SNMPTN dan SBMPTN 2016: Info Terkini dari Dikti

Kabar gembira bagi yang mau daftar perguruan tinggi negeri (PTN). Sekarang udah ada informasi resmi seputar SNMPTN dan SBMPTN 2016 dari direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), nih!

Nih, dibaca, diresapi, dan dicatat ya, gaes. Jangan cuma dipandang-pandang sama dikepoin, doang. Ini bukan akun medsos gebetan kamu! #eh

* Prosesnya SNMPTN dimulai hari ini, Senin, 18 Januari 2016.

* Tahun ini, ada tiga seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri / SNMPTN (jalur prestasi, dikoordinir Panitia Nasional, tanpa tes), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri / SBMPTN (jalur  tes, dikoordinir Panitia Nasional), dan Seleksi Mandiri (jalur tes, dikelola tiap kampus).

* Universitas memberikan jatah kursi minimal 40% untuk SNMPTN, minimal 30% untuk SBMPTN dan maksimal 30% untuk Seleksi Mandiri. Contoh, jika tersedia 1,000 kursi di Universitas A, maka peserta SNMPTN mendapat 400 kursi atau lebih, peserta SBMPTN mendapat 300 kursi atau lebih, dan peserta Seleksi Mandiri mendapat maksimal 300 kursi.

* Sebagai info, ada juga PTN yang nggak membuka jalur Seleksi Mandiri. Hanya SNMPTN dan SBMPTN.

* Di SNMPTN 2016 ini, ada 78 PTN yang bisa dipilih. Tiga belas universitas lebih banyak dibandingkan tahun lalu, lho. Berarti kesempatannya juga lebih banyak. Yaaas!


snmptn

* Peserta SNMPTN tahun ini haruslah lulusan tahun 2016.

* Biaya SNMPTN ditanggung oleh pemerintah, jadi pesertanya nggak perlu bayar. Kalau ada orang yang jualan, jangan-jangan do'i calo tiket konser nyasar! *krik krik*

* Kamu mulai bisa mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk SNMPTN di www.snmptn.ac.id. mulai hari Senin, 18 Januari 2016 sampai dengan Sabtu, 20 Februari 2016.

* Timeline lengkap SNMPTN adalah sebagai berikut:

* Tes SBMPTN bisa dalam bentuk cetak / Paper Based Testing (PBT) atau menggunakan komputer / Computer Based Testing (CBT). Khusus untuk jurusan olahraga dan seni, ujiannya merupakan kombinasi ujian tertulis dengan ujian keterampilan. Yang pastinya nggak ada adalah FBT a.k.a Feeling Based Testing  alias tes yang menggunakan feeling *krik-krik part 2*

* Peserta SBMPTN 2016 haruslah lulusan tahun 2016, 2015, atau 2014. Yo'i, kalau kamu  belum lolos tahun lalu atau tahun sebelumnya, kamu masih punya kesempatan di tahun ini. Pergunakan  sebaik-baiknya, ya.

* Bagi yang sudah lolos SNMPTN, kalau mau iseng ikutan SBMPTN lagi juga boleh. Asal siap-siap aja diprotes teman-teman, hihihi.

* Biaya SBMPTN tahun ini sebesar Rp200,000 dan ditanggung oleh peserta.

* Tata cara pendaftaran bisa dilihat dan diunduh mulai 18 April 2016, di www.sbmptn.ac.id. Pendaftaran CBT dibuka tanggal 29 April hingga 9 Mei 2016, sementara pendaftaran PBT dibuka tanggal 25 April hingga 20 Mei 2016.

* Jadwal SBMPTN selengkapnya adalah sebagai berikut:

youthmanual sbmptn

* Bagi calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN atau SBMPTN namun kurang mampu secara finansial, jangan khawatir. Calon mahasiswa yang kurang mampu berpeluang mendapatkan bantuan biaya, kok, lewat program pemerintah Bidikmisi. Mudah-mudahan nggak ada lagi, deh, teman-teman yang nggak bisa kuliah karena masalah biaya. Amiiin!

Jangan lupa juga cek kalender 2016 unuk pelajar dan mahasiswa ini.

Makan salak sambil minum es. Gutlak ya, gaes!

(sumber gambar: Facebook Kemenristekdikti, VOA Indonesia)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 10 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1