13 “Sinyal” Dari Tubuhmu yang Menandakan Bahwa Kesehatan Fisikmu Sedang Terganggu

Menjaga kesehatan tubuh—apalagi buat kamu anak muda yang punya segudang kegiatan—emang nggak mudah. Setuju?

Karena tubuh kita merupakan satu kesatuan yang kompleks, pastinya nggak mudah untuk memahami kondisinya secara spesifik. Mungkin ketika kamu ngerasain ketika tubuhmu meriang, gampang pegel, atau gejala yang lebih dikenal dengan masuk angin, barulah kamu sadar kalau ada yang salah dengan kesehatan fisikmu.

Eniwei, selain masuk angin, ada banyak banget “sinyal-sinyal” yang diberikan tubuhmu sebagai pertanda bahwa kesehatan fisikmu sedang terganggu, dan kamu harus segera mengantisipasinya. So, kalau tubuhmu mengirimkan “sinyal” seperti di bawah ini, ada baiknya jika kamu segera menindaklanjutinya agar nggak sampai membahayakan dirimu.

1. Warna urin yang lebih gelap

1

Yakin, deh, pasti banyak banget diantara kamu yang sering mengalami hal ini, tapi lebih memilih untuk mengabaikannya. Padahal, warna urin yang menggelap adalah tanda kalau kamu sedang mengalami dehidrasi berat. Untuk mengatasinya, pastikan untuk minum air putih minimal 2 liter dalam sehari dan jauhi dulu minuman yang bersoda dan berkafein untuk sementara.

2. Pandangan mengabur

Kalau pandanganmu sering mengabur, bukan berarti kamu kudu rebahan terus cus bobok, lho, ya. Artinya, otot-otot matamu mengalami kelelahan, dan bisa jadi ini adalah pertanda awal dari astigmatisme atau rabun jauh. Kalau kamu sudah keburu mengalami hal ini, segera periksakan ke dokter mata terdekat, ya.

3. Lingkaran hitam di bawah mata

Nah, kalau ini baru tandanya kamu kurang tidur, gaes. Ada baiknya jika kamu biasakan untuk tidur berjadwal (6-7 jam/hari) untuk mengatasinya. Oya, lingkaran hitam di bawah mata juga memiliki indikasi kalau kamu mengalami gejala anemia, which is harus segera ditangani dengan mengonsumsi lebih banyak vitamin B.

4. Bibir pecah-pecah, terutama bagian pinggir

4

Umumnya, sih, bibir pecah-pecah selalu diasosiasikan dengan dehidrasi. Tapi, jika hanya terjadi di bagian pinggir bibir dan sulit hilang, artinya kamu kekurangan vitamin B12 yang dapat berlanjut ke penyakit anemia. Anjurannya nggak jauh beda seperti jika kamu mendadak memiliki lingkaran hitam di bawah mata, yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin tersebut.

5. Sembelit

Kalau yang ini udah pasti ada masalah pada saluran pencernaanmu, dong, ya. Ketika kamu mengalami sembelit, akan semakin banyak toksin (racun) yang menumpuk pada tubuhmu, which is not a good thing. Agar sembelit kamu nggak berkepanjangan (duh), perbanyaklah konsumsi makanan yang berserat dan kurangi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh.

6. Kalau tidur… ngorok!

Ada, lho, yang biasanya kalau tidur anteng banget, tapi kalau lagi kelelahan berat tiba-tiba bisa ngorok tanpa sengaja. Selain menandakan kalau tubuhmu lagi kelelahan berat, mengorok saat tidur juga bisa menandakan kalau kamu terkena sindrom sleep apnea atau gangguan pernapasan akibat terhambatnya pasokan oksigen ke otak.

7. Jari tangan berubah warna

7

Kamu pernah mengalami kondisi seperti gambar di atas? Hati-hati, hal ini ternyata nggak bisa kamu anggap sepele, gaes. Fenomena ini dikenal dengan sindrom Raynaud, dimana arteri kecil nggak bisa menyuplai darah secara normal akibat suhu yang terlalu dingin atau stres. Intinya, sih, kamu jangan sampai terlalu lama berada di ruangan yang dingin atau stres, ya. Hihihi.

8. Kulit gatal-gatal

Kulit gatal-gatal pun juga nggak melulu soal alergi, lho, sob. Meskipun sepele, hal ini juga bisa menjadi gejala awal gangguan hati jika gatal-gatal yang kamu alami cukup sering dan mengganggu. Jika disertai dengan pengelupasan kulit, ada kemungkinan kalau kamu terkena infeksi jamur, dan akan lebih baik jika bisa kamu tangani dengan segera.

9. Ubanan

Meskipun ada yang bilang uban prematur disebabkan karena faktor genetik, keadaan ini juga menjadi pertanda bahwa kamu mengidap penyakit yang cukup kronis. Kalau di usia segini uban sudah menutupi lebih dari 50%  kepalamu, bisa jadi kamu mengidap penyakit diabetes. Harus segera ditindak lanjuti ke yang profesional dalam bidangnya, nih!

10. Muncul garis pada kuku

10

Suka heran ketika tiba-tiba muncul semacam “jendolan” horizontal di kukumu? Kondisi ini dikenal dengan nama garis Beau dalam dunia medis, yang menandakan kalau tubuhmu sedang mengalami malnutrisi. Yup, artinya kamu harus mengevaluasi lagi menu dietmu agar tubuhmu nggak sampai kekurangan gizi.

11. Perut buncit

Kebalikan dari fenomena sebelumnya, perut buncit (ehem) pastinya memiliki arti kalau menu dietmu harus disusun ulang agar kamu nggak sampai obesitas. Trus, kondisi ini bisa membuat kamu terkena risiko penyakit jantung lebih besar dibanding mereka yang bisa mengatur pola makannya dengan lebih baik.

12. Telinga berdengung

Emang, sih, dengungan di telinga nggak semengganggu kulit yang gatal atau bahkan sembelit. Tapi, kalau terjadi terus-terusan, hal tersebut adalah peringatan bahwa telingamu terlalu sering terkena exposure bunyi-bunyian yang terlalu keras. Gampangnya, sih, kamu tinggal hindari lingkungan yang terlalu berisik, atau nggak menyetel musik terlalu keras jika menggunakan earbuds.

13. Jerawatan

13

Tahu nggak, sih, kalau kondisi kesehatan tubuhmu sedikit-banyak bisa dikontrol lewat hal ini? Selain sebagai indikator tingkat stres yang sedang kamu alami, jerawat juga menandakan kesehatan organ internal di dalam tubuhmu. Jadi, jika kamu memiliki jerawat yang kerap hilang-pergi sewaktu-waktu, tandanya kamu harus mengontrol kesehatan organ internalmu dengan lebih baik lagi.

***

Di tengah-tengah kesibukan menjadi pelajar dan mahasiswa yang aktif, jangan sampai lupa memperhatikan kesehatan tubuhmmu, ya, gaes. Apalagi di cuaca yang nggak stabil seperti akhir-akhir ini. Jangan sampai produktivitasmu terganggu karena kamu nggak sampai menyadari “sinyal-sinyal” ini sejak awal!

(sumber gambar: twimg.com, cdn.com, onlypurenature.com, wikimedia.org, thingshealth.com, unilab.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 28 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1