Mengantisipasi Wacana Ujian Nasional Dimajukan ke Februari 2018, Ini Hal yang Harus Dilakukan Anak Kelas 12 Dari Sekarang

Gaes, udah pada tahu, belum, kalau ada wacana jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun depan akan dimajukan ke bulan Februari?

Yang suka kepo-kepo positif di sosmed pastinya udah tahu soal wacana ini. Yup, selain isu seputar penerapan UN berbasis komputer (UNBK) dan format soal UN yang akan “divariasikan” a.k.a berbentuk esai, isu satu ini kayaknya berhasil banget bikin anak-anak kelas 12 yang akan menjalani UN tahun ini kalang kabut.

Dan panik? Pastinya.

Meskipun belum ada sumber resmi yang mengkonfirmasi isu ini, sudah ada pihak sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya yang mulai ambil ancang-ancang untuk mempersiapkan siswanya menghadapi UN in case pelaksanaannya memang akan dimajukan, lho. Duh, gercep bingit, ya?

Berhubung ini masih sekadar wacana, wajar aja, sih, kalau nggak semua pihak langsung ambil pusing. Tapi, sebagai anak kelas 12 yang mampu merancang masa depannya dengan baik dan benar (aih), tentu nggak ada salahnya jika kamu berinisiatif untuk mengambil langkah antisipasi dari sekarang.

Terlepas dari pro dan kontra seputar wacana ini, ada hal-hal krusial yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasinya dari sekarang. Nah, daripada waktunya terbuang cuma buat mikirin 4 bulan lagi mau UN, ada baiknya kalau kamu…

1. Atur prioritas dan manajemen waktu untuk belajar

1

Mau jadwalnya dimajukan atau nggak, seharusnya wacana ini nggak akan memberatkan kamu selama menjalani kelas 12, kok. Jika dilihat dari sudut pandang lain, wacana ini sebenernya bakal ngebantu banget untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) segera setelah lulus SMA.

Kenapa?

Pertama, jika kamu berencana untuk mengikuti SNMPTN, waktu ini bisa kamu manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan performa nilai akademikmu sekaligus persiapan UN dalam satu waktu. Berhubung pelajaran UN sangat berkesinambungan dengan pelajaran sekolah, pastinya kamu nggak akan kesulitan untuk menguasai materi yang sama yang belum kamu pelajari untuk kedua ujian yang berbeda. Double kill!

Kedua, jika bisa diselesaikan lebih cepat, tentunya akan sangat menguntungkan kamu yang ingin menjadi pejuang SBMPTN. Sisa waktu yang ada bisa kamu gunakan untuk persiapan SBMPTN ataupun hal-hal lain yang terkait dengan persiapan masuk perguruan tinggi. Jadi nggak bakal ada lagi, deh, protesan anu-itu soal nggak siap ikutan SBMPTn gara-gara persiapannya yang mepet banget. Hihihi.

That’s why kamu harus menyusun skala prioritas dan manajemen waktu belajarmu dari sekarang. Yang tadinya masih bisa nyantai sebelum semester 5 berakhir, harusnya sudah bisa menentukan langkah strategis mengenai apa saja yang harus kamu lakukan dari sekarang.

Berhubung jadwal UN yang dipercepat, ada baiknya jika kamu memindahkan prioritasmu untuk mempersiapkan diri menjalani ujian ini menjadi lebih tinggi. Dari situ, kamu bisa atur strategi lanjutan seperti porsi waktu belajar dan metode yang bisa kamu lakukan dari sekarang untuk persiapan UN tanpa harus mengesampingkan prioritas lainnya, seperti SNMPTN, SBMPTN, atau bahkan ujian sekolah dan ujian praktik.

Nggak sulit, ‘kan?

2. Jangan tunda segala persiapan

2

Karena waktu yang tersisa nggak banyak, nggak ada alesan lagi untuk kamu nunda-nunda untuk memulai persiapan, gaes. Ingat, agenda kelas 12 tuh nggak cuma UN doang!

Lupain dulu, deh, serunya nongkrong bareng temen sepulang sekolah atau nyantai berlama-lama main medsos kalau kamu udah berkomitmen untuk bisa menjalani kelas 12 ini dengan mulus tanpa hambatan.

Nggak ada kata nggak siap kalau kamu bisa mempersiapkan diri sedini mungkin. Boleh aja, sih, kalau kamu anggap wacana ini sebagai beban. Tapi kalau kamu bisa lepas dari beban tersebut lebih cepat, pastinya akan terasa lebih baik, yes?

Lagipula, kamu nggak perlu terlalu panik kalau sampai wacana jadwal UN dimajukan ini terealisiasi, sob. UN kini hanya digunakan sebagai instrumen pemetaan, dimana kamu nggak usah takut kalau sampai “nggak lulus” UN. Nggak usah overthinking, apalagi sampai nekat pakai kunci jawaban agar UN biar nilainya bagus.

Intinya, ya… jalanin aja, shay. Selama kamu nggak kasih kendor dan mampu mepersiapkan diri dengan baik dari sekarang, wacana ini nggak bakal bikin kamu bergeming dari komitmenmu untuk menjalani kelas 12 yang menyenangkan lagi berfaedah.

Semangat!

(sumber gambar: dreamersradio.com, elevatecommunity.org, amazonaws.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1