Selamat Ujian Nasional, ya, Gaes! Berikut Serba-Serbi Ujian Nasional 2016

Hari ini, Senin 4 April hingga Rabu 6 April 2016 mendatang, teman-teman SMA akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Sementara dedek-dedek SMP akan menjalani UN mereka  bulan depan, 9-12 Mei 2016.

Inilah hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan UN 2016:

Kalau kamu menemukan kejanggalan, kecurangan, kekurangan fasilitas, atau apapun lainnya terkait penyelenggaraan UN, kamu bisa melaporkannya lewat email / telepon / SMS / situs / posko Layanan Informasi dan Pengaduan UN ini. Jadi masyarakat bisa sama-sama menjaga UN, ya. Kamu pun bisa meminta segala informasi UN di sini. Asal jangan nanya, "Besok ujiannya jam berapa?" apalagi, "Besok soalnya apa, ya?" Yaelah!

youthmanual un 2016

UN bukan (lagi) penentu kelulusan, lho! Jadi apa, dong, manfaat UN? Manfaatnya nggak cuma untuk prestasi diri sendiri, gaes, tetapi juga sebagai acuan dasar pengembangan pendidikan di Indonesia.

youthmanual un 2016

youthmanual un 2016

Soal jadwal, persyaratan, dan kis-kisi soal, harusnya, sih, peserta UN sudah "khatam" mengenai infonya, ya.

youthmanual un 2016

Dalam UN versi sistem Computer-Based Test (CBT), mata pelajaran yang diuji hanya SATU per hari, sementara dalam sistem biasa, mata pelajaran yang diuji ada dua per hari. Alhasil, durasi ujiannya lebih panjang. Ujian ini hanya dilakukan di beberapa sekolah yang ditetapkan dinas pendidikan provinsi. Soalnya, belum semua sekolah punya fasilitas yang memadai untuk CBT.

youthmanual un 2016

Intinya, sistem CBT lebih efisien dan efektif. Hanya saja fasilitas ini belum ada secara merata di Indonesia, dan dinilai tetap rawan kebocoran. Tapi, di masa depan, kayaknya sistem CBT inilah yang akan diterapkan.

Kalau ketahuan nyontek saat UN, gimana, tuh? Jangankan ketahuan mencontek. Pinjam alat tulis dan membawa handphone saat ujian berlangsung aja ada sanksinya. Trus, yang bisa kena sanksi nggak hanya peserta UN, lho, tetapi juga guru pengawasnya.

Nilai UN sendiri memakai angka. Nilai di atas 85 tergolong Sangat Baik, sedangkan nilai 55 ke bawah dianggap Kurang. Meskipun pastinya kamu mau mendapat nilai Sangat Baik, harus diingat bahwa UN nggak lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan. Masing-masing sekolah lah yang berwenang menentukan apakah siswanya lulus atau nggak. Biasanya sih, acuannya adalah performa si siswa selama bersekolah.

***

Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, sempat memberi pesan mengenai UN, "Yang dibicarakan saat ini adalah kejujuran, bukan lagi kelulusan. Ujian itu tidak menghalalkan segala cara. Ujian itu untuk mengetahui sampai sejauh mana capaian yang didapat." Ini sesuai dengan jargon UN, 'Prestasi Penting, Jujur yang Utama.' Good point, Pak!

Jadi ingat, gaes. Prestasi memang penting, tapi kejujuran lebih penting. Best of luck!

(sumber gambar: kemdikbud.go.id, irjen.kemdikbud.go.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1