6 Tips Supaya Sukses di Hari H Ujian

Apa yang masih bisa dilakukan di hari H ujian? Cari posisi duduk yang oke, biar bisa lirik kanan-kiri? Yakin?

Kalau ketahuan nyontek, bakal malu seumur hidup, sob! Nilai kamu juga bakal jadi berantakan. Ada, lho, dosen yang langsung nggak meluluskan mahasiswa yang ketahuan nyontek.

Ketimbang membuat taktik nyontek, inilah 6 hal yang bisa kamu lakukan di hari H ujian, dirangkum dari infografis Visualization.

ujian

1. Sebelum jam ujian, ambil selembar kertas. Kemudian, tulis hal-hal yang telah kamu pelajari dan hafalkan.

Saya sendiri melakukan hal ini, dan terbukti membantu banget, lho. Ini adalah semacam latihan soal-soal menjelang ujian. Di samping itu, menuliskan hal-hal yang telah dipelajari juga bikin saya semakin hafal dan memahami materi pelajaran.

Tapi ingat, jangan bawa catatan tersebut ke kelas lalu dijadikan kebetan, karena sesungguhnya punya kebetan itu lebih berisiko daripada gebetan. Eaaak! Gawat, sob, kalau kamu sampai ketangkep oleh guru atau dosen yang nggak mentolerir hal ini.

2. Mengunyah permen karet.

Katanya, mengunyah permen karet bisa menstimulasi otak, sehingga bisa meningkatkan keakuratan kamu saat mengerjakan sesuatu.

Saya sendiri  belum pernah nyoba hal ini. Tapi bagi saya, permen karet bisa meredakan rasa tegang. Seenggaknya, bikin area sekitar mulut dan wajah lebih relaks, karena terus digerakkan.

Tapi pastikan di kampus/sekolahmu memang boleh mengonsumsi permen karet, ya.

3.  Kalau ujiannya pilihan ganda, kamu bisa coba menjawab pertanyaannya sendiri, sebelum melihat pilihan jawaban.

Jawabnya dalam hati, ya. Jangan disebut kencang-kencang. Ini bukan kuis tebak-tebakan, sob!

Buat apa, sih, melakukan hal ini? Well, selain bisa mempercepat proses menjawab soal, hal ini juga bisa membantu kamu nggak galau dan terkecoh dengan pilihan jawaban.

Kamu boleh, kok, membaca pilihan jawabannya, tetapi sekedar untuk menyesuaikan dan mengecek dengan jawabanmu sendiri.

ujian

4. Atur posisi duduk (bukan posisi tempat duduk, ya) dan saat berdiri.

Menurut studi di Harvard Business School, posisi tubuh saat berdiri dan duduk bisa mempengaruhi kepercayaan diri.

Semakin pede sikapmu, rasa tegang dan senewen kamu dalam menghadapi ujian juga semakin berkurang. Jadi usahakan berdiri dan duduk dengan tegap (tapi tetap nyaman), menjelang dan sepanjang ujian.

5. Konsumsi gula, tapi jangan kebanyakan.

Karena untuk berpikir, otak memerlukan glukosa dari makanan, asalkan jangan terlalu banyak.

6. Latihan pernafasan.

Detik-detik menjelang menerima kertas ujian, biasanya kamu lagi tegang-tegangnya, tuh! Untuk meredakan ketegangan, kamu bisa melakukan latihan pernafasan.

Caranya, tarik nafas selama 3-5 detik, kemudian hembuskan selama 8-12 detik. Lakukan sampai kamu merasa relaks. Lebih afdol lagi kalau sambil berdoa.

Supaya sukses ujian, baca juga:

(sumber gambar: newgrounds.com, visualization) 

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 1 bulan yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 3 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 4 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1