5 Cara Agar Kamu Bisa Belajar dengan Efektif

Belajar merupakan suatu proses yang pasti dialami oleh setiap orang. Belajar nggak hanya selalu di sekolah atau di kampus, nih, gaes, ketika kamu mencoba untuk mengetahui sesuatu secara mendalam, well, itu pun sudah termasuk belajar, lho, gaes. Misalnya, nih, kamu penasaran ingin mengetahui jawaban dari suatu soal matematika. Usahamu seperti mencari cara penyelesaian soal di buku catatan, mencari contoh penyelesaian, memahaminya satu per satu, hal tersebut sudah termasuk ke dalam proses pembelajaran.

ajar, hal yang diharapkan ialah kamu mampu memahami berbagai hal sesuai dengan apa yang kamu pelajari. Tetapi, pasti banyak dari kamu alih-alih mendapatkan pemahaman, kamu malah bingung atau malah nggak paham dengan apa yang kamu pelajari. Nah, kalau kamu pernah ada dalam fase ini, kamu jangan menganggap bahwa materi yang sedang kamu pelajari merupakan materi yang sulit. Kamu juga jangan salahkan bukunya yang sulit dalam menerangkan sesuatu.

Sebelum kamu menyerah dan menyalahkan apapun, cobalah untuk lihat lagi cara belajarmu. Apakah cara belajarmu sudah efektif? Kalau jawabanmu adalah belum, cobalah untuk lakukan hal-hal berikut agar kamu memiliki pembelajaran yang efektif, ya. Hmm... Ada apa saja, nih?

1. Cobalah untuk teratur

Yes, get organized! Ketika kamu memiliki kebiasaan yaitu organized  alias teratur, saya yakin, kamu akan terbantu ketika ingin memahami suatu materi pelajaran. Dengan kamu yang terbiasa teratur, pasti kamu nggak akan malas untuk menandakan halaman yang telah kamu pelajari hari ini. Kamu pun pasti akan memiliki map untuk meletakkan semua hasil foto kopi ataupun lembaran yang diberikan oleh guru atau dosenmu di suatu map yang berdasarkan mata pelajaran yang dipelajari.

Ketika kamu memiliki kebiasaan yaitu teratur, kamu akan dengan mudah mendapatkan kertas atau menemukan halaman-halaman yang ingin kamu pelajari atau dibaca. Kamu pun nggak akan menghilangkan suatu kertas penting ketika kamunignin membacanya. Ketika kamu orangnya terorganisir atau teratur, nggak ada satu kertas pun yang tercecer ketika kamu ingin mempelajarinya.

Pokoknya, ketika kamu memiliki kebiasaan teratur, kamu akan dimudahkan ketika belajar sehingga waktu belajarmu tergunakan seefesien mungkin. Jadi, nggak ada ceritanya tuh kamu harus obrak-abrik tas dulu, loker atau sebagainya sebelum belajar.

2. Cobalah untuk perhatikan gurumu

perhatikan gurumu

Ketika kamu ingin memiliki kebiasaan belajar dengan efektif, cobalah untuk mendengarkan dan memperhatikan gurumu dengan sungguh-sungguh, ya. Menurut saya, waktu belajr yang paling efektif adalah ketika kamu duduk di dalam kelas. Sebisa mungkin, cobalah untuk duduk di bangku paling depan, ya.

Ketika kamu duduk di bangku yang paling depan, kamu nggak akan terganggu dengan orang-orang di sekitarmu yang mungkin akan mengajakmu untuk mengobrol. Selain itu, pandangan kamu pun nggak akan tertutup oleh kepala atau rambut orang-orang yang berada di depanmu. Sehingga, pada akhirnya, kamu dapat lebih fokus mendengarkan apa yang dibicarakan oleh gurumu. Kamu juga bisa melihat semua catatan gurumu yang tertulis di papan tulis.

Sewaktu saya masih duduk di bangku SMA dan bangku kuliah, saya sering sekali duduk di bangku paling depan. Hal ini tentunya membantu saya dalam belajar, lho. Pada akhirnya, saya lulus dari bangku sekolah dan kuliah dengan nilai yang cukup terbilang baik. Maka dari itu, gaes, yakin, nih, masih tetap mau duduk di bangku paling belakang?

3. Pastikan kamu bebas dari gangguan

Nah, duduk di bangku paling depan merupakan salah satu cara kamu bebas dari gangguan, gaes. Dengan duduk di bangku paling depan, kamu bebas dari gangguan teman-teman kamu yang mengajak mengobrol dan kamu juga bebas dari halangan kepala dan rambut orang, hehe. Pada akhirnya kamu bisa deh, dengan leluasa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari gurumu.

Selain itu, ketika kamu belajar di rumah, pastikan juga kamu terbebas dari gangguan, ya. Biasanya ketika di rumah, gangguan belajarmu ialah smartphone, televisi dan bahkan kasur. Nah, maka dari itu, gaes, ketika kamu belajar cobalah untuk singkirkan smartphone-mu terlebih dahulu. Kamu bisa meletakannya di dalam lemari atau laci. Jangan lupa juga matika notifikasinya, ya. Kalau kamu tetap menyalakan bunyi notifikasi, saya yakin, bukannya kamu belajar, malahan kamu sibuk mengecek media sosialmu.

Kalau bisa, cobalah cari tempat belajar yang nyaman dan jauh dari televisi dan kasur, ya. Kalau kamu belajar dekat dengan televisi, yang ada kamu malah nonton, lagi. Begitu pun dengan kasur, biasanya, ketika kamu dekat dengan kasur, kamu malah jadi malas belajar dan lebih memilih untuk berleha-leha.

4. Pastikan kamu memiliki catatan

punya catatan

Nah, kalau kamu hanya mendengarkan guru atau dosenmu berbicara, saya yakin, beberapa waktu yang akan datang, kamu akan lupa dengan apa yang diajarkannya. Maka dari itu, daripada kamu hanya sekedar mendengarkan, ada baiknya kalau kamu pun mencatat apa yang diajarkan oleh guru atau dosenmu.

Dengan kamu mencatat apa yang diajari oleh guru atau dosen, kamu akan lebih bisa menghafalnya atau mengingatnya dalam waktu yang lama ketimbang kamu hanya mendengarkannya. Kalau pun kamu lupa dengan apa yang diajarkan, jangan khawatir, kamu masih memiliki catatan yang bisa kamu pelajari.

Percayalah, gaes, catatan itu nomer wahid kepentingannya alias sangat teramat penting! Ketika saya kuliah, banyak, lho, dosen yang mengeluarkan soal ujian berdasarkan apa yang ia jelaskan. Kalau kamu nggak terbiasa menulis apa yang diajarkan dosen, saya yakin, kamu akan missed dalam mengerjakan soal-soal ini. Jadi, biasakan dirimu mencatat apa yang diajarkan oleh guru atau dosenmu, ya!

5. Coba tanyakan jika kamu nggak mengerti sesuatu

Nah, ketika gurumu atau dosenmu menjelaskan sesuatu, pasti ada beberapa bagian yang kamu masih belum mengerti kan? Daripada kamu diam-diam saja dan tetap nggak mengerti, lebih baik, kamu tanyakan hal yang nggak kamu pahami ke dosen atau gurumu, ya.

Dengan kamu bertanya, kamu nggak hanya menduga-duga tentang hal tersebut. Kamu menjadi paham dengan apa yang diajarinya. Sehingga, ketika kamu menjalani suatu ujian

***

Kalau kamu sedang belajar, tetapi, tiba-tiba kamu merasa bahwa kamu nggak memahami apa yang sedang kamu pelajari dan kamu merasakannya untuk waktu yang lama, cobalah untuk lihat cara belajarmu. Apakah kamu sudah belajar dengan cara yang benar? Apakah kamu sudah menciba belajar seefektif mungkin? Apakah kamu sudah mencoba melakukan hal-hal yang dapat membuatmu belajar dengan efektif?

Nah, kalau gitu, cobalah untuk belajar efektif dengan kelima cari di atas, ya. Mau bagaimana pun cara dan tipe belajarmu, jika kamu mencoba melakukan kelima cara di atas, saya yakin hal tersebut dapat membantumu untuk memahami suatu materi yang sedang ingin kamu pahami. Jadi, jangan malas untuk mencoba melakukan kelima hal di atas, ya!

Baca juga:

(Sumber gambar: psychcentral.com, rimma.co, boredteacher.com)

LATEST COMMENT
Firana Fadzan | 11 menit yang lalu

Sayaaaa sekaliiiii

10 Tanda Kamu Anak IPA, Tapi Hatinya IPS. Ejiyeeee!
Najwa vika | 13 jam yang lalu

Kak aku mau tanya, untuk snmptn 2020 jurusan tata busana apakah menggunakan portofolio juga?

Ingin Masuk Jurusan Seni dan Olahraga di SNMPTN-SBMPTN 2019? Tanpa Uji Keterampilan, Inilah yang Perlu Disiapkan!
Yasmien Annisya Aulia | 21 jam yang lalu

kak maksud daya tampung snmptn itu apa ? misalnya jurusan fkip ppkn itu daya tampungnya 16 , nah itu daya tampung yang diterima dr setiap sekolah atau gimana ?

Pengertian Keketatan Persaingan, Daya Tampung, dan Peluang dalam SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri
Hikmah Rahmah | 21 jam yang lalu

memang lebih banyak diperlukan di perusahaan asuransi tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat bekerja di instansi pemerintah, dosen/peneliti, wirausaha dengan membuka kantor aktuaris sebagai konsultan aktuaria dll

Kalau Kamu Suka Akuntansi dan Matematika, Coba Lirik Jurusan Kuliah Aktuaria. Prospek Kerjanya Wow!
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2020 Rencanamu ©