Daftar Film Indonesia yang Bisa Kamu Tonton Sambil Mengisi Hari Kemerdekaan

Dirgahayu Republik Indonesia!

Terharu banget ya, gaes, tepat hari ini, negara kita tercinta merayakan ulang tahun ke-72. Sebagai anak muda, tentu banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi perayaan kemerdekaan. Biasanya, ada berbagai lomba di lingkungan rumah untuk mengingatkan arti perjuangan.

Nah, buat kamu yang nggak kemana-mana dan memilih istirahat di rumah, simak film pilihan Youthmanual buat menemani kamu di hari kemerdekaan. Pastinya, film-film ini bisa bikin kamu makin cinta tanah air!

Soekarno

Tahukah kamu, dulunya Presiden pertama Republik Indonesia bernama Kusno. Tubuhnya kurus dan sering sakit-sakitan. Oleh bapaknya, Nama Kusno diganti dengan Sukarno. Besar harapan anak kurus itu menjelma menjadi ksatria layaknya Adipati Karno. Harapan bapaknya terpenuhi, umur 24 tahun Sukarno berhasil mengguncang podium, berteriak : Kita Harus Merdeka Sekarang!!!

Film ini diperankan oleh Ario Bayu yang secara fisik sering dibilang mirip sama tokoh kebanggan kita. Ia mengaku berat memerankan tokoh Soekarno. Ario Bayu belajar dengan cara memperhatikan gerak tubuh Sang Proklamator dan membaca biografi beliau.

Denias, Senandung di Atas Awan

Keindahan daerah paling timur di Indonesia ini bisa kita nikmati lewat film ini. Menceritakan tentang Denias, seorang anak suku pedalaman di Papua yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang anak Papua bernama Janias. Film ini sarat dengan makna tentang pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya merata.

Trilogi Merdeka

Trilogi Merdeka adalah film tentang perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan. Wah, pas banget nih!

Trilogi ini dimulai tahun 2009 dengan perilisan film pertama berjudul Merah Putih, disusul Darah Garuda di tahun 2010, dan terakhir Hati Merdeka di tahun 2011. Ini adalah film trilogi perjuangan pertama Indonesia yang berani menyajikan rentetan adegan peperangan yang epik.

Film berkisah mengenai perjuangan sekumpulan tentara Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya hingga titik darah penghabisan. Konflik di film ini nggak cuma berkisar peperangan semata, tapi juga mengenai isu keberagaman suku dan budaya yang memang selalu ada di tengah masyarakat Indonesia yang heterogen. 

Gie

Terinspirasi dari kisah hidup aktivis keturunan Tionghoa, Soe Hok Gie, film ini mengisahkan kehidupan Gie mulai dari masa remaja, duduk di bangku kuliah, hingga perjuangannya melawan pemerintahan Presiden Soekarno yang saat itu berkaitan erat dengan PKI.

Sikap dan pemikiran Gie tertuang di buku hariannya yang kemudian diterbitkan dengan judul "Catatan Seorang Demonstan". Dari buku itulah, Riri Riza dan Mira Lesmana mengolahnya dalam wujud visual. Menyaksikan film ini seakan ikut merasakan perjuangan Gie dalam mengusahakan keadilan dan menyuarakan aspirasi rakyat, khususnya dari kalangan mahasiswa. 

Garuda di Dadaku

Seorang anak yang baru berusia 11 tahun, memiliki keinginan kuat untuk menjadi seorang pemain sepak bola profesional dan bermain untuk membela negaranya di kancah internasional. Konflik di film ini memang nggak terlalu pelik, gaes, tapi nilai-nilai nasionalisme yang ditampilkan berasa berasa banget!

 

(Sumber gambar: photobucket.com, globalindonesianvoices.com, tribunnews.om)

POPULAR ARTICLE
LATEST COMMENT
Muhamad Rifki Taufik | 1 hari yang lalu

4 Langkah menulis naskah film yang sangat bagus untuk mengembangkan skill penulisan saya. Terima kasih untuk ilmu yang bermanfaat.

4 Langkah Menulis Naskah Film yang Baik Bagi Pemula
Al havis Fadilla rizal | 1 bulan yang lalu

Open pp/endorse @alfadrii.malik followers 6k minat dm aja bayar seikhlasnya geratis juga gpp

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 11,6 followers dm ya bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Deca Caa | 2 bulan yang lalu

open pp/endorse @aaalysaaaa 1,6 followers dm ya, bayar seiklasnyaa

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
AtomyFirst Chanel | 2 bulan yang lalu

Open PP @houseofshirly foll 427k @Idea_forhome foll 377k @myhomeidea_ foll 270k. Harga Paket lebih murah. DM kami yaa..

Tarif Endorse di Media Sosial Berapa, Sih?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2024 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1