Arm-Chair

Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers)

Perhotelan, Pariwisata dan Event


  • Gaji rata-rata

    6.3jt - 8.2jt

  • Tren Karir

    -

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers)?

Bertanggung jawab mengkoordinasi dan mengatur kegiatan/departemen/outlet yang menyajikan makanan dan minuman seperti restoran dan kafetaria. Pekerjaan manajer layanan makanan juga termasuk customer service, administrasi dan manajemen.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

6.3jt - 8.2jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Manajer Banquet
Manajer Katering
Manajer Makanan dan Minuman
Manajer Layanan Makanan
Manajer Restoran

Tugas Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers)

Memantau kesesuaian terhadap peraturan kesehatan dan keselamatan mengenai persiapan dan pelayanan makanan, dan pemeliharaan gedung untuk fasilitas penginapan dan makan
Memantau proses persiapan makanan, ukuran porsi, dan penyajian makanan untuk memastikan bahwa makanan disiapkan dan disajikan dengan cara yang sesuai dengan tata krama
Menghitung keuangan usaha dan membuat deposito bank
Menyelidiki dan menyelesaikan permasalahan atau keluhan mengenai kualitas makanan, layanan, atau akomodasi
Mengkoordinasikan tugas personil yang memasak untuk memastikan kinerja yang efektif, efesien, serta persiapan yang tepat waktu

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Personil dan Sumber Daya Manusia

Pengetahuan tentang prinsip dan prosedur dalam merekrut personil, seleksi, pelatihan, kompensasi dan keuntungan, hubungan pekerja dan negosiasi, serta sistem informasi personil.

Produksi dan Pengolahan

Pengetahuan tentang bahan mentah, proses produksi, kontrol kualitas, biaya, dan teknik lainnya dalam memaksimalkan keefektifan manufaktur dan distribusi barang.

Keterampilan

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Manajemen Sumber Daya Personalia

Memotivasi, mengembangkan, mengarahkan staf saat bekerja, serta mengidentifikasi orang-orang terbaik untuk pekerjaan tersebut.

Orientasi Melayani

Secara aktif mencari cara yang tepat untuk membantu orang lain.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Kemampuan

  • 1

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 2

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 3

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 4

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 5

    Pemahaman Tertulis - Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

Diskusi terkait profesi Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers)

Belum ada diskusi yang dibagikan untuk profesi ini.

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1