Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Diana
3 tahun yang lalu

Halo, Agroteknologi itu cakupannya luas, mungkin ini bisa jadi keunggulan dan kekurangan juga di agroteknologi. Karena kalo cakupannya luas, kita jadi kurang spesifik buat meminati satu hal. Tp bisa jadi kelebihan juga karena di agroteknologi jadi mempelajari bidang lainnya juga sebagai dasar/pengenalannya. Kita juga ada matkul ekonomi pertanian, sosiologi pedesaan, agribisnis, menagement agribisnis, arsitektur pertanaman, komunikasi bisnis juga, penyuluhan pertanian juga kita pelajari (sebelum peminatan). Semoga jawabannya membantu.

By : Syifa - Alumni UNS

Baca selengkapnya
0 1142
Diana
3 tahun yang lalu

Halo, pelajaran yang harus dikuasai sih biologi. Tapi itu pun yang ada sangkut pautnya sama tanaman ajaa. Sisanya ilmu baru. Maksud ilmu baru di sini adlh lingkup yg lebih spesifik ke agroteknologi misalnya budidaya tanaman, iklim, tanah, mikroorganisme, hama dan penyakit tanaman, pemuliaan tanaman, irigasi, pengelolaan air, dan banyak lagi. Kalo di agroteknologi sendiri lebih mencakup semuanya sih dan nanti akan ada peminatan tersendiri. Kalo di UNS nanti bisa milih agronomi, ilmu tanah dan hama dan penyakit tanaman. Kamu bisa pilih salah satu yang kiranya ingin kamu dalami. Semoga jawaban ini membantu yaaa

By : Syifa - Alumni UNS

Baca selengkapnya
0 645
Diana
3 tahun yang lalu

Halo, prospek kerja agronomi banyak kok, negeri maupun swasta. Ada perkebunan (sawit, kopi, karet, dll), perbenihan, produksi pangan (pangan, sayur, buah), agrowisata, pasca panen produk, startup pertanian, balai penelitian, dll

By : Diya - Alumni UGM

Baca selengkapnya
0 635
Diana
3 tahun yang lalu

Halo, agronomi itu agroteknologi yg lebih spesifik wkwkkw jadi agronomi itu bagian dari ilmu agroteknologi sih. Di agroteknologi sendiri akan belajar agronomi. Cuma di agronomi lebih spesifik belajarnya. Aku kasih contoh di UNS aja yaa. Di jurusan agroteknologi ini nantinya akan ada peminatan di semester 3. Kamu bisa pilih agronomi, ilmu tanah atau hama penyakit tanaman. Kalo di agronomi, kamu lebih belajar ttg budidaya tanaman misalnya kayak pemuliaan tanaman, mikrobiologi, hidroponik, tanaman hias, tanaman semusin dan tahunan, kultur jaringan, dan lebih ke teknik budidaya lah (misal gimana cara membuat semangka yg gaada bijinya atau salak yang bijinya kecil atau tanaman hibrida lainnya). Kalo kamu milih hama penyakit tanaman nanti lebih fokus ke hama2 dan penyakit yg ada di tanaman, cara2 pencegahan dll. Kalo kamu pilih di ilmu tanah nanti lebih mempelajari jenis tanah apa sih, trs pH nya berapa sih, tingkat kesuburannya gimana, pupuk atau unsur haranya gimana, mikroorganisme yg baik ut tanah. Lebih ke kayak gitu sih.

By : Syifa - Alumni UNS

Baca selengkapnya
0 2917
Diana
3 tahun yang lalu

sempit mungkin karena terbatas pada pekerjaan yang berhubungan dengan pertanian saja. Tapi pada dasarnya kita akan terus butuh tanaman untuk pangan, serat dan energi jadi pertanian justru butuh kamu buat berkembang lebih maju  tapi kamu bisa milih kerja di bidang lain kok. Memilih pekerjaan tidak terbatas jurusan sekarang, tergantung pada skill yang kamu punya.

By : Diya - Alumni UGM

Baca selengkapnya
0 529
Diana
3 tahun yang lalu

Haloo, di agroteknologi sendiri biologi yang dipake paling yg berhubungan sama tanaman. Anatomi tanaman, fungsi, fotosintesis, karen di semester awal bakal mempelajari itu sih sebagai dasar kita dulu. Nama mata kuliahnya botani. Tapi jangan takut gabisa, karena nanti pun akan dibahas dari nol kok hehehe kalo udah menguasai siklus siklus pd tanamam kayak fotosintesis gitu sih insyaAllah kedepannya gampang buat ngikutin.  kita jarang ada sangkut pautnya sama kimia kok. Lebih banyak biologinya siiih :) semoga jawaban ini membantu yaaa!

By : Shifa - Alumni UNS

Baca selengkapnya
0 673
Diana
3 tahun yang lalu

Susah itu relatif, kalau untuk daya saing bisa dilihat di website sbmptn.

By : Felix - Jurusan Teknik Pangan ITB

Baca selengkapnya
0 796
Diana
3 tahun yang lalu

Hai, dijurusan teknologi pangan mempelajari tentang bagaimana cara kamu membuat produk, bagaimana cara kamu untuk menambahkan fungsional produk tersebut, bagaimana cara kamu menyimpan produk yang tepat untuk memperpanjang umur simpan, bagaimana cara kamu menganalisis produk kamu seperti analisis karbohidrat lemak protein dll, serta diajarkan juga dasar2 mesin industri, prinsip kerja alat, dan hal2 yang berbau manajemen sehingga jika kamu ingin membuat pabrik makanan sekiranya harusnya sudah bisa.

By : Agnes - jurusan Teknologi Pangan UPH

Baca selengkapnya
0 580
Diana
3 tahun yang lalu

Haii pengemasan ada matakuliah terpisah di teknologi pangan universitasku, bener2 mempelajari secara mendalam kemasan yang digunakan untuk produk2 yang dihasilkan.

By : Agnes - Jurusan Teknologi Pangan UPH

Baca selengkapnya
0 826
Diana
3 tahun yang lalu

haii untuk prospek kerjanya bisa di industri bagian Quality Control, Research and Development, Food Service, Food Management, Production, dan hal2 lain mengenai makanan masih bisa masuk kok

By : Agnes - Jurusan Teknologi Pangan UPH

Baca selengkapnya
0 721
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1