Info Terkini Seputar SBMPTN 2017: Dari Mekanisme Pendaftaran Sampai Perubahan Daya Tampung Perguruan Tinggi Favorit

Nggak kerasa, ya, masa-masa say goodbye kamu ke seragam putih-abu sudah di depan mata. Di hari terakhir Ujian Nasional ini, kamu nggak boleh kasih celah buat nyantai-nyantai merancang masa depan kamu. Masa SBMPTN akhirnya dateng, nih!

Buat kamu para calon mahasiswa baru yang akan menjadi pejuang SBMPTN tahun ini, Youthmanual punya informasi terkini seputar SBMPTN 2017 yang dirangkum khusus untuk kamu. Cekidot!

1. Pendaftaran SBMPTN 2017 telah dibuka sejak hari Selasa (11/4) pukul 08.00 WIB dan akan ditutup sampai kurang lebih satu bulan setelahnya, yaitu pada hari Jumat (5/5) pukul 22.00 WIB. Pendaftaran dapat dilakukan secara online di website resmi SMBPTN dengan format ujian yang bisa kamu pilih berupa Paper Based Test (PBT) atau Computer Based Test (CBT).

2. Berdasarkan informasi dari panitia pusat, kuota peserta yang dapat mengikuti CBT tahun ini meningkat dari 25.000 menjadi 30.000 peserta. Kamu yang sudah mengikuti UNBK, sangat disarankan untuk memilih format ujian CBT karena akan lebih mempermudah kamu dari segi teknis.

sbmptn 2017

3. Peserta yang diperbolehkan untuk mengikuti SNMPTN adalah siswa SMA/SMK/MA atau sederajat kelulusan tahun 2017, 2016, dan 2015, atau yang sudah lulus ujian paket C di tahun yang sama. Buat kamu yang belum lulus atau sudah lulus sebelum tahun-tahun yang dipersyaratkan, sorry, you’re not allowed to take participate in.

4. Kedua format ujian (PBT dan CBT) dilaksanakan serentak pada tanggal 16 Mei 2017, dan tes keterampilan untuk program studi seni dan olahraga dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Mei 2017. Untuk kamu yang berminat mengikuti CBT, disarankan untuk mendaftar secepatnya, ya. Soalnya kuota untuk CBT sangat terbatas, dengan kisaran 500-3000 kursi yang ditetapkan oleh setiap Panitia Lokal (Panlok).

5. Tahun ini, peserta SBMPTN boleh mendaftarkan diri ke paling banyak tiga pilihan program studi yang tentunya diurutkan sesuai prioritas. Jika kamu hanya memilih satu program studi, kamu boleh memilih PTN mana pun. Jika kamu memilih dua atau tiga program studi, salah satunya harus berada di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian.

6. Jangan lupa, setelah kamu menyelesaikan pendaftaran online SBMPTN, segera lakukan pembayaran di Bank BNI atai Bank BTN terdekat agar nomer pendaftaran kamu nggak hangus dan nggak harus mengulang pendaftaran lagi dari awal. Pembayaran harus dilakukan paling lambat tiga hari setelah mendaftar, karena menurut Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Ravik Karsidi, tahun lalu ada banyak calon mahasiswa yang kehilangan kesempatan cuma gara-gara terlambat melakukan pembayaran. Duh!

7. Meskipun jumlah Panitia Lokal sama seperti tahun lalu (42 Panlok), jumlah PTN yang ada dalam Panlok SBMPTN bertambah dari menjadi 85 PTN, dengan adanya keikutsertaan dari ISI (Institur Seni Indonesia) dam ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia).

sbmptn 2017

8. Tahun ini, diperkirakan sebanyak kurang lebih 750.000 calon mahasiswa yang akan mengikuti SBMPTN di seluruh Indonesia, sedangkan daya tampung dari kuota akumulasi perkiraan adalah sebanyak 128.085 kursi. Artinya, peluang kamu untuk bisa lulus SBMPTN ini nggak lebih dari 17%. Ketat bingit!

9. Ngomong-ngomong soal kuota, pengurangan kuota SNMPTN dari panitia pusat ternyata cukup berpengaruh pada kuota penerimaan SBMPTN tahun ini. Meskipun kuota minimal adalah 30% dari total daya tampung keseluruhan masing-masing PTN, mereka diperbolehkan untuk menambahnya sesuai kebutuhan.

Tahun Ini, Universitas Indonesia‍ dan Universitas Udayana meniadakan Ujian Mandiri untuk S1 reguler, sehingga kuota penerimaan SBMPTN mencapai 70%, yaitu sekitar 3.382 kursi untuk UI dan 5.770 mahasiswa. Namun, Universitas Pendidikan Indonesia‍ dan Universitas Padjadjaran malah menurunkan jumlah daya tampung (bukan kuota, ya!) sebanyak hampir 800 dan 200 kursi untuk PTN masing-masing.

10. Ingat, pengurangan seleksi Ujian mandiri membuat beberapa PTN seperti Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya Institut Teknologi Sepuluh November menggunakan hasil SBMPTN sebagai seleksi masuk Ujian Mandiri, gaes. Jadi, tetap kerahkan usaha kamu semaksimal mungkin dalam mengikuti SBMPTN 2017 meskipun SBMPTN ujung-ujungnya (amit-amit!) nggak bisa menjadi jalan kamu menuju kampus impian.

*diolah dari berbagai sumber

Baca juga:

(sumber gambar: unjkita.com, blogspot.com, bogor.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1