8 Tips Belajar a La Hermione Granger, si Pintar dari Gryffindor

She is Muggle, yet she is one of the best witches in Hogwarts.

Kalau kalian pecinta serial Harry Potter, kalian pasti kenal banget sama Hermione Granger, tokoh cewek berambut keriting yang galak tapi pintar banget ini. As you know, Hermione adalah seorang Muggle, alias bukan keturunan penyihir. Meskipun begitu, Hermione adalah salah satu penyihir terbaik di Hogwarts!

Apa, sih, rahasianya? Kali ini Youthmanual mau ngasih kamu tips belajar a la Hermione Granger!

Hermione selalu mencari referensi dari berbagai buku

Hermione nggak pernah puas mencari referensi dari satu buku aja. Kalau lagi belajar atau mencari tahu tentang sesuatu, dia bakal terus menggali informasi dari berbagai buku referensi.

Saat belajar, Hermione suka menumpuk beberapa buku sekaligus

Hermione suka banget belajar di meja yang besar, supaya dia bisa naro beberapa buku sekaligus. Dengan demikian, Hermione nggak perlu bulak-balik ke rak saat perlu buka buku dari mata pelajaran lain. Ini bikin waktu belajar jadi lebih efektif. Boleh, nih, contek kebiasaan Hermione untuk mengambil semua buku-buku yang kamu perlukan saat belajar, terus tumpuk semua di meja!

Hermione selalu bawa buku kemanapun dia pergi

Sadar nggak kalau Hermione sering banget bawa buku kemana-mana? Jadi kalau dia lagi menunggu Harry atau Ron, dia bisa menghabiskan waktu dengan membaca buku. Hermione juga sering bawa buku dalam perjalanan, bahkan ke kasur, untuk dibaca sebelum tidur. Hal ini sebenarnya kebiasaan yang baik, karena menurut penelitian, selama kita tidur, memori kita diperkuat. Jadi kalau kamu membaca buku sebelum tidur, materi bacaan kamu bisa jadi tersimpan dalam otak dengan lebih baik.

Hermione belajar dari materi yang paling mudah dulu

Kalau kita paham dasar-dasar sebuah pelajaran dengan baik, kita bakal gampang memahami materi lanjutannya. Jadi, mulailah belajar dari materi dasar yang paling mudah. Menurut Hermione, dia nggak akan bisa melafalkan mantra dengan benar, kalau dia belum bisa mengayun tongkat dengan baik. Hear that, Neville Longbottom!

Hermione suka ngetes dirinya sendiri

Hermione sering banget nanya pertanyaan ke dirinya sendiri, trus dijawab sendiri juga! Tanya-jawab sendirinya dilafalkan dengan keras dan jelas pula, bukan dalam hati. Walaupun rentan terlihat kayak orang gila, tanya-jawab sendiri begini bisa bikin kamu makin paham ingat dengan materi yang kamu pelajari.

Menjelang belajar, Hermione nggak makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak bikin metabolisme tubuh bergerak lambat. Itulah sebabnya, kita suka ngantuk kalau habis makan banyak, gaes. Nah, Hermione sering banget ngomelin Ron kalau dia makan sesuka hati sebelum mereka belajar bareng, soalnya, habis itu, Ron pasti langsung jadi lemot!

Hermione rajin mencatat pelajaran serta membuat jadwal belajar yang baik

Hermione hobi mencatat ulang pelajaran di kelas. Dia bahkan sering belajar duluan sebelum masuk kelas, supaya bisa menjawab pertanyaan sang profesor di kelas tersebut. Hermione juga selalu membuat jadwal belajar yang teratur, untuk menentukan kapan dia harus belajar, berapa lama dia harus belajar, apa yang harus dia pelajari, dan berapa lama durasinya.

Kamu juga bisa, kok, menjadi se-terorganisir Hermione. Misalnya, dengan menandai catatan kamu dengan warna yang berbeda-beda. Misalnya, gunakan stabilo kuning untuk menandai rumus-rumus tertentu, dan gunakan stabilo hijau untuk menandai poin-poin penting dari materi tersebut.

Hermione also takes a break!

Last but not least, Hermione selalu istirahat, kok, gaes! Nggak belajar melulu. Setelah belajar beberapa saat, biasanya Hermione ngasih jeda ke dirinya sendiri jeda buat refresh. Refreshing a la Hermione bisa dengan nongkrong bareng Harry dan Ron, atau sekedar makan camilan dari toko Honeydukes di Hogsmeade.

Selamat mencoba, muggles!

study like hermione granger

(sumber foto: bustle.com, buzzfeed, sugarscape.com, hercampus.com, pinterest.com, .keepcalm-o-matic.co.uk)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
vegas4D | 14 hari yang lalu

Raih Kemenangan Besar di Vegas4D. daftar vegas4d vegas 4d https://vegas4d.xyz/ https://vegas4d.store/

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
syakila putri | 2 bulan yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 2 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 3 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 4 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1