Kecil-Kecil Diabetes dan Penyakitan? Jangan Sampai, Deh!

Zaman makin canggih, teknologi makin modern, metode kesehatan dan pengobatan makin hebat, maka seharusnya generasi sekarang makin sehat dan kuat, dong? Tetot, salah.

Generasi sekarang justru lebih rentan terhadap berbagai penyakit, sob!

Sebagai contoh, sebelum pertengahan tahun 1990-an, kasus diabetes tipe 2 sangat jarang ditemukan pada anak-anak. Dulu, diabetes tipe 2, tuh, identik sebagai penyakitnya orang tua, sob. Tepatnya. orang dewasa obesitas, yang berusia lebih dari 40 tahun.

Namun sekarang ini, diabetes tipe 2 semakin sering ditemukan pada anak dan remaja yang berusia di atas 10 tahun. Bahkan antara tahun 2001 hingga 2009, terjadi peningkatan angka penderita diabetes tipe 2 pada usia 10-19 tahun sebesar 21%

Kok bisa?

“Salah satu faktor penyebabnya berkaitan dengan konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih dari pangan jajanan yang dikonsumsi.” begitu kata Kak Arninta Puspitasari, perwakilan dari produsen makanan sehat Tropicana Slim.

Yap, makin sekarang, makanan yang “tercemar” memang semakin banyak beredar. Pasti kamu sering dengar, dong, kasus-kasus jajanan sekolah yang ternyata mengandung boraks, dan zat pewarna berbahaya? Belum lagi, anak-anak sekarang lebih terbiasa makan junk food yang mengandung MSG, gula, dan garam berlebih!

Kak Arninta melanjutkan, “Apalagi, sebagian besar waktu anak dihabiskan di sekolah, hingga mencapai seperempat waktunya setiap hari, sehingga pangan jajanan di sekolah berkontribusi besar terhadap asupan nutrisi mereka,”

Memang, sebagai pelajar, menjaga kebersihan dan kesehatan di sekolah penting itu banget—termasuk kebersihan dan kesehatan makanan—karena kita bisa menghabiskan 7-8 jam sehari di lingkungan sekolah. Setiap hari, pula. Kalau laper, kita larinya pasti ke kantin atau abang jajanan terekat dari sekolah, dong.

Makanya kita harus menanamkan kesadaran dan kebiasaan hidup sehat di sekolah sejak dini. Kalau bisa dari SD, lah.

Hal ini juga disadari oleh perusahaan produsen makanan sehat Tropicana Slim, sehingga mereka pun menciptakan kompetisi Health Agent Awards.

Kompetisi ini diadakan setiap tahun, sejak enam tahun lalu, dengan target peserta anak-anak mahasiswa.

Agenda utama dari kompetisi ini adalah mendorong mahasiswa menciptakan kampanye, gerakan, produk, atau apapun yang sekiranya bisa mendorong gaya hidup sehat pelajar, lalu dipraktekkan di sekolah dasar.

Kompetisi Health Agent Awards 2016 sebenarnya telah berlangsung sejak bulan Maret lalu. Selama satu setengah bulan, 12 tim finalis—yang terpilih dari berbagai universitas dan jurusan—melaksanakan proyek mereka masing-masing di 12 Sekolah Dasar di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari Lampung, Jakarta, Bogor, Tangerang, Semarang, Yogyakarta, Malang, hingga Lombok.

Proyeknya seperti apa aja, sih? Banyak, sob! Misalnya, Tim Nutriction yang terdiri dari mahasiswa Poltekkes KemenKes Yogyakarta, membuat kantin sehat di SDN Randusari Yogyakarta, serta memberikan edukasi hidup sehat kepada para siswanya lewat film kartun pendek.

Sementara Tim Kauzer dari Universitas Indonesia membuat mobile games Eat Me! yang dapat diunduh di telepon genggam, untuk dimainkan anak-anak. Seru, deh. Nggak heran kalau Tim Kauzer mendapatkan penghargaan sebagai tim paling kreatif.

Nah, tanggal 8 September lalu, Tropicana Slim mengadakan Health Agent Award 2016 di Conclave, Jakarta, sebagai puncak acaranya. Tujuan utama acara ini adalah mengumumkan pemenang kompetisi ini.

Akhirnya, Tim Nutriction terpilih menjadi pemenang utama, bersama dengan SDN Randusari Yogyakarta yang sukses menjalankan program kakak-kakak Poltekkes KemenKes Yogyakarta tersebut dengan baik.

Kemudian, pemenang kedua jatuh kepada tim FGI (Foodie Gengs Indonesia) asal Universitas Brawijaya, dengan SDN Jatimulyo 1 Malang.

Disusul oleh tim Health Warrior dari Universitas Indonesia, bersama dengan  SDN Jatinegara 1 Jakarta sebagai pemenang ketiga.

Terakhir, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Tim Kauzer dari Universitas Indonesia mendapatkan special award atas ide mereka yang inovatif.

Hadiahnya lumayan banget, lho! Untuk pemenang utama, tim mahasiswa mendapatkan uang tunai senilai Rp 15.000.000 dan pihak sekolah dasar mendapatkan bantuan pembangunan/pengadaan fasilitas kesehatan atau kantin senilai Rp 15.000.000. Wow!

Kalau kamu tertarik ikutan, tunggu acara ini tahun depan ya, sob!

(sumber gambar: dok. Tropicana Slim)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 18 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 28 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1