Hari Ini, Pesta Pendidikan “Semua Murid, Semua Guru” Digelar. Yuk, Jangan Ketinggalan Acaranya!

Apa itu PeKan?

Seperti namanya, Pesta Pendidikan (PeKan) adalah gerakan pendidikan terbesar di Indonesia, yang menyatukan berbagai tokoh dan komunitas pendidikan. Selama ini ‘kan, gerakan pendidikan dilakukan oleh masing-masing komunitas sendiri-sendiri, misalnya Kelas Inspirasi, acara charity, aksi anti-bullying, pembinaan anak jalanan, dan sebagainya. Nah, PeKan mengumpulkan berbagai komunitas tersebut untuk bergerak bersama-sama dalam skala nasional.

Siapa aja yang terlibat dalam acara ini?

Banyak!

Ada ratusan komunitas, organisasi, serta tokoh masyarakat yang terlibat, antara lain YCAB, inibudi.org, Kunto Aji, Chikita Fauzi, Angga Dwi Sasongko (sutradara), Najeela Shihab (praktisi pendidikan), Melly Goeslaw, dan pastinya Youthmanual. Kayaknya, sih, Melly bakal tampil bareng Youthmanual #mimpiajedolo!

pesta pendidikan

Beberapa tokoh yang terlibat dalam PeKan

Selain itu, ada juga…. akyu dan kamyu. Yes, you and I. Event ini nggak hanya melibatkan siswa atau sekolah, tetapi juga berbagai kalangan masyarakat. Soalnya, kesuksesan pendidikan Indonesia nggak hanya bergantung pada guru dan murid, tapi semua kalangan masyarakat.

Dengan kata lain, kita semua bisa berpartisipasi dengan ikutan acara ini. Ajak juga teman, ortu, kakak, om-tante, gebetan. Tapi jangan diem-diem ajak pacar orang, ya. Bisa berabe, sob!

Katanya konsep acara ini adalah, Semua Murid, Semua Guru. Maksudnya apaan, sih?

Selama ini, definisi “pengajar” dan “pelajar” tuh sempit. Biasanya, “pengajar” dianggap sebagai “guru”, dan “pelajar” dianggap sebagai “murid” yang melakukan kegiatan belajar-mengajar di kelas, dalam institusi formal.

Padahal sebenarnya, SEMUA orang pasti melakukan kegiatan belajar-mengajar setiap hari. Tanpa sadar, kamu selalu belajar, lho, bahkan ketika lagi di luar kelas. Misalnya, kalau kamu ikutan organisasi kampus, kamu berarti belajar bersosialisasi dan bernegosiasi secara rutin. Bahkan dengan belanja di pasar aja, kamu bisa belajar bernegosiasi. Sebaliknya, tanpa sadar, mungkin sudah menjadi “guru” buat orang lain. Misalnya, buat adik kamu yang pada akhirnya mengikuti pemikiran dan tindakan kamu. Siapa tahu ‘kan?

Nah, PeKan pengen menekankan konsep Semua Murid, Semua Guru ini, yaitu, sadar atau nggak, kita sebenarnya selalu belajar dan mengajar orang lain. Dimanapun, kapanpun. Inilah konsep yang disebut “life-long learning.”

Oleh karena itu, lakukan yang terbaik setiap harinya, karena kamu adalah inspirasi buat sekelilingmu!

Acaranya ngapain aja, sih? Males, ah, kalo temanya “pendidikan”!

Duh, kalau pemikiran kamu kayak begitu, kapan mau maju, bro-sis? Lagian program-programnya menarik, lho. Sebagai contoh, ada program Buka Pintu Sekolah. Di situ, kamu bisa ikutan berbagai macam workshop dan kelas, seperti kelas creative writing, blogging, visual arts, onlinepreneurship, dan sebagainya. Kelas-kelas ini diadakan oleh berbagai komunitas, dan diselenggarakan di berbagai venue.

Ada juga program Sinema Edukasi (SINEDU), yaitu peluncuran platform film-film keren yang inspiratif. Nggak ketinggalan berbagai lomba, dari lomba desain hingga lomba film pendek. Puncaknya, bakal ada Festival Publik, persembahan berbagai komunitas di Pekan. Langsung cek-ricek info lengkapnya di pestapendidikan.com, deh.

pesta pendidikan

pesta pendidikan

Acaranya kapan, nih?

NOW, alias sekarang! Kick off PeKan berlangsung sore ini, tanggal 1 Mei 2016, di Museum Diorama Monas, Jakarta, jam empat sore, berbarengan dengan acara peluncuran buku Ki Hajar Dewantara dan dr. Sutomo. Event ini akan berlangsung sepanjang bulan Mei.

FYI, PeKan diadakan pada bulan Mei, karena ada dua tanggal super penting pada bulan ini, yaitu Hari Pendidikan Nasional (2 Mei) yang mempunyai tokoh utama Ki Hajar Dewantara, serta Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei) yang mempunyai tokoh utama dr. Soetomo. Harapannya, sih, Pesta Pendidikan bisa membawa semangat Ki Hajar dan dr. Soetomo ke generasi sekarang.

Puncak acara ini, yaitu Festival Publik, akan berlangsung pada tanggal 29 Mei, di mal f(X) Sudirman, Jakarta.

Jadi, bisa ngapain aja di PeKan?

Ya, ikutan acaranya, dong. ‘Kali, deh, cuma ngeliatin diam-diam dari jauh. Itu mah, kalau lagi ngecengin gebetan, sob!

Cara ikutannya?

Kalau kamu punya organisasi yang bergerak di bidang pendidikan, kamu bisa langsung gabung jadi bagian komunitas Pesta Pendidikan.

Kalau nggak, kamu bisa mengikuti berbagai program yang digelar oleh PeKan. Yang pasti, jangan sampai ketinggalan acara yang digelar Youthmanual tanggal 21 Mei 2016 mendatang, di Universitas Indonesia. Kami menggelar talkshow keren khusus untuk anak SMA, yang membahas berbagai aspek tentang masa depan kamu, termasuk karier dan pilihan jurusan kuliah. Tunggu info lengkapnya, ya!

(sumber gambar: pestapendidikan.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 19 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 30 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1