Program Studi yang Cuma Ada Satu di Indonesia

Fyi, pilihan program studi di Indonesia itu sebenarnya ada banyak, gaes. Tapi, yang dikenal mayoritas orang, hanyalah program studi yang banyak peminatnya saja atau program studi yang sering diunggul-unggulkan.

Nah, di bawah berikut ini ada 8 program studi strata satu (S1) yang cuma ada satu di Indonesia. Selain cuma ada satu, program studi ini juga punya prospek karier yang terbilang luas. Mau tahu apa saja program studinya? Cekidot!

1. Manajemen Industri Katering 

Kampus: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Akreditasi program studi: B

Gaes, adakah di antara kalian yang tertarik mendalami bidang kuliner, tapi nggak ingin mengambil sekolah chef? Mungkin program studi unik yang satu ini, cocok buat kamu, yaitu Manajemen Industri Katering. Program studi ini terdapat di UPI Bandung dan hanya satu-satunya di Indonesia.

Program studi Manajemen Industri Katering sendiri mempelajari tentang manajemen operasional usaha kuliner mulai dari perencanaan, pengelolaan hingga pemasaran. Selain itu, pengetahuan dasar yang nantinya akan kalian pelajari juga menarik, yaitu mempelajari seluk beluk kuliner dari lokal hingga mancanegara.

Prospek karier: Manajer Layanan Makanan (Food Service Managers) dan Food Stylist 

2. Sastra Belanda 

Kampus: Universitas Indonesia (UI)

Akreditasi program studi: A

Kamu tahu, ‘kan? Program studi sastra itu banyak banget macamnya. Mulai dari Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Korea, Sastra Cina (Sastra Mandarin), Sastra Arab (Sastra Asia Barat) hingga Sastra Belanda.  

Nah, dari sekian banyak program studi bahasa dan sastra di Indonesia tersebut, ternyata cuma ada satu kampus yang membuka program studi Sastra Belanda, lho—yaitu di UI. Seperti halnya program studi Sastra yang lain, pembelajaran di Sastra Belanda meliputi linguistik, sastra, sejarah, dan kebudayaannya.

Prospek karier: Penerjemah , Editor (Artikel/Tulisan), Pemandu Tur, Novelis, Content Creator, Penulis Teknis, Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif, Penulis Perjalanan serta Content Writer

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen 

Kampus: Institut Pertanian Bogor (IPB)

Akreditasi program studi: A

Meski namanya Institut Pertanian, kampus yang berada di Dramaga, Bogor ini punya program studi unik yang cuma ada satu di Indonesia, yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen. Program studi ini mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan keluarga.

Di sini kalian akan diajak membahas upaya-upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga serta konsumen. Menarik sekali bukan?

Prospek karier: Terapis Pernikahan dan Keluarga (Marriage and Family Therapists), Mediator Keluarga, Praktisi Keluarga dan Umum , Konsultan Perlindungan Perempuan, Tenaga Pengajar dan Pengelola Pendidikan di sekolah-sekolah, Spesialis Riset Pemasaran Konsumen, hingga staf  dari lembaga pemerintah BKKBN

4. Astronomi   

Kampus: Institut Teknologi Bandung (ITB)

Akreditasi program studi: A

Hingga saat ini, ITB adalah satu-satunya kampus di Indonesia yang membuka program studi Astronomi. Di ITB sendiri, program studi yang telah mengantongi predikat A ini, membuka tiga jenjang pendidikan sekaligus yaitu S1, S2 atau Magister serta S3 atau Doktoral.

Pada program S1, kalian akan mempelajari benda-benda langit dengan menitikberatkan penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, mempelajari struktur, sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya serta kosmologi (ilmu yang mempelajari tentang struktur dan sejarah alam semesta berskala besar)

Menariknya, pada awal tahun 1920-an, program studi Astronomi ITB mendapatkan warisan Observatorium Bosscha—yang dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrekundige Vereeniging (NISV), sebuah himpunan astronom Belanda.

Psstt… peminat program studi ini selalu ramai dari tahun ke tahun, lho! Kira-kira kalian salah satunya nggak, ya?

Prospek karier: Astronom, Astronot, Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa serta Administrator Sistem Jaringan dan Komputer 

5. Sains Atmosfer dan Keplanetan

Kampus: Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

Akreditasi program studi: -

Yap! Program studi yang baru ada sejak tahun 2018 lalu ini hanya ada satu di Indonesia, yaitu di ITERA—yang berlokasi di Lampung.

Singkatnya, program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan adalah bagian dari Ilmu Astronomi. Kalau Astronomi mempelajari tentang fenomena di sistem tata surya secara luas, maka program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan membahas bagian yang lebih spesifik lagi.

Di program studi ini, kalian akan diajak untuk mempelajari perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di bumi. Selain itu, kalian juga akan mempelajari tentang interaksi antara matahari dengan planet-planet dalam tata surya.

Well, buat kamu yang pingin banget terjun buat mempelajari tata surya, program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan bisa dijadikan alternatif lain, selain program studi Astronomi di ITB—mengingat program studi Astronomi peminatnya selalu ramai dari tahun ke tahun.

Prospek karier: Peneliti di berbagai lembaga pemerintah—seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI), Konsultan Industri Telekomunikasi, Satelit, dan Sistem Navigasi serta Jurnalis mengenai astronomi, meteorologi dan keplanetan.

6. Teknik Transportasi Laut 

Kampus: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Akreditasi program studi: A

Indonesia terkenal dengan negara maritim. Sebagai negara maritim, pengelolaan dan pemanfaatan laut sangatlah penting untuk dipelajari. That’s why, ITS membuka program studi bernama Teknik Transportasi Laut.

Teknik Transportasi Laut memelajari tentang 3 fokusan yaitu pelayaran, pelabuhan dan logistik di dunia maritim. Program studi ini nggak cuma mempelajari hal-hal teknis dari ke 3 fokusan itu saja, tapi juga aspek politik, sosial, budaya serta pertahanan dan keamanannya. Sebab, nggak bisa dipungkiri transportasi laut memang penting dipelajari untuk menyiapkan perjalanan yang aman sebagai penghubung antar pulau, antar negara dan antar benua.

Prospek karier: Konsultan di bidang pelayaran, Reseacher di bidang logistik dan Manajer Pelabuhan

7. Teknik Nuklir  

Kampus: Universitas Gadjah Mada (UGM)

Akreditasi program studi: A

Apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar kata nuklir? Mungkin yang kamu bayangkan adalah ledakan rudal nuklir yang maha dahsyat itu. Sebenarnya, nuklir nggak selalu berhubungan dengan senjata. Di Indonesia, ilmu nuklir justru digunakan untuk sumber energi.

Ngomong-ngomong masalah nuklir, ternyata ada, lho, program studi bernama Teknik Nuklir. Program studi ini hanya ada satu di Indonesia, yaitu di UGM. Kalau berminat masuk ke program studi ini, kalian harus siap berhadapan dengan ilmu fisika dan matematika sepanjang perkuliahan.

Buat yang masih kepo sama seluk beluk program studi Teknik Nuklir bisa di baca di sini, ya!

Oyaaa… for your information, nih. Selain Teknik Nuklir di UGM, ada juga Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) yang didirikan oleh Badan Teknologi Nuklir Nasional (BATAN) dan lokasinya sama-sama di Yogyakarta. Tapi uniknya, di STTN justru nggak ada program studi Teknik Nuklir, lho, gaes. STTN cuma membuka 3 program studi saja, yaitu Teknokimia Nuklir, Elektronika Instrumentasi dan Elektromekanik.

Prospek karier: Ahli Teknik Nuklir, Ahli Teknologi Pengobatan Nuklir, Ahli Kimia, Ahli Pengolahan Bahan Bakar, Ahli Teknik Material 

 ***

Well, memang 8 program studi di atas masih terbilang awam di telinga masyarakat Indonesia. Padahal ilmu yang dipelajari sangat menarik. Selain itu, peluang kerja lulusannya pun terbuka cukup lebar, lho!

Buat kamu yang mau kuliah di tahun ini, kira-kira kamu bakal milih program studi yang mana nih, gaes?

 

Baca Juga:

 

(Sumber gambar: coachk.co, worldfordpensacola.com, wikihow.com, novakdjokovicfoundation.org, timminstoday.com, vectorstock.com, living-water.co.uk, quillette.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1