5 Jenis Kemampuan Komunikasi yang Wajib Banget untuk Kamu Miliki

Komunikasi merupakan suatu kemampuan yang penting banget dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali. Baik kamu anak sekolah, anak kuliahan maupun yang sudah bekerja, komunikasi merupakan kemampuan yang wajib banget untuk dimiliki. Memangnya, kenapa, sih, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi?

Well, jawabannya karena komunikasi itu akan dilakukan di berbagai macam aspek kehidupan. Ketika kamu bekerja, kamu membutuh komunikasi, berorganisasi kamu pun akan menggunakan kemampuan komunikasimu. Bahkan, ketika kamu menjalani hubungan saja, kamu pun akan menggunakan kemampuan komunikasimu, hehe.

Pada intinya, komunikasi merupakan hal yang kamu gunakan untuk menyampaikan suatu pesan baik itu informasi yang kamu dapatkan dari suatu data, suatu artikel, perasaan dirimu sendiri dan sebagainya. Nah, komunikasi ini digunakan agar tujuanmu dan kelompokmu dapat tercapai. Dengan komunikasi yang baik, kamu akan mudah dalam menjalani kehidupanmu.

Tahukah kamu? Kemampuan komunikasi itu memiliki beragam macamnya, lho. Kemampuan komunikasi ini nggak hanya selesai dalam hal jago ngobrol, jago minggle sama orang baru, jago menjelaskan apa perasaanmu dan sebagainya. Namun, kemampuan komunikasi ini memiliki ragam yang lebih luas. Hmm... Lalu, jenis kemampuan komunikasi apa yang paling dibutuhkan kamu, ya?

1. Non-verbal communication skill

Lho? Kok, komunikasinya nggak verbal? Bukannya komunikasi itu selalu verbal? Eits... Jangan salah, gaes. Komunikasi pun ada yang non-verbal, lho. Hmm... Komunikasi non-verbal contohnya apa, ya? Yap, menulis artikel pun merupakan komunikas non-verbal, gaes. Ketika kamu menulis artikel, kamu menyampaikan apa yang kamu pikirkan melalui tulisan. Nah, selain menulis artikel, contoh lain komunikasi non-verbal adalah mengatakan atau menyampaikan pesan melalui chat dari aplikasi, email maupun surat.

Hmm... Kenapa, sih, kemampuan komunikasi non-verbal ini menjadi suatu hal yang penting untuk kita miliki? Jawabannya adalah meskipun terlihat sederhana dan nggak penting, namun, pada kenyataannya salah satu kemampuan komunikasi ini penting, lho, dalam kehidupan kita. Misalnya, ketika kamu bisa menjelaskan sesuatu via chat aplikasi, kamu dapat mencapai tujuanmu dengan mudah. Contoh, kamu sedang membagi tugas kelompok di grup chat. Nah, kemampuan komunikasi non-verbal ini penting untuk kamu miliki agar semua anggota kelompokmu paham atas pemabagian tugas mereka.

Selain itu, komunikasi non-verbal ini pun merupakan hal yang sangat penting untuk kamu miliki. Di dunia kerja, kamu akan sering menggunakan aplikasi atau email untuk berdiskusi. Lho, kenapa nggak ketemu atau telepon saja? Well, kesibukan setiap orang di dunia kerja berbeda-beda, gaes. Kamu nggak bisa memaksa mereka untuk mengobrol langsung atau telepon jika mereka nggak memiliki waktu luang. Akhirnya, chat atau email menjadi solusinya.

2. Influencing skill

Influencing skill adalah suatu kemampuan dimana kamu bisa mempengaruhi orang lain. Tetapi, kemampuan ini nggak untuk mempengaruhi hal-hal buruk kepada orang lain, ya. Kemampuan mempengaruhi ini biasanya digunakan ketika kamu melakukan negosiasi, lobbying dan sebagainya. Yes, bisa dikatakan bahwa kemampuan influencing ini dibutuhkan oleh semua orang tanpa terkecuali.

Contohnya, ketika kamu masih sekolah, kamu kan pasti mengikuti kegiatan organisasi. Nah, influencing skill ini digunakan agar orang lain dapat bekerja sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Kalau kamu sedang berdiskusi, influencing skill ini digunakan agar orang lain mau mendengarkan dan mau mengikuti apa saran yang kamu ajukan.

Ketika kamu melamar kerja, kemampuan ini juga dibutuhkan, lho. Hmm... Buat apa, ya, dibutuhkannya? Well, jelas dong supaya mempengaruhi si interviewer agar ia dapat mempertimbangkanmu untuk masuk ke perusahaan yang kamu lamar. Jadi, cobalah untuk memperkuat kemampuanmu dalam hal ini, ya.

3. Presentation skill

Yes, presentation skill merupakan kemampuan yang wajib banget untuk dimiliki oleh kamu. Kenapa sih, kok, kita harus bisa presentasi? Sudah jelas banget, dong, bahwa yang namanya presentasi pasti akan dilakukan di setiap saat mulai dari kamu masih duduk di bangku sekolah hingga kamu sudah bekerja.

Nah, presentasi itu nggak hanya sekedar membaca, nih, gaes. Presentasi pun memiliki triknya sendiri. Coba deh, kalau kamu presentasi dengan cara membaca. Bukannya orang lain mendengarkanmu, yang ada, orang lain akan tertidur selama presentasimu berlangsung. Nah, karena presentasi itu merupakan salah satu cara untuk menyampaikan pesan, cobalah untuk mengasah kemampuan presentasimu, ya, gaes.

4. Oral communication skill (jarak jauh)

komunikasi jarak jauh

Wah, duh, apaan lagi, nih? Yes, oral communication skill adalah kemampuan kamu dalam berkomunikasi secara langsung menggunakan mulut dan suaramu. Namun, karena kamu menggunakan komunikasi dengan orang yang jaraknya jauh, maka, kamu akan menggunakan perantara seperti telepon suara atau telepon video.

Hal ini pun penting untuk kamu kuasai, gaes. Mau bagaimana pun ketika kamu berkomunikasi face to face atau nggak langsung, keduanya memiliki perbedaan. Ketika kamu berbicara face to face kamu bisa melihat gestur dari orang tersebut dan kamu pun nggak harus selalu fokus dengan orang tersebut.

Beda ceritanya ketika kamu berinteraksi dengan orang lain melalui telepon. Pastinya, kamu nggak bisa melihat mereka, kan? Maka dari itu, mereka harus memiliki tutur yang bagus, intonasi suara yang baik, pelafalan yang jelas dan sebagainya. Begitu pun dengan telepon video, kamu harus fokus kepada orang tersebut dan orang tersebut pun harus memiliki triknya tersenduri agar terlihat baik ketika berkomunikasi melalui telepon video. Yap, intinya, kamu harus menguasai kemampuan komunikasi yang satu ini.

5. Effective communication  skill

effective communication skill

Pernah nggak, sih, ketika kamu berdiskusi sesuatu sama seseorang, orang tersebut malah memaparkan pendapatnya yang panjang banget tapi selalu muter-muter di topik atau pendapat yang sama? Atau pernah kah kamu mendengarkan penjelasan orang lain akan suatu hal, tetapi pembahasannya panjang dan kalau kamu dengerin, ternyata intinya hanyalah suatu hal yang simpel? Atau jangan-jangan, kamu sering melakukannya lagi?

Kalau jawaban kamu adalah iya, tandanya kamu kurang menguasai komunikasi yang efektif, nih, gaes. Komunikasi efektif adalah ketika kamu dapat menjawab atau menjelaskan sesuatu dengan singkat namun jelas bagi semua orang. Terkadang, karena kita ingin memastikan orang lain paham apa yang kita bahas, kita selalu mengulang-ngulang dan memutar-mutar apa yang ingin orang lain pahami atas apa yang kita bahas. Padahal hal tersebut bukanlah komunikasi yang efektif.

Nah, kalau kamu ingin memiliki komunikasi yang efektif, cobalah untuk melatihnya, ya, gaes. Kamu bisa melatih kemampuan ini dengan sering-sering berpendapat di dalam suatu diskusi. Cobalah minta tolong pada orang yang dekat denganmu untuk memberikan feedback, apakah kamu sudah menjelaskan sesuatu secara tepat, cepat dan jelas. Kemampuan ini harus sering-sering dilatih, ya, gaes.

***

Yap, itulah enam kemampuan komunikasi yang wajib banget untuk kamu miliki, gaes. Dengan kelima kemampuan komunikasi diatas, saya yakin, ketika kamu memiliki suatu tujuan, pasti, kamu akan mencapainya lebih mudah dibandingkan ketika kamu nggak memiliki kemampuan di atas.

Nah, kalau kamu belum memiliki kemampuan di atas, kamu wajib banget, nih, untuk melatih kemampuan tersebut. Kamu bisa mengasah kemampuan-kemampuan di atas dengan cara yaitu jangan membatasi dirimu untuk mengeksplor hal-hal baru ataupun hal-hal yang sudah kamu lakukan secara mendalam. Pokoknya, kamu nggak akan rugi, deh, jika membiasakan diri untuk melatih kemampuan di atas.

Baca juga:

(Sumber gambar: makingbusinessmatter.co.ukquora.comshrm.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 13 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 23 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1