10 Jurusan Kuliah Paling Diincar (Sehingga Paling Kompetitif) di SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN masih dibuka sampai tanggal 20 Mei 2016 mendatang. Masih ada waktu nih, gaes, untuk memantapkan pilihan pertama, kedua, bahkan ketiga untuk jurusan kuliah kamu. Kalau perlu referensi, Youthmanual juga pernah mengulas informasi tentang 10 jurusan paling diincar peserta SBMPTN 2015 lalu.

Tahun lalu, ketua panitia SBMPTN Rochmat Wahab menggelar konferensi pers. Salah satu hal yang beliau sampaikan adalah mengenai jurusan yang paling banyak diminati di SBMPTN, baik bidang Sains dan Teknologi (Saintek) maupun Sosial Humaniora (Soshum). Hasilnya, seperti yang diberitakan Kompas.com adalah…

Sains dan Teknologi (Saintek)

1. Informatika dan Komputer. Ternyata program studi ini lah yang paling diminati para peserta SBMPTN bidang Saintek. Nggak heran, sih, mengingat teknologi digital sekarang berkembang banget. Apalagi, berdasarkan riset Michael Page, profesi yang paling banyak dicari sekarang adalah Software Engineers & Developers dengan latar belakang pendidikan informatika dan komputer.

2. Kedokteran. Jurusan Kedokteran berada di posisi kedua sebagai jurusan yang paling diminati. Mungkin kamu mikir, “Standar banget, sih, punya cita-cita jadi dokter! Apa karena anak kedokteran kece-kece? Atau karena profesi dokter merupakan pekerjaan dengan gaji tertinggi?” Eits, jangan mikir gitu, sob. Lulusan Kedokteran memang sangat dibutuhkan, lho, berhubung Indonesia MASIH KEKURANGAN dokter. Bahkan menurut data tahun 2014, rasio di Indonesia kira-kira masih 1 dokter untuk 2,538 masyarakat. Sedikit banget, yaaa…

3. Teknik Sipil. Program studi di Fakultas Teknik ini merupakan program studi terfavorit di SBMPTN 2015 lalu. Menurut Michael Page, profesi di bidang Teknik Sipil juga salah satu yang paling banyak dicari sekarang ini, apalagi di Indonesia, yang akan banyak membangun infrastruktur. FYI, tau nggak sih, menurut Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Indonesia kekurangan sekitar 30 ribu insinyur (lulusan Teknik) per tahun? 

4. Farmasi. Kalau mau masuk program studi ini, sebaiknya, sih, kamu memang suka pelajaran Kimia, sob, berhubung materi kuliahnya nggak jauh dari ilmu Kimia. Nggak hanya berurusan dengan obat-obatan, jurusan Farmasi juga mempelajari produk perawatan dan kecantikan. Salah satu contoh sukses lulusan jurusan ini adalah Nurhayati Subakat, CEO dan founder produk kosmetik Wardah.

5. Agrobisnis. Pilihan favorit kelima jurusan Saintek ini menarik banget dan khas Indonesia. Karena Indonesia negara agraris, maka agrobisnis—alias bisnis berbasis pertanian—adalah bidang yang penting dan berpeluang besar. Indonesia selalu membutuhkan para ahli untuk memajukan pertanian, mensejahterakan masyarakat—baik petani maupun konsumen—sekaligus menjaga kelestarian alam.    

ujian youthmanual

Sosial Humaniora (Soshum)

1. Manajemen. Di bidang Soshum, program studi Manajemen lah yang jadi primadona. Salah satu kelebihan jurusan ini adalah bidang kerjanya yang luas dan fleksibel. Bisa dibilang, hampir tiap industri butuh seorang ahli manajemen. Ilmu jurusan Manajemen juga bisa diterapkan di bidang entrepreneurship. Cocok buat kamu yang kepengen buka usaha sendiri! Di sisi lain, dengan banyaknya jumlah peminat, mahasiswa, serta lulusannya, persaingan dalam jurusan ini otomatis ketat.      

2. Akuntansi. Peringkat dua jurusan paling diminati kembali dipegang oleh Fakultas Ekonomi. Akuntan dan auditor—yang berasal dari jurusan Akuntansi—juga profesi-profesi yang paling banyak dicari di masa depan. Apalagi kalau ekonomi di Indonesia makin berkembang, maka kebutuhan akuntan di negeri ini pun bakal makin tinggi.

3. Hukum. Profesi pengacara termasuk 10 besar profesi dengan penghasilan terbesar, lho. Tapi untuk menjadi pengacara, setelah S1, kamu harus lanjut kuliah program profesi dan mengambil tes tersendiri dulu. Kalau nggak berminat jadi pengacara, lulusan S1 hukum berpeluang kerja di berbagai perusahaan, tepatnya di bagian legal.

4. Komunikasi. Dari FISIP atau FIKOM, program studi Ilmu Komunikasi ternyata masih jadi favorit. Biasanya, pada tingkat lanjut perkuliahan, kamu harus milih salah satu dari pengkhususannya, gaes, yaitu Komunikasi Massa, Hubungan Masyarakat atau Periklanan.

5. Administrasi. Ilmu Administrasi juga menjadi jurusan favorit. Umumnya, Ilmu Administrasi terbagi ke dalam beberapa jurusan, seperti di Universitas Indonesia ada jurusan Administrasi Niaga, Administrasi Negara, dan Administrasi Fiskal.

***

Kamu memilih salah satu dari jurusan paling diincar ini nggak? Atau kamu punya pilihan jurusan lain yang nggak mainstream? Share di sini, yuk!

 (sumber gambar: zimbio.com, soloraya.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1