8 Kegiatan yang Wajib Banget Dilakukan Oleh Para Mahasiswa!

Ketika kamu kuliah, bisa dikatakan bahwa kamu memiliki banyak hal dibandingkan ketika kamu masih duduk di bangku sekolah, nih, gaes. Hal yang kamu miliki ketika kamu kuliah ialah waktu yang lebih luang dibandingkan ketika masih duduk di bangku sekolah, kebebasan dalam melakukan aktivitasmu, memiliki banyak pilihan untuk mengisi waktu kuliahmu dan sebagainya.

Ketika kamu sudah menduduki bangku kuliah, kamu bukan lagi disebur sebagai "siswa" tetapi adalah "mahasiswa". Dengan sebutan "mahasiswa" kamu nggak perlu lagi diberikan mata pelajaran yang banyak dan kamu harus mengikuti semuanya. Kamu pun nggak lagi ditentukan waktu kapan kamu belajar. Ketika kamu duduk di bangku kuliah, kamu sudah bebas memilih apa yang baik untukmu. Karena kamu sudah bisa memilih dan nggak perlu lagi diatur-atur, maka, kamu disebut sebagai "mahasiswa".

Nah, karena kamu sudah berstatus mahasiswa, masa iya, sih, kamu cuma mau belajar terus-menerus? Masa iya, sih, kegiatanmu hanya berputar di dalam kelas? Padahal kamu memiliki banyak pilihan untuk memiliki pengalaman di berbagai bidang, lho. Daripada kamu hanya menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja karena kegiatanmu hanya di kelas, mending, ikuti beberapa tips berikut ini agar kamu menjadi mahasiswa yang luar biasa, yuk!

1. Aktif di dalam kelas

aktif didalam kelas

Meskipun saya bilang jangan hanya aktif di kelas, tapi, untuk menjadi mahasiswa yang luar biasa, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah aktif di dalam kelas. Nah, maksud dari aktif di dalam kelas ini apa, sih? Yap, aktif di dalam kelas ini berarti ketika ada diskusi di dalam kelas maka kamu akan mengeluarkan pendapat atau bertanya. Kalau dosen kamu bertanya maka kamu akan menjawabnya dengan benar, dan kamu pun akan mengerjakan semua tugas-tugas yang diberikan oleh dosenmu.

Aktif di dalam kelas ini pun dapat mempengaruhi nilai akhirmu nanti, lho. Kalau kamu ingin mendapatkan IPK yang bagus maka, cibalah untuk aktif di dalam kelas, ya. Hal ini pun menjadi suatu hal yang wajib untuk kamu lakukan kalau kamu ingin menjadi mahasiswa yang luar biasa, nih, gaes!

2. Ikut membantu proyek dosen

Ketika kamu duduk di bangku kuliahan, kamu akan sering banget, nih, disuguhkan dengan proyek-proyek. Hmm... Maksudnya proyek ini, apa, sih? Well, proyek disini adalah suatu karya ilmiah atau proyek ilmiah yang dilakukan oleh dosenmu. Biasanya, hal ini masuk ke dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu poin penelitian dan pengembangan, dan juga poin pengabdian masyarakat.

Dulu, saya pun pernah mengikuti proyek dari dosen, nih, gaes. Karena saya merupakan anak Jurusan Sosiologi, maka, proyek yang saya ikuti pun masih berhubungan dengan ilmu Sosiologi. Pada proyek ini, saya bertemu dengan banyak orang baru dan perspektif baru yang berhubungan dengan proyek yang saya garap bersama dosen saya.

Dengan mengikuti proyek bersama dosen, selain saya bisa mengasah ilmu-ilmu teori yang saya dapat di kelas, saya pun akhirnya memiliki pengalaman bekerjasama dalam ranah ilmu pengetahuan secara profesional. Saya pun bertemu dengan orang-orang baru yang bisa mengajarkan saya banyak hal. Nah, kamu yang berkuliah, aktiflah cari tahu tentang proyek-proyek yang sedang digarap oleh para dosen, ya!

3. Ikut organisasi kampus

Siapa bilang ikut organisasi kampus kerjaannya hanya nongkrong-nongkrong saja? Dengan mengikuti organisasi kampus, kamu akan belajar banyak hal, lho. Kalau kamu nggak suka ikut organisasi kampus seperti himpunan mahasiswa atau BEM, kamu boleh, kok ikutan UKM kampus. UKM kampus pun merupakan salah satu organisasi juga, kok.

Dengan mengikuti organisasi kampus, kamu akan belajar banyak hal, lho, diantaranya seperti kerjasama antar anggota kelompok demi terwujudnya cita-cita bersama, belajar berdiskusi dengan baik, belajar beropini dan berani mengeluarkan pendapat, bahkan, kamu pun akan belajar tentang birokrasi kampus juga, lho. Jadi, jangan sampai nggak ikutan organisasi kampus, ya, gaes!

4. Ikut kepanitian kampus

Kalau kamu nggak mau mengikuti organisasi kampus karena menurutmu kegiatannya terlalu padat dan akan bentrok dengan waktu belajarmu di kampus, kamu bisa banget, kok, untuk ikutan kepanitiaan kampus.

Ketika kamu mengikuti kepanitian kampus, kurang lebih kamu pun belajar berorganisasi, nih, gaes, namun nggak terlalu mengikat dan nggak terbatas pada satu organisasi saja. Saat kamu ikut kepanitian kampus, kamu pun akan belajar berdiskusi, belajar bertanggungjawab atas tugasmu, belajar untik konsisten dengan tugasmu dari awal hingga akhir dan sebagainya. Maka dari itu, untuk mendapatkan ilmu ini, cobalah untuk ikut kepanitian kampus, yuk!

5. Ikut program pertukaran pelajar

pertukaran pelajar

Kalau kamu ingin yang lebih keren lagi, cobalah untuk ikutan program pertukaran pelajar, gaes! Biasanya, program yang satu ini disediakan oleh pihak kampus, gaes. Kalau di kampusmu nggak menyediakan program yang satu ini, kamu bisa, lho, mencari program pertukaran pelajaran di luar kampus.

Program pertukaran pelajar ini pun banyak jenisnya, gaes, ada yang bisa dilakukan dengan beberapa bulan saja, ada yang bisa dilakukan selama setahun, ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Dengan mengikuti program pertukaran pelajar, kamu akan memiliki banyak keuntungan, lho, gaes seperti bertemu dengan orang baru, belajar beradaptasi, kalau kamu keluar negeri bisa belajar dan mengasah kemampuan bahasa asingmu dan sebagainya.

Nah, maka dari itu, gaes, mumpung kamu masih duduk di bangku kuliah dan memiliki banyak kesempatan untuk mencoba program pertukaran pelajar, maka, tunggu apa lagi? Yuk, segera ikuti program tersebut! Jangan sampai menyesal setelah kamu lulus, ya!

6. Ikut program sukarelawan

Nah, dengan mengikuti program sukarelawan, kamu juga memiliki banyak manfaat, lho. Kamu pun bisa mengasah diri menjadi mahasiswa yang lebih baik lagi! Kalau kamu ikut kegiatan sukarelawan, kamu akan belajar bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama, nih, gaes. Kamu pun akan belajar bertanggungjawab atas sesuatu yang kamu pilih.

Ketika kamu mengikuti program sukarelawan, kamu pun akan belajar berempati dengan topik yang kamu ambil untuk mdnjadi sukarelawan. Misalnya, kalau kamu ikut kegiatan sukarelawan dalam hal pendidikan, maka, kamu pun akan belajar berempati dengan anak-anak yang memiliki kekurangan kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Disini, kamu akan memiliki keinginan yaitu ingin mengajari anak-anak tersebut tanpa memikirkan pendapatan.

7. Ikut program magang

Yang satu ini merupakan salah satu hal yang saya anjurkan banget, nih, gaes! Kalau kamu mahasiswa kuliah, kamu wajib banget ikutan program magang. Seperti yang kita tahu, liburan anak kuliahkan banyak banget. Daripada kamu diam di rumah, tidur-tiduran scroll media sosial terus menerus dan sebagainya, mending kamu ikutan magang, deh!

Nggak hanya kamu bisa memperoleh pendapatan, magang pun dapat mengisi waktumu sehingga waktumu nggak terbuang sia-sia. Kamu pun bisa belajar banyak hal, nih, dari magang. Dengan magang, kamu bisa belajar bekerja secara profesional, memahami suatu pekerjaan di dunia kerja, mengasah soft skill maupun hard skill yang berhubungan dengan dunia kerja.

Pokoknya, dengan mengikuti magang, kamu nggak akan rugi, deh. Justru kamu memiliki banyak keuntungan. Sudah belajar banyak hal, kamu pun juga dibayar, lagi. Nggak hanya itu, kamu juga akan memperoleh jaringan pertemanan yang luas. Jadi, ketika kamu lulus dari dunia kuliah, lowongan pekerjaan pun akan terbuka luas untukmu.

8. Ikut kompetisi

Last but not least, kalau kamu ingin menjadi mahasiswa yang luar biasa, jangan ketinggalan untik mencoba ikut lomba, ya. Lomba ini nggak terbatas dengan jurusanmu, kok. Kalau kamu suka menulis, kamu bisa ikut lomba karya tulis. Kalau kamu suka membuat gambar, maka, ikutlah lomba menggambar dan seterusnya.

Dengan mengikuti kompetisi, kamu akan belajar banyak hal, gaes. Kamu bisa belajar bagaimana bisa menang dalam suatu perlombaan, bagaimana cara membuat suatu karya yang bagus, gimana caranya menerima kekalahan dan sebagainya. Jadi, nggak ada ruginya, deh, ketika kamu mengikuti lomba. Kalau kamu menang, bahkan kamu dapat keuntungan lainnya, lho.

***

Nah, itu dia delapan tips yang bisa kamu coba kalau kamu ingin menjadi mahasiswa yang luar biasa, nih, gaes! Sejujurnya, agak disayangkan, lho, ketika kamu sudah berkuliah tetapi kamu hanya sibuk di ruang kelas, saja. Padahal, ilmu pengetahuan itu bisa kamu dapatkan di luar kelas juga, lho.

Dengan ikut magang, berorganisasi, mengikuti kepanitiaan acara, ikut lomba, ikut proyek dosen dan sebagainya, akan memberikanmu banyak manfaat seperti pengalaman, teman baru, ilmu baru dan sebagainya. Nah, mumpung kamu masih berkuliah, perbanyaklah pengalamanmu. Dengan pengalaman yang baik, maka, kamu pun memiliki "bekal" ketika kamu di dunia kerja nanti. Semangat!

Baca juga:

(Sumber gambar: learninginnovation.duke.edu, mainmain.id, meramuda.com)

LATEST COMMENT
Mira Puspita | 3 hari yang lalu

Mas Andreas Gandhi, jujur saat ini saya adalah seorang ibu yang sedang mendoakan putranya karena takut kalo putra saya tinggal kelas dia akan di DO dari JB.

Cerita Seorang “Veteran”: Dari Nggak Naik Kelas Sampai Sukses Tembus PTN Impian
Fransiska Oktaviani | 7 hari yang lalu

open pp/endorse ig/tiktok bisa bayar seikhlasnya email ke [email protected] terimakasih

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Nindi Dwi Oktova | 7 hari yang lalu

Permisi aku mau nanya kalau murid pindahan jurusan ipa dari sekolah asal ke sekolah baru tapi berbeda pada mata pelajaran minat apakah bisa mengikuti SNMPTN? Ex:matpel minat sekolah asal ekonomi dan b.Inggris minat tapi di sekolah pindahan tidak ada matpel ekonomi dan pindah nya pada saat semester 2…

Tanya-Jawab Seputar SNMPTN 2021: Kriteria Penilaian dan Lainnya
Nanda Kyala | 9 hari yang lalu

Kak, jadi anak ipa bisa pilih utbk soshum atau campuran?

Lintas Jurusan di SBMPTN 2021 dan Peluangnya
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2022 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1