7 Tips Mempersiapkan Diri di Hari Pertama Bekerja

Qerja adalah sebuah komunitas untuk berbagi informasi mengenai tempat kerja dan gaji, khususnya untuk perusahaan yang berada di Indonesia. Berikut adalah salah satu artikel adaptasi dari mereka. Semoga berguna, ya!

Mendapatkan pekerjaan memang bukan hal mudah. Ada berbagai tahapan yang harus kita lewati sebelumnya, mulai dari mengirimkan lamaran pekerjaan, diwawancara, menjalani tes tertulis, tes kesehatan, dan terkadang masih ada beberapa tes lainnya. Jadi wajar lah, ya, kalau kita nervous menghadapi hari pertama bekerja. Ngedapetinnya susah, sob!

Berikut adalah tujuh tips yang dirangkum oleh tim Qerja supaya kamu sukses melalui hari pertama di kantor baru!

1. Datang tepat waktu

Hari pertama kerja di kantor baru pastinya akan menjadi tolak ukur kesan pertama perusahaan terhadap kamu, maka hindari datang terlambat! Usahakan tiba di kantor baru sekitar 15 menit sebelum jam bekerja dimulai. Kenali dan antisipasi jalur perjalanan dengan baik, ya. Jangan sampai nyasar!

Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan kamu berada dalam kondisi prima. 'Kan nggak lucu, ya, kalau hari pertama telat dan alasannya... kendaraan mogok.

2. Persiapkan segala sesuatu di malam sebelumnya

Di hari pertama bekerja, jangan sampai ada barang penting yang ketinggalan. Buatlah daftar, apa aja barang-barang yang harus kamu bawa di dalam tas kerja, seperti laptop, dompet, kartu identitas, handphone, charger, dan beberapa perlengkapan pribadi seperti obat-obatan (jika kamu berada dalam kondisi medis tertentu). Cek juga apakah ada dokumen yang harus kamu bawa di hari pertama bekerja, misalnya, ijazah asli. Jika semua sudah selesai dipersiapkan, lebih baik kamu tidur lebih awal dari waktu biasa, supaya bisa bangun segar keesokan harinya.

3. Jangan lupa bawa bekal makan siang

Bukan hanya pekerjaan baru yang menanti kamu di hari pertama bekerja, tapi juga teman dan lingkungan pergaulan baru. Supaya nggak bingung “mau makan siang di mana”, lebih baik kamu bawa bekal makan siang untuk hari pertama kerja.

4. Dress for success

Kalau kamu datang tepat waktu tapi penampilan berantakan dan nggak profesional, percuma, sob! Kalau bingung, "Pakai baju apa, ya?" coba pahami dulu bidang pekerjaan kamu.

Saat menjalani proses seleksi penerimaan karyawan, kamu 'kan pasti sempat melihat gaya berpakaian para pegawai di dalam perusahaan tersebut. Nah, kalau sudah paham, berpakaianlah sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut. Berpakaian dengan baik akan memberikan impresi positif kepada lingkungan kerja baru, lho, sehingga membantu kamu beradaptasi ke dalam pergaulan baru di tempat kerja. 

5. Jangan malu bertanya

Pepatah lama mengatakan, "Malu bertanya, sesat di jalan". Pepatah ini sangat berlaku di hari pertama bekerja yang pastinya penuh dengan kebingungan. Jangan ragu untuk minta "dikenalkan" kepada lingkungan kerja baru kamu, ya. Biasanya, sih, kamu akan diajak berkeliling oleh tim HRD untuk mengenali ruangan, berbagai divisi yang ada di perusahaan, serta dikenalkan kepada rekan-rekan baru. Jangan malu juga untuk menanyakan beberapa hal ringan, seperti lokasi tempat ibadah atau kantin.

6. Dengar dan perhatikan

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan di hari pertama bekerja adalah mendengarkan dan memperhatikan. Dengarkanlah dengan baik semua hal yang diinstruksikan ke kamu. Jangan bikin orang lain merasa mereka telah buang waktu percuma buat kamu, karena kamu nggak memperhatikan penjelasan mereka. Oya, hindari berdebat dengan seseorang di tempat bekerja, ya. It's a big no-no for first day!

7. Santai dan jadilah diri sendiri

Kamu bisa aja berusaha memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik di hari pertama bekerja, tapi jangan lupa untuk tetap santai, sehingga kamu bisa tampil maksimal. Sisanya, yakinlah pada diri sendiri bahwa kamu bisa mengatasi semuanya dengan baik. So, just relax and be yourself.

(sumber foto: Qerja, Austin Kleon, Design Swan, Allfashionvideo, Move On, Hubimg, Gyphy

LATEST COMMENT
Elza Aulia | 2 hari yang lalu

Semoga ya Allah saya menjadi pilot dan bisa membanggakan orang tua saya aminnnn

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Pilot? Begini Tahapan Lengkapnya!
Fatimah Ibtisam | 4 hari yang lalu

Berdasarkan data tahun lalu siswa IPA bisa memilih prodi Manajemen di berbagai PTN pada SNMPTN. Namun sebaiknya melalui jalur SBMPTN, karena lintas jurusan tidak dianjurkan di SNMPTN. Selain itu, bisa juga lintas jurusan melalui seleksi mandiri.

Lintas Jurusan pada SNMPTN, Bolehkah?
MUHAMMAD RAFIF KURNIAWAN | 5 hari yang lalu

Itu untuk tipe=Investigatif, karena Jurusan Kuliah Eksakta atau Jurusan Kuliah Ilmu Pasti Itu Untuk Kepribadian=Investigatif, Kayaknya.

Cari Tahu Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Kepribadian Kamu Lewat Kode Holland!
Syakira Al Aafiyah | 6 hari yang lalu

Sangat membantu bagi yang kebingungan ingin berteman dngan siapa

Berteman dengan Siapa Saja VS Pilah-Pilih dalam Berteman?
Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2021 PT Manual Muda Indonesia ©
Rencanamu App

Platform Persiapan Kuliah & Karir No 1