5 Hal Sederhana (Tapi Bermanfaat) yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mempersiapkan Diri Menjelang Ujian

Biasanya memasuki bulan Desember itu identik dengan masa-masa ujian akhir bukan? Nggak cuma di tingkat SD hingga SMA, tetapi juga di tingkat universitas.

Berbagai cara pun dilakukan para murid maupun mahasiswa dalam mempersiapkan diri menjelang ujian. Mulai dari mengikuti les, meminjam catatan teman, hingga belajar satu hari sebelum ujian a.k.a Sistem Kebut Semalam (SKS).

Namun, sebenarnya ada hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan menjelang ujian, lho. Hal sederhana tersebut juga nggak bikin repot dan rumit, serta hasilnya dijamin maksimal. Mau tahu apa hal-hal sederhanan tersebut? Yuk, simak selengkapnya di bawah berikut ini.

1. Atur jadwal belajarmu dengan baik

Dua atau satu minggu sebelum ujian, ada baiknya kamu mengatur jadwal belajarmu. Misalnya, satu jam pagi hari sebelum aktivitasmu dimulai. Lalu, dua jam di malam hari sebelum kamu tidur.

Lakukanlah hal ini setiap harinya. Tapi… ingat! Nggak perlu terlalu diforsir. Susunlah jadwal belajar yang fleksibel supaya kamu nggak tertekan dan merasa stres.

Menjelang ujian bukan berarti kamu harus belajar 24/7, ya, gaes. Kamu tetap bisa istirahat dan sedikit refreshing, kok.

2. Kurangi melakukan hal-hal yang nggak penting

Kamu sadari atau nggak, ternyata ada banyak hal di sekitarmu yang bisa mengalihkan perhatianmu pada saat kamu belajar. Sebut saja ponsel pintarmu, media sosial, jalan-jalan, rasa malas yang nggak bisa kamu lawan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, menjelang ujian sebaiknya kamu kurangi melakukan hal-hal yang nggak penting—seperti yang sudah disebutkan di atas. Daripada waktumu terbuang sia-sia, lebih baik kamu menggunakannya dengan belajar atau istirahat yang cukup. Bener nggak?

3. Membaca kembali semua catatan dan tulislah rangkuman yang mencakup semua materi

Yap, bener banget! Salah satu cara belajar yang paling sederhana dan sering dilakukan adalah membaca catatan.

Setelah membaca semua catatan, kamu bisa mencicil belajar dengan menulis rangkuman dari seluruh materi dari buku catatan atau buku pelajaran. Nggak perlu bertele-tele, cukup tulis inti dan poin-poin pentingnya saja, ya. Percaya, deh, rangkuman ini nantinya akan berguna dan bisa kamu bawa ke mana-mana.

4. Belajar kelompok bersama teman-teman

Selain belajar sendiri, nggak ada salahnya kalau kamu sesekali mencoba belajar bersama dengan teman-temanmu. Kamu bisa saling berbagi materi atau catatan untuk saling melengkapi. Siapa tahu, ‘kan, temanmu itu memiliki catatan materi yang terlewatkan olehmu?

Trus, kamu juga bisa melakukan sesi tanya jawab mengenai materi ujian untuk mengasah pengetahuanmu. Intinya, belajar kelompok itu lebih menyenangkan. Soalnya, selain bisa belajar, seenggaknya kamu bisa mengurangi rasa tegang dan stres saat akan menghadapi ujian.

5. Tambah referensimu dengan membaca dari berbagai sumber

Last but not least, selain memiliki pedoman dari catatanmu. Kamu bisa membaca materi-materi yang diujikan dari berbagai sumber lainnya—seperti dari buku-buku lain, jurnal, atau bahkan website. Hal ini patut kamu lakukan biar pemahamanmu terhadap materi jauh lebih dalam dan luas.

Oyaa, pastikan sumber-sumber materi-nya kredibel, ya, gaes, agar kamu nggak terkena masalah di kemudian hari.

***

Well, untuk mempersiapkan diri menjelang ujian ternyata mudah saja, ya. Cukup lakukan 5 hal di atas, maka hal tersebut bisa menjadi langkah buat kamu dalam menghadapi ujian. Jangan lupa juga buat berdoa dan meminta restu orang tua. Semangat!

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: theteflacademy.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 12 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 22 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1