Hal-Hal Seru yang Dialami Anak SMK dengan Sistem Moving Class

Moving class di Sekolah Menengah Kejuruan? Apaan, tuh?

Moving class, alias kegiatan perpindahan kelas adalah sistem belajar yang sebetulnya sudah mulai diterapkan di beberapa sekolah menengah atas di Indonesia. Bukan kelasnya pindah-pindah ya, gaes, tapi kita sebagai murid yang berpindah kelas untuk setiap mata pelajaran yang berbeda.

Seperti sekolah-sekolah di luar negeri, sekolah yang memakai sistem moving class menyediakan ruangan sesuai dengan mata pelajaran. Misalnya, Ruang A untuk mata pelajaran Matematika, Ruang B untuk pelajaran Sejarah, dan seterusnya. Nah, kebetulan saya adalah anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dulu sempat merasakan sistem moving class di sekolah saya. Of course it was awesome! Ini dia hal-hal seru yang saya alami!

Punya loker untuk menaruh barang-barang

Sekolah dengan sistem moving class menyediakan loker buat para siswanya. Meskipun kuncinya nggak bisa kita bawa pulang, alias semua loker harus bersih ketika sekolah usai, tapi tetep aja seru punya loker sendiri.

Apalagi, peralatan anak SMK nggak tanggung-tanggung. Misalnya, penggaris buat bikin pola busana yang panjangnya udah kayak pedang samurai, loyang dan printilan cetakan kue, seragam praktek dan masih banyak lagi.

Saya jadi kelihatan selalu menenteng buku dan peralatan kemana-mana. Ribet? Nggak dong! Berasa anak pinter meskipun sebenarnya nggak. Hehehe!

Moving Class  - Youthmanual

Nggak pernah bosen dan mati gaya di kelas

Karena setiap ganti pelajaran kita bubar dari kelas, otomatis nggak ada tuh mati gaya pas lagi nunggu guru. Abis belajar satu mata pelajaran terntentu, kita bisa gerak-gerak dan ngobrol sama teman-teman sambil jalan ke kelas berikutnya.

Kadang, saya bisa mampir ke koperasi sekolah buat nyomot camilan!

Curi-curi papasan sama gebetan

Ini dia yang selelau bikin saya deg-degan setiap pindah dari satu kelas ke kelas lainnya. Moving class memungkinkan kita papasan sama gebetan di setiap pergantian pelajaran. Kebayang nggak, sih, cuma bisa bilang “Hai!” doang karena sok-sokan mau masuk ke kelas berikutnya.

Moving Class 3 - Youthmanual

Lebih mandiri dan disiplin terhadap pola belajar

Ini dia yang terakhir tapi juga yang paling penting. Moving class nggak cuma membawa keseruan sepele buat para siswa SMK, tapi juga melatih kedisiplinan dalam pola belajar. Sekolah mengajarkan kita untuk disiplin memasuki kelas tanpa paksaan. Absensi yang diterapkan juga absensi kelas, gaes. Jadi mau masuk atau madol, pilihannya ada di tangan kita.

Menurut kepala sekolah saya waktu itu, siswa SMK haruslah dilatih mentalnya untuk menjadi profesional. Bukan cuma skills, kita juga diajarkan nilai-nilai untuk bekal di dunia kerja. Misalnya, beajar nggak telat datang ke kelas, bertanggung jawab sama barang-barang, membersihkan dan merapikan kembali kelas yang sudah kita pakai dan lain sebagainya. Team work dengan teman satu kelaspun jadi lebih berasa!

Moving Class 6 - Youthmanual

Sekolah kamu pakai sistem moving class juga? Mengalami hal-hal di atas nggak, sih?

Baca juga:

10 Hal Unik yang Cuma Dirasakan Anak Sekolah Menengah Kejuruan

Kuliah Setelah Lulus SMK - Apakah Harus Memilih Jurusan yang Sejalan?

(Sumber gambar: gettyimages.com, wikihow.com, fanforum.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1