5 Manfaat Tidur Miring ke Kiri Untuk Kesehatan

Kamu biasanya tidur dalam posisi apa, sih? Pertanyaan ini mungkin susah dijawab, karena saat sudah tertidur lelap (apalagi kalau udah nyenyak banget), kita pasti susah mengatur posisi tidur secara sadar. Mana peduli, lah. Yang penting tidur enak! Benar nggak, sih?

Tapi kalau bisa, sih, usahakan untuk sering-sering tidur dalam posisi miring ke kiri, deh. Demi kesehatan kamu, gaes! Lho, kenapa? Soalnya, tidur dengan posisi miring ke kiri bisa membuat…

1. Sistem kekebalan tubuh jadi lebih maksimal

Ternyata tidur miring ke kiri ada hubungannya sama sistem kekebalan tubuh, lho. Tidur miring ke kiri membuat tubuh menghasilkan cairan penyaring getah bening yang lebih baik dan maksimal. Cairan inilah yang membuat tubuh kamu punya sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Jadi mulai, deh, biasain diri tidur miring ke arah kiri, lalu perhatikan, apakah kamu jadi jarang sakit?

2. Pencernaan jadi lebih lancar. Goodbye, sembelit!

Tidur dengan posisi miring juga bisa menghindarkan kamu dari sembelit, sebab posisi tidur ini mempermudah usus besar membuang sisa makanan ke usus di bawahnya. Dengan kata lain, pencernaan kamu jadi lebih lancar, sehingga jadwal buang airmu pun makin teratur.

3. Menyehatkan jantung

Ketimbang tidur terlentang, kebiasaan tidur miring kiri juga lebih baik karena membuat sirkulasi jantung jadi lebih baik. Lumayan ‘kan, untuk mencegah sakit jantung di hari tua?

4. Bisa mengatasi gejala sakit maag

Sebuah penelitian dari The Journal of Clinical Gastroenterology mengungkapkan bahwa tidur miring kiri bisa mencegah refluks dan kenaikan asam lambung pada penderita maag. Jadi para penderita maag dianjurkan untuk membiasakan tidur miring ke kiri, untuk mengurangi gejala mual, muntah dan pusing yang sering mereka rasakan.

5. Menghindarkan potensi sakit punggung.

Sebenarnya, kebiasaan tidur terlentang di atas kasur yang terlalu empuk dan melengkung bisa membuat kamu berpotensi sakit punggung, lho.

Makanya, kita nggak dianjurkan untuk terbiasa tidur di kasur yang terlalu empuk. Tetapi kalau kamu susah berpisah dengan kasur empuk, minimal coba ganti gaya tidur kamu menjadi miring ke kiri, supaya kamu terhindar dari sakit punggung sekaligus mencegah sakit punggung berulang.

Selamat mencoba, ya!

(Sumber Gambar: merdeka.com, vemale.com. bantenzone.com)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 26 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 1 bulan yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 3 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1