menaikkan lagi pajak tembakau mereka, sehingga harga sebungkus rokok di sana bisa nyaris mencapai Rp400,000.

Giling, muahal amat? Bisa kali, buat belanja di Zara?! Well, pemerintah Australia, sih, merasa harga kesehatan warganya jauh lebih mahal, ya. Apalagi kalau kenaikan harga ini bisa mengurangi angka perokok, terutama perokok generasi mudanya. Lagian uang hasil pajak tembakau yang tinggi itu bisa dipakai untuk hal-hal bermanfaat, seperti penanggulangan penyakit serta menambah fasilitas kesehatan.

rokok

Nah, kalau harga rokok di Indonesia berapaan, sih? Di Jakarta, harga sebungkus rokok Marlboro nggak nyampe Rp20,000, aja cuy! Murah! Apalagi kalau cuma beli sebat, yekan?

Nggak heran kalau harga rokok di Indonesia adalah yang paling murah sedunia. Pantesan perokok di Indonesia semakin “meriah” juga!

Akibatnya nggak usah ditanya. Angka pengidap penyakit akibat rokok di Indonesia terus menanjak. Belum lagi perokok pasif yang jadi korban *cry*.

Coba, deh, liat daftar perbandingan harga rokok di berbagai belahan dunia yang dirangkum media Business Insider tahun 2015 lalu.

youthmanual - harga rokokIndonesia, paling buncit amat?

Setuju nggak kalau pajak rokok di Indonesia dibuat jadi lebih tinggi, dan harga rokok di Indonesia dinaikkan 10 kali lipat, bahkan 20 kali lipat seperti di Australia? SAYA, SIH, SETUJU!

Selamat Hari Tanpa Tembakau Sedunia!

(sumber gambar: voaindonesia.com, blog-netizen.com, businessinsider.com)

LATEST COMMENT
Genius Revanza | 16 jam yang lalu

Wahhhh bagus ni kak artikel nya next sma sama smk kak hehe

5 Kemampuan yang Sama-Sama Dimiliki Anak IPA dan IPS
Khusnul Khotimah Hamzah | 5 hari yang lalu

Temen²ku juga kayak gitu. Malahan mereka udah janjian dari awal, nanti pas presentasi gak usah ada yang berpendapat macam². Padahal kan kita mau diskusi itu berjalan supaya semuanya paham :(

6 Sifat yang Harus Kamu Hindari Agar Kamu Dapat Meraih Kesuksesan
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©