Cari tahu tentang semua jurusan kuliah disini

Temukan pengalaman dan jawaban dari Mentor Rencanamu dan pengguna lain

Della Aprilia
3 tahun yang lalu

Halo, Della!

Tentu dong! Apalagi setiap perusahaan pasti membutuhkan akuntan untuk mengurus keuangan perusahaan. Jadi, yang namanya akuntan merupakan profesi yang akan selalu dibutuhkan.

Untuk mengetahui lebih detail tentang jurusan akuntasi dan prospeknya, serta cerita dari mahasiswa jurusan ini, kamu bisa baca disini: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/akuntansi

Baca selengkapnya
0 855
Sheva Agnes Deking
3 tahun yang lalu

Halo Sheva! Perkenalkan, aku Shania, kebetulan mahasiswi kehutanan. Izin menjawab yaaa. Jadii prospek kerja lulusan kehutanan itu sangaatt luas. Kalo aku kasih gambaran dari apa yang aku dapet selama kuliah di kampusku nih: fakultas kehutanan aja terbagi lagi jadi sub bidang yang membahas manajemennya, teknologi hasil hutannya, konservasi sumberdaya &ekowisatanya, dan silvikultur. Lalu, di jurusanku (konservasi) terubagi lagi ke dalam beberapa konsentrasi yaitu: ekologi satwaliar, jasa lingkungan, dsb. (Luas banget kann cakupan kehutanan?)

Indonesia sendiri punya kawasan hutan yang sangaat luas dan isinya belum diexplore. Walaupun luasnya dapat dibilang terus menurun, sedikitnya jumlah rimbawan yang ada, dan banyaknya masalah lain di bidang kehutanan, justru itulah yang menjadi tantangan :D. Dengan mengingat pentingnya fungsi hutan bagi kelangsungan hidup manusia dan adanya kolaborasi dengan bidang-bidang lain, jadii prospek di bidang kehutanan ini sangat besar pula. Aku belum bisa sebut banyak profesi spesifik sih karena akupun belum tahu banyak mengenai spesifikasi profesi di bidang kehutanan, yang pasti tu bisa kerja di instansi pemerintahan atau perusahaan swasta (sebagai peneliti, conservationist, pengatur kebijakan, analis, dsb.), bahkan bisa juga membuat start up dan berwirausaha. 

Semoga membantu yaa:)

Baca selengkapnya
0 720
Lolita dwi kusumadevi
3 tahun yang lalu

Hai Lolita,

Salam kenal ya. Untuk pertanyaan kamu, aku bantu jawab ya, kebetulan kuliah jurusan Sastra Indonesia dengan peminatan Sastra.

Simplynya, Jurusan Sastra itu dipersiapkan untuk menjadi peneliti, kalau kamu peminatannya linguistik, biasanya akan belajar tentang struktur bahasa kaya linguistik. Kalau kamu peminatannya sastra, biasanya akan banyak analisis bahan bacaan dari teori2 budaya sastra, kaya teori kebudayaan, feminis, filsafat, dll. Prospek kerjanya anak sastra biasanya bisa jadi editor, jurnalis, kritikus sastra, penulis, analisis dokumen-dokumen kebijakan, akademisi, dll.

Kalau pendidikan, kamu dipersiapkan untuk menjadi guru bahasa indonesia. tetep mempelajari ilmu sastra tapi ga dalam, dan cuma sampai bagaimana metode pengajaran di kelas. biasanya anak pendidikan banyak disuruh bikin RPP (rencana penyusunan pembelajaran - kaya semacam silabus).


Sebenernya kamu bisa cek kedua jurusan tersebut di sini ya


Sastra indonesia : https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/budaya-bahasa/sastra-indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/pendidikan/pendidikan-bahasa-dan-sastra-indonesia 


jangan lupa selesaikan peta perjalanan kamu untuk mengetahui minat dan kemampuan kamu di www,youthmanual.com ya.


Good luck Lolita!

Baca selengkapnya
0 1111
Leny Nur Ekasari
3 tahun yang lalu

Halo, Leny!

Jika kamu mengambil jurusan seni karawitan, kamu akan mempelajari detail dari seni tradisional. Banyak banget yang bisa kamu lakukan dengan bekal ilmu ini. Kamu bisa menjadi sinden, musisi, komposer, bahkan kamu bisa banget memperkenalkan musik tradisional ke kancah internasional. 

Lebih detail tentang jurusan seni karawitan dapat kamu baca disini: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/seni/seni-karawitan

Baca selengkapnya
0 482
Dian Syahputra Swagers
3 tahun yang lalu

Halo, Dian!

Sebagai lulusan SMK jurusan multimedia, banyak banget profesi yang cocok untukmu, antara lain:

Nah, ada juga lho cerita pengalaman dari lulusan SMK multimedia yang memilih untuk kuliah di jurusan multimedia desain grafis: https://www.youthmanual.com/post/profil/cerita-alumni-smk-dari-smk-jurusan-multimedia-ke-akademi-multimedia-adam-nelvin-adrianto

Baca selengkapnya
0 1352
Marilia luciana
3 tahun yang lalu

Halo, Marilia! Sebelumnya, perkenalkan namaku Priscilla. Aku mau coba bantu jawab pertanyaan dari kamu ya.

Sebagai mahasiswi Hubungan Internasional, menurutku prospek kerja dari jurusan ini sangatlah luas. Walaupun, banyak orang yang masih berpikir bahwa lulusan HI hanya dapat melamar kerja sebagai seorang diplomat. Padahal, kenyataannya lulusan HI juga terbuka untuk bekerja di bidang lain seperti jurnalis, analis (pengamat), pramugari, penerjemah profesional, international officer (di beberapa kementerian dan institusi internasional), penulis, politikus, bahkan entrepreneur. So, semangat terus yaa!

Kamu juga bisa baca beberapa jurnal dari Youthmanual terkait Hubungan Internasional:

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kerja/karier/5-pilihan-profesi-untuk-lulusan-hubungan-internasional

https://www.youthmanual.com/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/jurusan-101-serba-serbi-jurusan-hubungan-internasional-yang-penting-kamu-ketahui



Baca selengkapnya
0 1091
Intan Sapitri
3 tahun yang lalu

Saya coba jawab ya. :) 


Secara jurusan sangat tidak memungkinkan. Karena ada serangkaian syarat, ketentuan dan tes, 

Gelar yang bisa masuk keseleksi kehakiman, itu bergelar S.H, S.Sy, S.H.I

Nah jika memang sudah mengarahkan diri mau menjadi hakim maka ambillah jurusan ilmu hukum, hukum syariah, hukum tata negara, perbandingan Mazhab dan hukum, hukum ekonomi Islam atau yang sejenisnya. ;) 

Jika kamu masih bingung dengan minat dan bakat bisa kamu gunakan secara maksimal konten2 dalam Youth manual ini ya. ;) 

Baca selengkapnya
0 511
Wiy Sakbany
3 tahun yang lalu

Halo, Wiy!

Kalau kamu mengambil jurusan geografi, kamu bisa banget kok untuk bekerja di BMKG. Baca deh cerita dari teman-teman yang kuliah di jurusan geografi (bisa kamu baca disini: https://www.youthmanual.com/cari-jurusan/mipa/geografi), mereka bercerita kalau alumninya banyak juga yang bekerja di BMKG.

Baca selengkapnya
0 624
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1