Menu

4 Tipe Pelajar Saat Mendapatkan Tugas

Tahu nggak, sih, kamu? Gunanya guru memberikan tugas ke siswanya itu buat apa? Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa jauh kamu mengikuti pelajaran di kelas. Tentunya, sebagai pelajar, tugas adalah sebuah kewajiban yang harus dikerjakan.

Tapi, nggak semua guru punya cara mengajar yang sama, ya. Ada yang jarang memberikan tugas dan ada juga yang sering memberikan tugas, bahkan dadakan dalam porsi yang sangat banyak. Tugas-tugasnya pun beragam, ada yang sulit, ada yang mudah, ada yang berkelompok, hingga ada tugas individu.

Nah, walaupun tugas adalah bagian yang penting buat para pelaja. Tapi, para pelajar juga punya caranya masing-masing untuk menyelesaikan tugasnya, lho. Mulai dari tim gercep sampai tim yang ngerjain tugas di sekolah sebelum jam masuk kelas. Cari tahu, yuk. Kira-kira kamu masuk tipe yang mana, ya?

1. Tipe yang gercep

Tipe yang pertama adalah pelajar yang gercep a.k.a gerak cepat. Maksudnya, begitu guru memberikan tugas, tipe-tipe pelajar yang satu ini sebisa mungkin nggak mau menunda pekerjaannya. Sehingga ketika sudah sampai rumah, mereka langsung mengerjakan tugas tanpa beristirahat dan yang lainnya.

Well, bukan hal yang buruk, sih, kalau kamu termasuk tipe pelajar yang seperti ini, malah harus kamu pertahankan. Soalnya, itu menandakan kamu nggak suka menunda-nunda pekerjaan. Tapi jangan lupa juga buat makan dan minum terlebih dahulu, biar makin semangat buat ngerjain tugas.

2. Tipe yang sukanya menunda-nunda

Waktu jaman saya masih sekolah, saya sering banget bilang “nanti habis pulang sekolah, mau mandi dulu, makan, tidur setengah jam, trus ngerjakan tugas”. Lalu, apa yang terjadi? Apakah berjalan sesuai dengan apa yang saya katakan? Tetot! Tentu saja, nggak!

Hal tersebut tentunya nggak cuma saya aja, dong, yang mengalaminya. Kebanyakkan dari kamu pasti pernah melakukan hal ini juga. Iya, ‘kan?

Anyway, kamu pernah bertanya-tanya nggak, sih, kenapa bisa gitu? Padahal saya, kamu, dan yang lainnya sudah punya niat untuk mengerjakan tugas. Nah, yang jadi permasalah disini adalah cara merealisasikannya, gaes.

Seringkali kita mendapat banyak gangguan saat ingin mengerjakan tugas. Mulai dari terlalu nyaman di atas kasur, bermain game, scrolling media sosial, makan, menonton, dan lain-lain.

Semua itu membuat kita akhirnya menunda-nunda mengerjakan tugas. Dan tugas yang harusnya udah bisa selesai sejak awal, ujung-ujungnya tugas itu malah nggak jadi dikerjain.

Trus, gimana caranya biar kamu nggak terus-terusan terjebak nostalgia dalam tipe pelajar yang seperti ini? Kamu bisa baca selengkapnya di sini, ya.

3. Tipe yang dikerjakan saat deadline

Tipe selanjutnya ini masih berkaitan dengan tipe sebelumnya, gaes. Akibat kamu suka menunda-nunda tugas. Otomatis kamu jadi harus mengerjakan tugas-tugas tersebut dengan Sistem Kebut Semalam alias SKS alias terburu-buru. Bener nggak?

Bahkan karena terlalu banyaknya tugas. Saat pagi hari pun tugas itu belum selesai. Alhasil kamu harus lanjut ngerjain tugas itu di sekolah sambil contek sana sini.

Tapi, nggak semua tugas yang dikerjain dengan SKS itu karena terlalu sering menunda-nunda, kok, gaes. Bisa jadi, deadline tugas yang diberikan oleh guru terlalu mepet. Belum lagi kalau ada tugas dari guru lain yang harus dikumpulkan pada hari yang sama dengan porsi tugas yang sama.

Eitss… tapi, nggak tau lagi, kalau dari kamu-nya yang memang malas mengerjakan. Sehingga baru dikerjakan sehari sebelum atau di hari pengumpulan.

Intinya, tipe pelajar yang satu ini jangan kamu tiru apalagi dipelihara, deh! Soalnya, pasti bakal ngerugiin kamu banget, deh!

4. Tipe yang cari teman sepenanggungan

Hayooo ngaku! Siapa diantara kamu yang sukanya mencari teman sepenanggungan yang belum mengerjakan tugas? Jadi kalau dihukum karena belum ngerjain tugas , enak—ada temannya dan nggak perlu malu. (Bahkan ada juga, lho, yang ajakin teman-temannya buat ngerjain tugas besok paginya di sekolah sambil nyontek tugas temennya yang sudah selesai. Ckckck)

Pernah ngebayangin, nggak? Kalau kamu punya teman yang sudah setia jadi sepenanggungan saat nggak ngerjain tugas, secara tiba-tiba jadi mengerjakan tugas? Of course, kamu jadi panik sendiri karena jadi satu-satunya yang belum mengerjakan tugas.

That’s why, kamu yang termasuk dalam tipe ini, saya sarankan untuk mulai nggak ketergantungan sama temanmu lagi. Cobalah untuk menjadi diri sendiri dan belajar bertanggung jawab sama tugas-tugas sekolahmu, ya, gaes.

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: homeworkhelpglobal.com, youtube.com)

LATEST COMMENT
Fasyni Sirojuddarori | 10 jam yang lalu

menarik! ikutan nanya... hehe

Ini, Lho, 5 Jurusan Buat Kamu yang Nggak Suka Matematika!
Rika Pratiwi | 15 jam yang lalu

mau tanya, kalo pindahan semester 3 ga terima jalur undangan snmptn ga?

10 Perubahan Penting SNMPTN dan SBMPTN 2019
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2019 Rencanamu ©