Youthmanual Weekly: Berbagai Tips Jitu Belajar dan Menghadapi Ujian

Tiap minggu, Youthmanual merangkum lima artikel seru dan berfaedah untuk kamu. Menyambut masa hectic ujian dan tugas, minggu ini kami memberikan panduan tips belajar, trik menghadapi ujian dan tugas akhir, hingga mengatasi rasa jenuh plus malas. Good luck buat ujiannya, gaes!

1. MACAM-MACAM UJIAN DI UNIVERSITAS DAN TIPS MENGHADAPINYA

ujian

Beda dengan di bangku sekolah, saat kuliah ujiannya semakin  kompleks dan pengajarnya pun makin kreatif. Makin kreatif bikin mahasiswanya pusying tujuh keliling, maksudnya.

Tantangan ujian karya tulis, tentu akan beda dengan tes lisan. Apalagi kalau kamu dapat open book test, alias boleh buka buku selama ujian berlangsung. Jangan girang dulu, sob! Justru itu adalah tes yang tricky. Makanya, kamu perlu baca artikel ini buat bekal menghadapinya.

2. 12 TRIK BELAJAR YANG NGGAK LAZIM TAPI EFEKTIF

tips belajar

Tahu nggak sih, kalau font tulisan  bisa mempengaruhi seberapa efektif kamu belajar? Trus, menuliskan poin-poin penting tepat sebelum kamu menjawab ujian juga bisa membantu mengingat materi pelajaran. Parfum, camilan, serta televisi juga bisa jadi alat bantu belajar. Kok, aneh? Yup simak deh cara-cara nggak lazim (tapi positif) untuk menyukseskan ujian kamu.

3. 8 TIPS BELAJAR A LA HERMIONE GRANGER, SI PINTAR DARI GRYFFINDOR

hermione

Ilmu baru lagi nih, yang bisa didapatkan dari seri Harry Potter, yaitu tips belajar a la Hermione. Tau dong, karakter si straight A’s student ini?  Penulisnya, J.K. Rowling, memaparkan dengan cukup detail apa saja kebiasaaan dan sifat Hermione, yang membuat dia jadi brilian. Di antaranya, bawa buku ke mana-maa untuk dibaca saat waktu luang dan rajin mencatat. Bisa kamu contek!

4. TEKNIK POMODORO, TEKNIK BELAJAR YANG EFEKTIF, EFISIEN, DAN BIKIN KAMU JAUH LEBIH FOKUS

pomodoro

Inilah salah satu teknik belajar yang perlu banget kamu coba menjelang ujian: teknik pomodoro. Kelebihan teknik ini adalah memacu kamu untuk menyerap pelajaran (atau menyelesaikan tugas) semaksimal mungkin dalam waktu yang relatif singkat. Bukan berarti belajar versi kilat, lho. Tapi lebih ke mamanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan FOKUS. Cek cara belajar dengan teknik pomodoro di artikel ini.  

5. 15 TIPS UNTUK KAMU YANG SEDANG MALAS-MALASAN ATAU KEWALAHAN MENGHADAPI SEGUDANG TUGAS DAN MATERI BELAJAR

kartun nikah

Salah satu cobaan menjelang ujian adalah kalau kamu kehilangan motivasi dan gairah belajar. Rasanya pengen rebahan di kasur dan jadi putri tidur, trus bangun-bangun saat minggu ujian kelar. Kalau kemalasan itu dituruti bisa ikutan kelar juga hidup kamu, sob!

Makanya praktekkin deh 15 cara simpel ini untuk melawan rasa malas dan kewalahan. Antara lain adalah dengan memasang quote penyemangat, memaksakan diri belajar selama “5 menit lagi”, dan sebagainya. Membantu banget, lho!

(Sumber gambar: newgrounds.com, bustle.com kaplanuniversity.edu, yourstory.com, calm-omatic.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 5 jam yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1