Ujian Nasional SMA 2017: Hanya 4 Mata Pelajaran dan Bisa Dipilih Siswa, lho. Ini Tipsnya!

Supaya mutu dan pelaksanaan Ujian Nasional 2017 meningkat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat beberapa perubahan. Salah satu yang berubah adalah jumlah mata pelajaran yang diujikan pada UN SMA dan sederajat. Yang tadinya 6 mata pelajaran berkurang menjadi hanya 4. Trus, siswa bisa memilih sendiri pelajarannya. Wih!

Dipangkas jadi 4 mata pelajaran

Berdasarkan rapat Ujian Nasional 22 Desember lalu, diputuskan bahwa mata pelajaran yang diujikan di UN tingkat SMA dan sederajat hanya ada empat. Ada tiga pelajaran yang wajib diambil seluruh siswa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Trus, pelajaran yang ke-4 apa, ya?

Nah, ini dia bedanya dibandingkan tahun lalu.

Tahun lalu, siswa jurusan IPA, misalnya, menjalani ujian Fisika, Kimia, serta Biologi, sehingga totalnya ada 6 mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Sedangkan tahun ini siswa cukup memilih SALAH SATU di antara pelajaran yang sesuai dengan jurusannya.  

Begini nih, kata Pak Nizam, Kepala Pusat Pendidikan Kemendikbud seperti yang dikutip dari Republika, “Silakan siswa memilih mata pelajaran sesuai yang disukai.”

Jadi, anak IPA tinggal pilih, mau ujian mapel Fisika, Kimia, atau Biologi. Begitu pula kamu-kamu yang IPS, pilih salah satu di antara Ekonomi, Sosiologi, atau Geografi. Trus, anak jurusan Bahasa juga diminta memilih antara ujian Antropologi, Sastra Indonesia, atau Bahasa Asing. Bagi kamu yang siswa SMK tinggal pilih salah satu pelajaran teori sesuai jurusan kejuruan yang diambil.

jadwal un

Nggak pengaruh dengan jurusan kuliah yang diambil

Reaksi atas perubahan ini beragam. Ada yang “protes” dan “iri” lantaran pas angkatannya pada tahun-tahun sebelumnya, pelajaran yang diujikan lebih banyak.  Seperti komentar Gadis di LINE @youthmanual, “Enak banget (UN tahun ini), belajarnya nggak banyak dan bisa fokus :(”   

Banyak siswa yang senang dan lega dengan perubahan ini. Tapi sepertinya nggak sedikit pula yang malah jadi galau, karena bingung memilih mata pelajaran.

Yang pasti, apapun mata pelajaran yang kamu pilih nggak berpengaruh tuh, dengan jurusan kuliah yang diambil. Ini sejalan dengan yang ditegaskan Pak Nizam dan dikutip detik.com, "Tidak ada hubungan antara pilihan mata pelajaran pada UN dengan program studi dan jurusan yang akan diambil di perguruan tinggi. Harapannya, siswa bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya pada mata pelajaran yang dipilih."

Jadi seandainya kamu pengen kuliah di jurusan Ekonomi atau Akuntansi, kamu nggak harus mengambil mapel Ekonomi di Ujian Nasional. Atau, bila kamu bercita-cita masuk jurusan Kimia‍, nggak masalah jika kamu pilih Biologi, Fisika, atau Kimia. Seperti kata Pak Nizam, apa yang kamu ambil di UN nggak ngaruh sama jurusan kuliah, sob.

Jadi nggak terlalu beban kan, memilihnya? Intinya cari mata pelajaran di mana kamu bisa menunjukkan kemampuan terbaikmu.

bingung tanda tanya

Tips memilih mata pelajaran di UN

Memilih pelajaran yang “pas” di hati memang kadang agak rumit. Mirip-mirip lah, kayak memilih pasangan, di antara para "nominasi" gebetan. Ciyeee!

Kalau kamu masih ragu, coba deh langkah berikut ini.

1. Cek nilaimu selama di SMA untuk mengetahui pelajaran yang menjadi kekuatanmu. Coba perhatikan, pelajaran mana yang kamu paling kuasai. Biasanya, nilai kamu akan menonjol di situ.

2. Kenali pelajaran yang benar-benar diminati. Ini juga sangat penting. Semakin kamu berminat terhadap suatu pelajaran, semakin semangat kamu untuk mempelajarinya. Trus, karena kamu memang suka pelajaran tersebut maka belajar pun nggak menjadi beban.

Sebaliknya, jika kamu terpaksa dan nggak minat dengan pelajarannya, kamu akan terbebani. Nggak enak, ‘kan?

3. Tantang dirimu! Selain mempertimbangkan mata pelajaran yang paling dikuasai dan diminati, kamu juga bisa menantang diri sendiri. Coba deh, pikirkan pelajaran yang bikin kamu merasa “tertantang” untuk menaklukkan dan ingin kamu ketahui nilainya.

Misalnya, kamu kepengen tahu banget seberapa kemampuan kamu di bidang Biologi, Bahasa Asing, atau Geografi. Nah, kamu bisa mengetahuinya dengan ikutan Ujian Nasional.

4. Konsultasi ke guru. Mungkin kamu kesulitan memilih di antara dua (atau tiga) mata pelajaran. Nilaimu selama ini pun nggak berbeda jauh, sementara urusan minat masih galau. Rumit, ya? Kalau begini, kamu bisa berkonsultasi dengan guru. Beliau bisa kasih masukan dan pertimbangan yang mungkin bisa membuka pikiran kamu. Alhasil, kamu pun terbantu untuk memilih mapel dengan mantap.

Jadi, apa nih, mata pelajaran UN pilihanmu? Tulis pilihanmu di kolom komen ya, gaes!

(sumber gambar: Youthmanual, infoworld.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1