10 Tips Belajar yang Bisa Dilakukan Saat Ujian Sudah Mepet

Nasi memang belum jadi bubur. Tapi ujian sudah di depan mata. Nah, apa saja persiapan ujian yang bisa dilakukan dengan waktu yang serba mepet?

1. Baca buku  kumpulan soal. Jadi bisa langsung latihan mengerjakan ujian, sambil belajar.

2. Utamakan catatan, karena  materi pelajaran terangkum di situ. Gimana cara menulis catatan dengan efektif? Cek di sini.

3. Kalau catatanmu ada yang kurang lengkap, segera fotokopi catatan teman yang lengkap.

4. Gelar sesi belajar bareng untuk membahas soa/materi yang rumit saja. Karena waktu terbatas, tentukan jam belajar bersama tersebut. Misalnya hanya 1-2 jam.

5. Minta bantuan tutor jika diperlukan. Tapi, seperti poin 4, karena waktunya terbatas, kamu harus memanfaatkan sesi belajar dengan tutor seefektif mungkin. Nggak bisa dari dasar banget. Kamu harus memilah apa aja yang penting untuk dipelajari.  

6. Tulis apa yang kamu pelajari, bagian intinya saja, pada kertas supaya makin hafal dan paham.

7. Supaya makin mantap, berikan contoh dari tiap teori dan rumus yang telah dipelajari. Siapa tahu kamu juga diminta memberikan contoh kasus saat ujian.

8. Hindari belajar semalam  suntuk, apalagi di H-1 sebelum ujian. Bisa menguras tenaga dan energi kamu.

belajar tidur

9. “Buang” handphone kamu… untuk sementara. Biar nggak ganggu konsentrasi dalam menyiapkan ujian yang sudah di depan mata.

10. Untuk mendukung belajar, makan yang teratur dan sehat. Perbanyak protein buat asupan energi.

Baca juga:

(sumber gambar: keepcalm-o-matic.co.uk, tokopedia.com, universityy101.com, 2012books.lardbucket.org)

LATEST COMMENT
Helena Chirsty | 2 jam yang lalu

sekedar saran dan sepengetahuan saya dari teman sih, biasanya kalau udah kuliah ( preklinik ) baru ketahuan minat dan kemampuannya nya ke arahmana, baru nentuin mau ambil spesialis apa.soalnya kan mata kuliahnya beda - beda , ada patologi klinik , forensik , anatomi ,reproduksi, kardiovaskuler,…

Kamu Nggak Cocok Ambil Prodi Kedokteran dan Jadi Dokter, Kalau…
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Kapan tanggal pendaftaran tahun 2021

Serba-Serbi Informasi mengenai PMB Mandiri ISI Yogyakarta 2019
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Doain saya ya supaya bisa diterima di ISI yogyakarta aamiin, saya harap kalian yang membaca ini bisa ikut men -aamiin kan hehe,makasi.

SNMPTN 2021 Universitas Indonesia: Keketatan Persaingan Prodi UI di SNMPTN 2020 dan Lainnya
Septi Alma Kurnia | 5 jam yang lalu

Doain saya ya gais,semoga di terima di ISI yogyakarta,saya sangat terima kasih apabila kalian yang membaca kalimat ini dan mengaminkannya,sekian makasi.

21 Pola Pikir Pelajar yang Perlu Diubah
Desy Damayanti | 2 hari yang lalu

Terima kasih kak, artikelnya sangat membantu, sukses selalu.

Materi UTBK SBMPTN 2021: Ada TPS dan TKA
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1