Beragam Kegiatan yang Dilakukan Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan di Indonesia

Seperti yang diketahui, setiap tanggal 17 Agustus kita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Eits, tunggu dulu! Apakah kalian juga pada tahu kalau Indonesia bukan satu-satunya yang merayakan kemerdekaan di bulan Agustus?

For your information, ada sekitar 27 negara yang merayakan kemerdekaan mereka di bulan Agustus dan 5 di antaranya termasuk kawasan Asia. Kira-kira negara mana saja dan kegiatan apa saja yang ada di negara tersebut untuk merayakan hari kemerdekaan?

1. Singapura (9 Agustus 1965)

Singapura merayakan kemerdekaan mereka dari Malaysia setiap tanggal 9 Agustus. Warga Singapura sendiri menyebut hari itu sebagai National Day of Singapore. Di hari tersebut, seluruh rakyat Singapura akan berkumpul untuk menyaksikan parade angkatan bersenjata dan menikmati pertunjukan kembang api di Marina Bay.

2. India (15 Agustus 1947)

Tanggal 15 Agustus merupakan hari di mana India merayakan kemerdekaan mereka dari Inggris. Di tanggal ini, rakyat India akan memberikan penghormatan mereka pada para pemimpin yang sudah berjuang demi kemerdekaan mereka di masa lalu.

Presiden India juga akan memberikan pidato "Address to the Nation" pada malam sebelum kemerdekaan. Sementara, pada 15 Agustus-nya, perdana menteri India akan mengibarkan bendera di Red Fort dan memberikan pidato.

3. Korea Selatan (15 Agustus 1945)

Masih di tanggal yang sama, yaitu 15 Agustus. Korea Selatan juga merayakan hari kemerdekaan mereka yang dinamai Gwangbokjeol atau hari di mana cahaya kembali.  

Untuk merayakan kemerdekaan-nya, Presiden Korea Selatan menggelar upacara di Sejong Center for the Perfoming Arts, Seoul atau di Independence Hall of Korea, Cheonan. Selain itu, berbagai macam museum dan situs bersejarah seperti istana di Korea Selatan akan dibuka secara gratis untuk umum.

4. Malaysia (31 Agustus 1957)

Negara terakhir yang merayakan Hari Merdeka atau Hari Kebangsaan-nya adalah Malaysia. Pada 31 Agustus setiap tahunnya, Malaysia memiliki tema tersendiri sehubungan dengan perayaan kemerdekaan mereka dari jajahan Inggris. Parade kemerdekaan juga akan digelar pada tanggal 31 Agustus nanti di Putrajaya, Malaysia.

***

Trus, gimana tradisi perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia ke-74 yang tinggal menghitung jam ini? Inilah beragam cara masyarakat Indonesia untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Memasang bendera

memasang bendera

Yaps! Sejak memasuki bulan Agustus, kita sudah bisa memasang bendera merah putih di rumah—bahkan dianjurkan bendera merah putih ini terus berkibar selama bulan Agustus.

Selain bendera, hiasan berwarna merah-putih juga ikut menghiasi lingkungan kita. Seperti umbul-umbul, balon, rangkaian botol plastik, dan lain-lain. Anyway, memasang bendera merah putih di setiap rumah atau lokasi lainnya telah diatur dalam Pasal 7 UU No 24 Tahun 2009, lho.

Dalam ayat empat dituliskan begini, "Bendera Negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai hak penggunaan rumah, gedung atau kantor, satuan pendidikan, transportasi umum dan transportasi pribadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri."

Upacara bendera

upacara bendera

Meskipun di kalender tanggal 17 Agustus 2019 jatuh di hari Sabtu dan merupakan tanggal merah setiap tahunnya. Jangan harap bisa bangkong alias bangun siang. Soalnya, tepat pada tanggal 17 Agustus, kita wajib mengikuti upacara bendera.

Yang anak sekolah biasanya mengikuti upacara bendera di sekolah. Yang mahasiwa mengikuti upacara bendera di kampus masing-masing. Sementara para orang tua bisa mengikuti upacara di kantornya atau di lingkungan rumah.

Berbicara mengenai upacara bendera, sejak tahun 2017 ada yang berbeda dari Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di Istana Negara, nih, gaes. Ya, seluruh peserta upacara yang hadir (termasuk Presiden dan Wakil Presiden) memakai pakaian adat dari seluruh daerah di Indonesia.

Menurut Presiden Jokowi, kebijakan ini untuk menunjukkan budaya Indonesia yang sangat beragam karena memiliki ratusan pakaian adat dari berbagai daerah dan kita sebagai Warga Negara Indonesia harus terus menjaga dan merawat identias bangsa ini.

Membangun gapura

gapura

Selanjutnya, ciri khas tradisi perayaan Hari Kemerdekaan di Indonesia adalah menghias gapura. Selain dihiasi bendera merah putih, ada juga gapura yang diberi hiasan gambar dan patung. Misalnya, gambar para pejuang, seperti Ir. Soekarno dan sebagainya. Menarik banget, ‘kan?

Pawai

pawai

Pawai sering juga disebut sebagai karnaval, gaes. Kegiatan ini adalah salah satu agenda wajib untuk memeriahkah hari kemerdekaan diselenggarakan mulai dari tingkat RW sampai tingkat nasional. Ada juga instansi pemerintah atau komunitas yang biasanya ikut memeriahkan pawai.

Karnaval sangat identik dengan hal-hal yang menarik. Misalnya karnaval baju adat daerah atau baju profesi, karnaval sepeda hias atau karnaval bunga. Pesertanya pun datang dari berbagai usia, anak-anak sampai dewasa.

Psst, penampilan paling menarik biasanya akan mendapatkan doorprize.

Aneka lomba

lomba

Beraneka ragam lomba juga membuat perayaan Hari Kemerdekaan makin semarak. Mulai dari lomba makan kerupuk, tarik tambang, balap karung, lomba lari sambil membawa kelereng, panjat pinang, dan sebagainya.

Selain ingin mendapatkan hadiah, tujuan ikut lomba juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan terhadap teman, tetangga dan lingkungan sekitar, gaes.

Panggung pertunjukan

Boleh dikatakan, inilah puncak perayaan Hari Kemerdekaan. Kamu yang memiliki keahlian seperti menari, menyanyi, membaca puisi, bermain drama, dan lain-lain diminta untuk menunjukkan kebolehan bakat-nya pada acara ini.

Nggak cuma itu, biasanya dalam acara ini juga diisi dengan orkes, pagelaran wayang atau doa bersama untuk kebaikan negeri Indonesia.

Diskon kemerdekaan

diskon

Nah, setelah kamu capek mengikuti serangkain acara Hari Kemerdekaan. Nggak ada salahnya buat jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Soalnya, saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia seperti ini, pasti diskon Kemerdekaan akan mewarnai pusat perbelanjaan, gaes.

Uniknya, toko-toko perbelanjaan memberikan potongan khusus sesuai dengan angka kemerdekaan Indonesia, seperti diskon 8, 17, 45%, hingga potongan 74 ribu (mengikuti umur negeri Indonesia).

Tayangan-tayangan khusus yang saat libur hari kemerdekaan

film soekarno

Kalau kamu memutuskan buat di rumah saja sambil santai-santai karena nggak mau terjebak bersama lautan manusia di Mall. Nah, program-program televisi yang berkaitan dengan 17-an akan menghiasi layar kaca TV-mu. Bukan hanya program original dari stasiun televisi, tapi juga film-film yang bertemakan kebangsaan Indonesia.

Atau, kamu bisa istirahat saja seharian, mumpung kosong. Iya ‘kan?

 

Baca juga:

 

(Sumber gambar: youtube.com, liputan6.com, tribunnews.com, setkab.go.id, disbudpar.acehprov.go.id, shopee.co.id, kisspng.com, twitter.com )

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
syakila putri | 11 hari yang lalu

terimakasih atas informasinya. kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut https://unair.ac.id/

Bedah Peluang, Daya Tampung, serta Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran dan Kedokteran Gigi Terbaik di Perguruan Tinggi Negeri
Muhamad Rifki Taufik | 21 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 2 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1