8 Langkah Mudah Agar Tampilan Presentasi Kuliahmu Jadi Menarik

Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sering diterapkan dalam kegiatan pendidikan, terutama di perguruan tinggi. Dengan presentasi, kamu dapat belajar banyak hal—mulai dari meningkatkan rasa percaya diri, cara berkomunikasi yang baik, pemilihan kata yang tepat, hingga mengasah kreativitas dalam mengemas suatu informasi.

Salah satu hal yang membuat presentasimu menarik adalah slide yang akan kamu tampilkan, lho, gaes. Nah, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu dalam membuat slide presentasi agar lebih menarik. Simak, yuk!

1. Beri Judul pada Setiap Materi

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah judul materi. Yup, penulisan judul pada setiap pembahasan materi merupakan hal yang penting. Kenapa? Karena judul akan membantu audience untuk mengetahui topik apa aja yang sedang kamu bicarakan.

Kalau audience udah tau topik apa yang sedang kamu bahas, mereka akan lebih mudah memahaminya. Sebaliknya, tanpa ada adanya judul, kemungkinan audiens akan merasa bingung. Jadi, jangan sampai kamu lupa menuliskan judul topik yang akan dibahas, ya!

2. Tentukan Poin-Poin Terpenting

Slide presentasimu akan jauh lebih menarik kalau berisi poin-poin penting aja. Jika semua slide kamu penuhi dengan teks atau paragraf, orang jadi malas untuk membaca.

Faktor ini juga bisa jadi penilaian terhadap diri kamu, lho! Kalau kamu memasukkan semua teks atau paragraf ke dalam slide tanpa menyaringnya terlebih dulu, kamu bisa dinilai asal-asalan dalam mempersiapkan presentasi.

Bahkan kamu akan dicap sebagai pemalas oleh teman-teman dan juga dosenmu. Waduw!

3. Pilih Kata yang Mudah Dipahami

Tips ini juga berhubungan dengan tips sebelumnya. Saat kamu akan memasukkan poin-poin ke dalam slide, usahakan menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami. Walaupun sumber materi yang kamu gunakan mungkin menggunakan bahasa formal tingkat tinggi, tapi kamu perlu menyajikannya dengan bahasa yang mudah dipahami.

Susah menilai apakah pilihan katanya mudah dipahami? Sebelum presentasi, kamu bisa coba bertanya ke teman-temanmu, apakah poin-poin yang kamu masukkan itu mudah dimengerti atau tidak.

4. Hilangkan Informasi yang Nggak Perlu

Adakalanya materi yang akan kamu sampaikan berupa penjelasan—yang mana hanya berisi teks panjang. Kalau memang seperti itu, usahakan jangan sampai menutupi seluruh bagian slide presentasimu. Soalnya, aturan mendasar yang perlu kamu ingat-ingat adalah KISS (Keep It Short and Simple!).

Biarkan slide presentasimu “bernafas”. Sediakan space kosong pada slide presentasimu agar tidak terlihat seperti koran. Hehehe

Dan untuk teksnya, sebaiknya kamu ringkas-ringkas lagi, deh. Biar poin-poin penting aja yang kamu tampilkan pada slide presentasi. Sedangkan penjelasannya bisa kamu sampaikan sendiri.

5. Sesuaikan Desain Template Dengan Materi Presentasi

desain templatePresentasi akan terlihat semakin bernyawa jika materi dan desain template sejalan. Yups, pemilihan template yang bagus akan membuat presentasimu jadi lebih menarik.

For the information, di zaman yang serba internet ini sebenarnya ada banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan berbagai macam template yang bagus, lho. Diantaranya adalah TemplatesWise, Flashdemo, Free PPT Templates, dan masih banyak lagi. Jadi, tinggal bagaimana kamu pintar memilih template yang keren namun tetap sesuai dengan materi yang akan kamu bahas.

6. Gunakan Font yang Unik, Menarik, dan Terbaca

font menarik

Font apa yang sering kamu gunakan dalam membuat presentasi? Calibri, Times New Roman atau Arial? Ah, itu udah biasa.

Cobalah untuk memakai font baru agar terlihat lebih menarik. Contohnya seperti Alisandra Demo, Back to School dan FunSized. Kamu juga bisa menemukan banyak font-font unik dan menarik di internet, seperti di dafont.com dan sequirrelfont.com, lho. Tapi ingat mesti tetap terbaca, ya. Jangan pakai kode atau huruf kuno. Susyah, yha.

7. Tambahkan Gambar Kece dan Sesuai

animasi kece

Selain memasukkan teks berupa poin-poin tadi, kamu juga bisa menambahkan gambar dan animasi yang kece untuk menarik perhatian audiens.

Pemilihan gambar/ikon ini sekaliguss mengasah sisi kreativitasmu. Semakin keren pemilihan gambar maupun animasi yang kamu gunakan, maka semakin menarik juga materi yang akan kamu sampaikan itu.

8. Lengkapi dengan Video

Biasanya, audiens akan merasa bosan jika terus mendengar apa yang kamu sampaikan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa juga menggunakan video dalam dalam slide presentasi, lho.

Masukkan video yang sesuai topik presentasi, untuk menunjang pesan yang ingin kamu sampaikan. Pemutaran video juga bisa membuat audiens merasa santai dan nyaman. Kecuali kalau yang diputar video horor, zzzzzz.....

***

Itulah sederet tip praktis yang perlu kamu perhatikan agar slide presentasimu terlihat menarik. Bukan semata agar presentasinya terlihat keren lho, tetapi agar tiap informasi yang kamu sampaikan bisa dipahami dengan baik dan kamu pun bisa mendapatkan nilai yang bagus. Semoga bermanfaat, gaes!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: cisabz2k17.github.io, powerpointify.com, lynda.com, alternativeto.net)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 27 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1