Sebelum Asal Ikut Kepanitiaan Kampus, Pelajari Dulu Berbagai Divisinya di Sini!

oleh Nadia Fernanda

Mahasiswa adalah salah satu manusia paling sibuk di dunia. Mereka nggak cuma sekedar kuliah, tetapi juga sering disibukkan oleh berbagai kegiatan kampus, mulai dari field trip, seminar, sampai kompetisi. Jumlahnya beragam, tapi biasanya, jumlah program kerja di organisasi tingkat fakultas aja jumlahnya mencapai puluhan dalam setahun. Apalagi di tingkat universitas?

Dengan jumlah kegiatan yang sebegitu banyak, nggak heran kalau para mahasiswa senior sering mengincar junior-juniornya untuk diajak gabung kepanitiaan kegiatan mahasiswa, utamanya karena mahasiswa baru (maba) biasanya iya-iya aja kalau diajak gabung. Adegan “mahasiswa senior berburu mahasiswa junior” ini mirip adegan hewan predator berburu mangsa yang biasa ada di tayangan National Geographic Channel. Ngeri-ngeri seru, lah.

Tapi ujung-ujungnya, banyak Maba yang jadi kebingungan, karena saat bergabung dengan sebuah kepanitiaan, sebenarnya mereka nggak paham esensi serta tujuan dari divisi kepanitiaan yang mereka pilih. Apalagi kalau tugas divisi yang dipilih ternyata nggak sesuai bayangan.

Nah, makanya Youthmanual mau memberikan penjabaran singkat tentang divisi-divisi yang (umumnya) ada dalam kepanitiaan kampus.

Divisi Acara

Divisi ini adalah divisi yang bertanggung jawab atas seluruh rangkaian acara. Tugasnya adalah membuat konsep dan rangkaian acara dari A sampai Z. Bisa dibilang, divisi ini adalah divisi paling sibuk dan paling krusial di seantero kepanitiaan. Bahkan kalau divisi Acara belum gerak, divisi-divisi lain nggak bakal bisa gerak juga! Divisi ini cocok buat kamu yang punya banyak ide dan waktu luang.

panitia kampus Youthmanual

Selain paling sibuk, divisi Acara juga biasanya paling banyak menanggung beban dan kritik!

Divisi Logistik

Divisi ini identik dengan cowok-cowok kekar. Kenapa? Karena di hari-H, anggota divisi logistik biasanya terlihat mondar-mandir membawa kursi, meja, bahkan speaker. Padahal sebenarnya, tugas utama divisi Logistik adalah menyediakan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama acara—meskipun cuma sekedar buku dan pulpen—dan bertanggung jawab terhadap barang-barang tersebut. Tapi karena barang yang dibutuhkan banyak, makanya cowok-cowok—yang notabene punya tenaga lebih kuat dari cewek—sangat dibutuhkan dalam divisi ini.

Divisi Sponsorship

Divisi ini bertugas untuk mencari dana dan media partner dari pihak eksternal agar program kampusnya bisa terlaksana. Soalnya pihak kampus nggak selalu bisa memberikan dana penuh untuk kegiatan kampus, apalagi kalau kegiatannya berskala besar seperti konser musik atau seminar nasional. Buat kamu yang bermulut manis (hihihi) atau punya bakat sebagai tenaga pemasar, kamu cocok, deh, gabung di divisi ini.

Divisi Perizinan

Divisi ini kerjanya susah-susah gampang, karena meskipun tugasnya cuma “minta izin”, tugas tersebut sering dipersulit oleh birokrasi. Misalnya, kalau kamu perlu mengurus perizinan untuk menggunakan taman kota, kamu bisa malah dioper-oper oleh “oknum-oknum nakal” yang mengaku sebagai pihak yang berwenang (baca: preman taman).

Divisi Dokumentasi

Tugas inti divisi Dokumentasi adalah mendokumentasikan seluruh rangkaian acara dalam bentuk foto dan/atau video, kemudian mengolahnya menjadi sebuah rangkuman seluruh acara. Divisi ini biasanya ditujukan untuk mahasiswa yang punya alat dokumentasi pribadi, seperti kamera atau camcorder, dan bisa mengoperasikannya. Kalau nggak punya gimana? Kamu masih bisa gabung dengan divisi ini, kok, asalkan ada yang menyediakan alat dokumentasinya.

youthmanual - panitia

Divisi Publikasi

Divisi Publikasi bertugas mengkomunikasikan acara kampus kamu ke publik lewat berbagai media. Tujuannya agar publik tahu, tertarik, mendukung, bahkan ingin menghadiri acara kampus kamu. Kerja divisi ini biasanya nggak terlalu ribet, terutama kalau kamu sudah biasa menarik atensi orang banyak. Belakangan ini, divisi publikasi kegiatan kampus paling aktif di platform media sosial dan flashmob. Divisi Publikasi cocok banget buat kamu yang kreatif dan punya banyak koneksi. Kalau divisi ini bekerja sama dengan divisi Dokumentasi, biasanya mereka akan menjadi media partner internal kampus.

Divisi Konsumsi

Divisi ini kesannya remeh, tapi sebenarnya vital untuk kesuksesan acara kampus. Tugas divisi ini adalah menyediakan makanan dan minuman yang layak selama acara berlangsung dalam JUMLAH dan SAAT yang tepat. Nah, lho! Jangan sampe, deh, kegiatan kampus kamu gagal cuma gara-gara peserta dan panitianya pada kelaparan akibat nggak kebagian makanan or worse, karena makanannya basi!

Divisi Akomodasi dan Transportasi

Divisi ini biasanya sangat dibutuhkan dalam cara kampus berupa field trip. Tanggung jawab utama divisi ini adalah menyiapkan kendaraan dan tempat menginap untuk para peserta dan partisipan. Untuk kegiatan yang nggak berupa field trip, divisi ini biasanya bertanggung jawab atas tempat menginap dan kendaraan para peserta dan partisipan yang berasal dari luar kota. Sialnya, divisi ini kadang dimanfaatkan oleh divisi lain yang butuh diantar jemput ke tempat-tempat yang agak jauh. Asyeeem!

panitia kampus Youthmanual

***

Sebenarnya masih ada divisi-divisi lain dalam sebuah kepanitiaan, seperti Keamanan, Medik, Liaison Officer (LO), dan merchandising. Tapi divisi-divisi tersebut nggak selalu ada di tiap kegiatan kampus. Daftar ini  juga nggak meliputi divisi Sekretaris dan Bendahara, karena Youthmanual yakin kamu sudah paham dengan kedua divisi ini sejak kamu masih SD!

Bingung mau ikut divisi apa? Hal pertama yang perlu kamu ingat adalah, nggak ada satu divisi yang lebih unggul dari divisi lain. Selanjutnya, kamu bisa mempertimbangkan, kira-kira kamu bisa memberikan kontribusi paling besar di divisi mana? Atau, divisi apa yang kayaknya bisa mengajari kamu kemampuan baru?

Naaah... udah nggak bingung lagi ‘kan sekarang?

(sumber gambar: www.pdx.edu, www.lerablog.org, bemfis.student.uny.ac.id, www.radarjogja.co.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 16 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 26 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1