Ke Sekolah Pakai Makeup? Lebay Nggak, Sih?

Cewek, tuh, pasti selalu ingin tampil cantik, termasuk saat ke sekolah. Wajar aja, sih. Tapi kalau sampai pakai makeup ke sekolah, lebay atau wajar, ya?

1. Semua tergantung niat

Pertama, kita bicara soal niat dulu, ya. Kalau niat kamu ber-makeup-ria ke sekolah memang sudah “salah”—misalnya, untuk menarik perhatian cowok-cowok dan menjaring “fans” sebanyak-banyaknya—kegiatan ber-makeup ke sekolah memang jadi nggak benar. Niat ke sekolah seharusnya untuk mencari ilmu dan prestasi, bukan untuk centil-centilan atau mencari gebetan sebanyak-banyaknya.

Apalagi kalau niat kamu dandan adalah supaya jadi yang paling cantik di sekolah, sehingga secara nggak langsung “menyaingi” atau mengintimidasi cewek-cewek lain. Yang lebih gawat kalau dandanan dan sikap cecentilan kamu disalah artikan oleh… guru. Oh, no!

Niat dandan yang oke adalah, misalnya, untuk membuat kamu lebih percaya diri dengan penampilan kamu.

Jadi, kalau niatnya begitu, boleh, nih, pakai makeup ke sekolah?

2. Tergantung gaya makeup-nya

Soal pantas atau nggaknya pakai makeup ke sekolah, sebenarnya tergantung gaya dandan kamu juga. Gaya dandan ada bermacam-macam. Ada gaya natural, korektif, fashion, dan sebagainya. Jadi kalau ditanya boleh dandan ke sekolah apa nggak, jelas tergantung gaya makeup-nya.

Nggak mungkin, dong, kamu pergi ke sekolah dengan dandanan menor ala Syahrini, lengkap dengan contouring, highlight, dan bulu mata palsu? Memakai eyeliner yang agak tebal aja rasanya aneh. Sebaliknya, oke-oke aja kalau kamu sekedar pakai, misalnya, BB cream, bedak, tinted lipgloss, dan maskara.

Walaupun kamu punya seperangkat alat makeup komplit di bayar tunai, bukan berarti semuanya harus dipakai ke sekolah ‘kan? Malu juga, ah, sama teman-teman kalau kamu terlihat paling menor di sekolah. Apalagi kalau kamu cowok. #eaaaa

Kalau kamu bingung cara dandan yang natural, ada banyak banget tutorial makeup look natural di Youtube yang bisa kamu tonton. Eksperimen aja, untuk mencari tampilan yang paling cocok dengan karakter wajah kamu.

3. Pahami aturan dari sekolah

Setelah paham cara dandan yang natural untuk ke sekolah, kamu musti paham juga peraturan sekolah kamu. Jangan lupa, kamu ‘kan berada di lingkungan sekolah yang punya tata tertib yang harus dipatuhi.

SMA saya dulu, sih, melarang siswinya memakai makeup. Alasan sekolah saya, selain karena dandan-dandanan di sekolah dianggap nggak etis, memakai makeup juga bisa menimbulkan kesenjangan terhadap siswi lain (yang nggak ber-makeup) serta mengganggu kegiatan belajar mengajar. Pemakaian makeup di sekolah hanya diperbolehkan untuk situasi tertentu, seperti saat harus tampil di pertunjukan pensi atau festival karnaval.

Kadang sekolah nggak hanya menetapkan aturan untuk tampilan makeup di wajah, tetapi juga, misalnya, untuk warna rambut dan warna (cat) kuku.

Setelah paham peraturan di sekolah kamu, sesuaikan deh makeup yang ingin kamu pakai. Obrolin juga dengan teman-teman kamu, tampilan seperti apa yang nggak kelihatan lebay.

Jadi, cantik ke sekolah itu boleh, asal jangan norak, ya :)

(sumber gambar: netsanity.net, Instagram @gemesinajah, loop.co.id)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 5 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1